3 Cara Mengaktifkan Verbose Status Message pada Windows 7

3 Cara Mengaktifkan Verbose Status Message pada Windows 7

Ada sebuah trik pada Windows 7 yang bisa menampilkan pesan status disaat Windows melakukan Startup, Shutdown, Logon, atau Logoff. Pesan yang disebut dengan Verbose…

Ada sebuah trik pada Windows 7 yang bisa menampilkan pesan status disaat Windows melakukan Startup, Shutdown, Logon, atau Logoff. Pesan yang disebut dengan Verbose Status Message merupakan pesan dari apa yang sedang terjadi pada proses-proses tersebut.

Manfaat yang bisa diambil dari Verbose Status Message adalah untuk proses debugging atau mendiagnosa jika suatu saat Windows Anda macet saat Shutdown ataupun Startup. Dengan mengamati Verbose Status Message, kita bisa mengetahui pada bagian mana proses yang menyebabkan Windows macet.

Menggunakan Group Policy

Group policy bisa Anda akses melalui Start Menu > ketikkan gpedit.msc pada kotak Search lalu Enter.

Mengakses Group Policy

Pada bagian panel kiri, pilihlan bagian Computer Configuration > Administrative Templates > System. Kemudian cari dan pilih Verbose vs normal status messages pada panel kiri, Double klik untuk membuka konfigurasinya. Pilih Enable untuk mengaktifkan Verbose Status Message dan klik Apply untuk mengakhirinya.

Mengaktifkan Verbose Status Massage

Jika suatu saat Anda ingin menonaktifkannya, buka kembali konfigurasi dan pilih Not Configured atau pilih Disabled untuk meniadakan pesan.

Menggunakan Registry Editor

Selain menggunakan group policy, Anda juga bisa menggunakan Registry Editor untuk mengatur Verbose Status Message pada Windows 7. Buka Registry Editor melalui Start Menu > ketik regedit pada kotak Search lalu Enter. Pada Registry Editor akan muncul daftar-daftar registry yang ada, dan bukalah Registry Key pada alamat:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

Tampilan Regedit Verbose

 

carilah kunci bernama verbosestatus, jika tidak ada maka Anda akan membuat kuncinya. Klik kanan pada panel kanan registry editor > new > DWORD (32-bit) Value. Beri nama verbosestatus, lalu isikan value data dengan angka 1. Untuk menonaktifkannya tinggal ganti dengan angka 0 atau bisa dengan menghapus registry key verbosestatus.

Menggunakan Aplikasi Ultimate Windows Tweaker

Cara ketiga merupakan cara yang paling sederhana untuk mengatur Verbose Status Message pada Windows 7. Dengan menggunakan Ultimate Windows Tweaker, mengaktifkan Verbose Status Message bisa dilakukan dengan mudah. Jika belum ada, unduh Ultimate Windows Tweaker di sini dan tanpa instalasi aplikasi yang sudah diunduh bisa langsung dijalankan.

Untuk pengaturannya, pilih User Accounts & UAC pada panel kiri lalu beri tanda centang pada Enable Verbose Status Message.

Menggunakan Ultimate Windows Tweaker

 

Jika Anda telah mengaktifkannya melalui cara-cara sebelumnya, maka otomatis Enable verbose status message akan otomatis terisi.

Mungkin tidak semua versi Windows 7 bisa memakai fitur Verbose Status Message. Dalam percobaan Bisak Komputer menggunakan Windows 7 Home Basic cara-cara tersebut belum bisa dilakukan, dan percobaan ini berhasil dilakukan pada Windows 7 Professional. Efek negatifnya mengaktifkan Verbose Status Message adalah waktu booting atau shutdown menjadi lebih lama. Untuk itu, pakailah Verbose Status Message hanya untuk diagnosa atau debugging sistem saja.

Tag: ,

6 Comments

Leave Comment
  1. Olfi Prasyas says:

    Makasih Kakak atas Infonya :D

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.