3 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Install Ubuntu

3 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Install Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang cukup terkenal di dunia, bahkan banyak diantara pengguna Ubuntu tidak mengetahui Linux, nota bene merupakan induk dari…

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang cukup terkenal di dunia, bahkan banyak diantara pengguna Ubuntu tidak mengetahui Linux, nota bene merupakan induk dari Ubuntu itu sendiri yang diturunkan dari Debian. Tapi anehnya, mereka memakai Ubuntu sebagai sistem operasi mereka.

Instalasi Ubuntu cukup mudah dilakukan, baik oleh pengguna Ubuntu yang sudah mahir maupun pengguna yang baru mengenal Ubuntu. Secara umum Ubuntu telah sangat memudahkan pengguna. Namun terlepas dari mudahnya instalasi Ubuntu! Tidak sedikit dari pengguna  Ubuntu  mengalami kendala seperti:

  1. Sistem operasi lain nya terhapus
  2. Data hilang atau terhapus saat instalasi
  3. Lamban nya proses instalasi dan lain-lain

Tiga alasan diatas terjadi sebenarnya bukan kesalahan dari Ubuntu, melainkan murni kesalahan dari sang pengguna yang tidak secara teliti membaca petunjuk instalasi yang ditampilkan oleh Ubuntu pada saat melakukan instalasi. Berikut penjelasan dari ketiga masalah diatas

Sistem Operasi Lain Terhapus

Untuk pengguna baru, biasanya menggunakan dua sistem operasi dalam satu komputer, seperti Windows disandingkan dengan Ubuntu, dengan terlebih dahulu Microsoft Windows di install, kemudian Ubuntu Linux menyusul. Kemungkinan terjadinya penghapusan sebuah partisi tempat sistem operasi Microsoft Windows di install sangat besar, mengingat dalam proses instalasi tersebut, Ubuntu memberikan beberapa pilihan: Apakah akan menghapus sistem operasi Microsoft Windows tersebut kemudian diganti dengan Ubuntu, atau membuat partisi lain untuk menyandingkan Ubuntu dengan Microsoft Windows. Disini seharusnya pengguna memilih pilihan yang kedua jika tidak ingin sistem operasi pertama terhapus.
Ubuntu

Data Hilang/Terhapus

Data yang tersimpan didalam hardisk tiba-tiba hilang setelah melakukan instalasi Ubuntu!. Hal ini sebenarnya terjadi karena sang user menghapus partisi tempat dimana data tersebut tersimpan. Masalah ini tidak jauh berbeda dengan terhapusnya sistem operasi seperti yang dipaparkan diatas. Ketika membuat partisi baru, hendaknya pengguna dengan teliti melihat partisi yang terpakai, agar jangan sampai terhapus atau di ubah tipenya, karena akibatnya data yang ada dalam partisi tersebut akan terhapus. Gambar dibawah ini penulis menunjukkan beberapa pilihan krusial yang harus di perhatikan dalam membuat sebuah partisi.

Ubuntu Linux
Partisi Ubuntu Linux

Lamban nya Proses Instalasi

Keluhan tentang lambannya proses instalasi Ubuntu. Lagi-lagi ini terjadi karena ke-tidak jelian seorang pengguna dalam memilih pilihan yang diberikan Ubuntu pada saat instalasi. Letak kesalahannya adalah pengguna kerap mencawang menu pilihan Download update while installing ataupun menu pilihan Install this third-party software,  karena jika instalasi dilakukan dengan kondisi komputer Anda sedang terhubung ke internet, maka secara otomatis Ubuntu akan melakukan update ke server repository Ubuntu. Untuk menghindari masalah ini, hendaknya jangan mencawang kedua pilihan tersebut.
Ubuntu Linux

Kesimpulan

Masih banyak lagi kesalahan atau keluhan yang sering disampaikan pengguna Ubuntu. Namun tulisan diatas hanya membahas 3 hal saja, dan tentunya di lain kesempatan penulis akan mencoba mengulas keluhan lain nya, atau jika pembaca punya keluhan lain ? silahkan tuliskan di kolom komentar untuk kami ulas atau memberikan solusi.

Untuk bisa melakukan instalasi Ubuntu tidak memerlukan keahlian khusus di bidang komputer, hanya saja proses instalasi ini membutuhkan kejelian agar terhindar dari masalah-masalah diatas. Seperti yang penulis tegaskan pada paragraf awal bahwa secara umum proses instalasi Ubuntu sudah sangat dimudahkan oleh para pengembang Ubuntu.

Tag: , , ,

54 Comments

Leave Comment
  1. haviedz says:

    saya mau instal ubuntu tapi tiba-tiba ada pesan kesalahan seperti ini
    ” terjadi kesalahan : cannot download the metalink and therefore the iso

    untuk informasi lebih lanjut, silakan berkas log:
    c:\users\hp\appdata\local\temp\wubi-10.10-rev197.log”

    seperti itulah mohon bantuannya karana saya masih awam ?

  2. Saatul Ihsan ihsan says:

    @Havied`coba paste isi c:\users\hp\appdata\local\temp\wubi-10.10-rev197.log”. Oh ya kalau niat belajar serius mending jangan install ubuntu via WUBI. Langsung saja install di satu partisi.

  3. fatur says:

    tapi kok saya instal via partisi itu
    kok gagal yyaa
    yg lewt windows itu
    gag di booting nya

  4. Randy says:

    gan, tolng dijelasin lagi dong masalah yg no.2, cara buat partisi khusus untuk linux, disitu gak keliatan partisi yg sudah ada punya windows, jadi gimana cara bikin partisinya…? biar partisi lain gak terhapus, aku mau belajar make linux, jadi mau gandeng seven dengan linux… tolong dijelasin ya gan….

  5. Rian Ariona says:

    Pada section Sistem operasi terhapus, seharusnya yang dilingkari itu opsi yang kedua, takutnya pembaca gak baca, malah langsung liat gambar. hehe :)

  6. aqlus salimi says:

    sepertinya tuturial instalasi linux sudah banyak beredar di internet, cukup dengan mengetik keyword install linux atau install ubuntu di google, hanya saja kembali kepada diri kita masing-masing apa mau berusaha dan yakin untuk bisa, jangan takut dengan kesalahan karena kesalahan adalah kebenaran yang keliru….

  7. alif says:

    gun, mau minta batuan nih… ada problem maklum masih newbie.. :)
    kasusnya adalah.:
    sebelumnya say menggunakan windows 7 dan saya tertarik ke linux setelah itu saya langsung memulai buat partisi kosong di windows khusus linux dengan menggunakan software Easus partition v 2.xx setelah selesai saya instal linuxnya dan ternyata partis yang ada di laptop saya hanya terbaca 2 gan, system windows dan selebihnya tebaca satu hardisk yang kosong, padahal ada partisi D dan E di windows tapi tidak terdeteksi ketika mau nginstall linux…. tolong gun ksih solusi yang ajib… sya tunggu gun di
    salimq01@gmail.co tentang penyelesaiannya..

    • Saatul Ihsan Saatul Ihsan says:

      1. Saya liat dari tadi pembaca yang komentar disini tidak ada yang bernama Gun. Jadi saya tidak tau pertanyaan ini kepada siapa?
      2. Saya anggap pertanyaan ini kepada penulis dan sy coba jawab.
      Sebenarnya bisa membuat partisi melalui tool yang sudah disediakan Linux, kalau di Ubuntu biasanya sudah dipaketkan dengan gparted. Kemungkinan itu masalahnya di mounting dan tidak termounting. Sebenarnya partisi itu tetap ada. Dan silahkan perhatikan partisinya apakah primary atau tidak…

  8. rusly12 says:

    gan,,apa lok di install ubuntu tanpa ada windowsnya gbisa di install windows lagi?

  9. rusly12 says:

    ok gan,,,,berrti pake live cd lg gan>>>>>>

  10. nana says:

    gan tanya,
    laptop sy belum dipartisi udah terlanjur install windows sama ubuntu, jadi dua2nya keinstall di C.waktu buka ubuntu jadi gak kedetect drive.nya.
    bahaya gak sih? mohon pencerahan harus ngapain. . (ini ubuntu cuma dipake buat belajar compile bhs C )

  11. Saatul Ihsan Saatul Ihsan says:

    Ubuntu membutuhkan partisi sendiri untuk di install. Jadi, bukan di install didalam C. Kecuali Anda menginstall wubinya Ubuntu. Solusinya, jika pakai windows install partition magic kemudian bagi partisi Anda. Jika menggunakan Ubuntu install gparted dengan perintah sudo apt-get install gparted, atau pada saat menggunaakan live cd sudah tersedia gparted

  12. agung says:

    kalau restore data dan partisi drive c (yg ini ga apa kehapus juga), d (data mohon bisa di resotre) sudah hilang karena di install linux ubuntu 12.10
    masih bisa di restore data di drive d:nya ?

    install linux pakai pendrive usb linux ubuntu 12.10

  13. iyan says:

    salam kenal
    mas kalau partisi yang hilang setelah install ubuntu itu bisa kembali atau tidak . .
    mohon bantuanya terima kasih

  14. Raditya says:

    mas..agar windows saya bisa di instal lagi gimana ya?soalnya pas instal hardisk tidak support..tidak bisa di format

  15. Rony says:

    mau tanya bang, bagaimana caranya membagi partisi ubuntu yg udah terlanjur terinstal dengan satu partisi saja..trims…

  16. cahyo says:

    wach saya salah instal sehingga data saya hilang, solusinya gimana ?

  17. agus says:

    gan, ane bru instl ubuntu 12.10,
    kslhn ane yg 1 dan 2, gimana solusi untuk kesalahan yg kedua?gmn cara ngmbliin data yg tertimpa?

  18. cinul says:

    saya mau nginstal ubuntu pake virtual box kok waktu di instal muncul tulisan seperti ini “this kernel requires the following features not present on the CPU:pae
    unable to boot – please use a kernel appropriate for your CPU” kenapa ya ?

  19. tony says:

    Salam juang gan.
    Mau mnta pncerahan gan, awalnya ane pake 2 OS (W 7 & 8), kmdian w8 pngen ane ganti pake ubuntu (nghapus w 8’nya ane gak tau, krna awalnya tmen ane yg mau installin)

    kasus : ubuntu v 10.04 bisa dinstall, tpi kalo pake v 12.04 ko gak bisa yah? pdhal udah dkasih partisi kosong dr bekas w 8.
    pas installnya, udah mncul d booting, tp stelah klick install, layar cuma item doang gak ada lanjutannya…

    mohon pencerahan gan.

  20. Sandi says:

    Gan, saya mau tanya ni, awalnya saya pake windows 8 trs saya coba dual boot dengan linux ubuntu trs saya hapus OS Linux nya, Ga lama saya Dual Boot lagi dengan linux UBUNTU Waktu masuk Proses Installasion Type yang Terjadi kaya yang Pertama ” Sistem Operasi Lainya Terhapus ” trs setelah itu saya Pilih ” Something Else ” trs saya udah pilih Something Else Partisi hardisk malah menjadi satu partisi dan Size nya berubah Menjadi ” Free Space “, Gmna supaya laptop saya bisa Dual Boot lagi ???

    Mohon Bantuan nya Gan ….

  21. jakimin says:

    Help. mau tanya nih. ane dah coba install ubuntu 12.04
    1. ane salah donlot yg alternate. -> donlot ulang versi dekstop (solved)
    2. disk unusable -> primary partisi yg g kepake delet n bikin partisi ulang saat install (solved)
    3. warning “no root” -> arahkan partisi untuk install pada mount “/” (solved)
    4 warning “installation without boot loader” -> yg ini gimana nyelesaiin nya. pas dipilih “continue” malah crash.
    mohon bantuannya. klo bisa di email juga

  22. makurrah says:

    kok ubuntu z tidak bisa di instal aplikasi ya ?
    stiap z nginstal selalu ada ini “E : unable to locate package(nama aplikasi)”…?????

  23. gugun says:

    gan, boleh tanya !!
    saya pakek win 7 dilaptop, terus saya mau instal ubuntu dekstop dan ilangin windows 7 nya, tapi data di drive D dan E jangan ilang gimana caranya gan, apakah bisa??

    terima kasih

  24. anas pahlevi says:

    kalo ada tulisan kaya gini gimana gan? :
    Error mounting /dev/sda3 at /media/anas/2C2AA86D2AA8362C: Command-line `mount -t “ntfs” -o “uhelper=udisks2,nodev,nosuid,uid=1000,gid=1000,dmask=0077,fmask=0177” “/dev/sda3” “/media/anas/2C2AA86D2AA8362C”‘ exited with non-zero exit status 14: The disk contains an unclean file system (0, 0).
    Metadata kept in Windows cache, refused to mount.
    Failed to mount ‘/dev/sda3’: Operation not permitted
    The NTFS partition is in an unsafe state. Please resume and shutdown
    Windows fully (no hibernation or fast restarting), or mount the volume
    read-only with the ‘ro’ mount option.

  25. akrom says:

    klo dh terlanjur partisi dan data data hilang solusinya gmn gan??

  26. dundee998 says:

    gan ,, saya mau install ubuntu di laptop saya yg sbelumnya udah ada win7 nahh pada saat masuk proses partisi , partisi saya tidak terbaca dan yang terbaca unlocated disk 500gb (kapasitas keseluruhan hdd)

    mohon bantuannya gan ..

    • Goledza says:

      Dundee998@ Secara garis besarnya begini… Partisi hardisk di windows 7 ada dua jalur/kepribadian yang pertama Basic dan kedua Dinamic perbedaannya cari di google… dan tipe partisi secara umum dibedakan menjadi beberapa bagian, Primari, Logical -> extended, unallocated, atau free space dan Not allocated…. jadi cara instal ubuntu dual boot windows 7 yang benar adalah:
      1. jadikan jenis jalur semua partisi hardisk yang terbaca di windows 7 menjadi basic semua… aplikasinya cari di google
      2. Tipe partisi hardisk Primari maksimal hanya 4, entah kenapa dibatasi hanya 4, mungkin pengaturan BIOSnya sudah dari sananya, atau dari Hardisknya memang… yang jelas Gunakan tipe partisi Primari di Windows 7 cukup dua saja yang pertama untuk Partisi boot loader dan kedua untuk C: dan untuk drive D: atau E; bisa gunakan tipe logical, lalu partisi lainnya ya otomatis terpakai untuk instalasi ubuntu… tutorial lengkapnya cari di google…. selamat mencoba :)

  27. sita aninda says:

    nanya nih, semalem mau ilangin ubuntu, bukan format tp malah kehapus, alhasil pas restart nggak bisa booting ke windowsnya, grub ubuntunya udah ilang. munculnya no such partition, grub rescue> cara repairnya gimana ya?

  28. Yuichiro says:

    data nya yg keformatan karena instalan yg salah bisa dibalikin nggak ya?
    suwun

  29. Galang says:

    Saya berniat untuk beralih sistem operasi dari windows ke ubuntu. Yang pengen saya tanyakan, apakah data-data seperti film, musik dll ikut hilang atau tidak?

  30. Goledza says:

    Galang@ tidak akan hilang jika partisi data dari windowsnya tidak dipakai untuk instalasi ubuntu… tenang saja meskipun windows 7nya korup atau bagaimana partisi ntfs tetap terbaca di ubuntu, data kantor,musik, film/video tetap terbaca di ubuntu (drive dengan partisi ntfs otomatis termount di file manager ubuntu) tapi file sistem dan eksekusinya windows tidak bisa dibuka di ubuntu (alias mubazir) bisa dihapus saja… setelah itu datanya mau diapakan, bisa dipindah/back up dan jadikan partisi ntfs tadi digabung ke ubuntu, atau biarkan saja partisi ntfs tetap begitu adanya… tapi kemungkinan partisi ntfs gagal mount di ubuntu tetap ada… jadi itu pilihan anda sendiri :)

  31. Kang Eki says:

    Gan, saya habis install linux dualboot kok layar monitornya jadi ungu semua ya *kyak hitam putih gitu, tapi didominasi wrna ungu* mohon bantuannya..,

  32. hadi says:

    saya mau instal os zorin ubuntu tapi kok gak bisa diinstall ya..???

  33. bayu says:

    saya berhasil instal linux.
    namun tidak bisa memutar lagu dan video, dan anehnya tidak terconect internet secara otomatis. padahal wifi hidup. selalu timbul bacaan
    ” disconect your ofline ”
    padahal kondisi wifi di kantor hidup.
    gak ngerti saya lihat ubuntu.
    lebih enak make windows, instal siap langsung pakai, gak kayak linux penuh dengan masalah, pengguna pun kurang puas.

  34. Bangkhoir says:

    Bang minta pencerahanya …Makasih sebelumnya…pas instalasi keluar “Could not retrieve the required disk image For more information, please see the log file: c:\user(username)\adddata\local\temp\wubi-12.04-rev266.log

  35. chusnul says:

    gan tayak ya saat instalasi linux 12.04 kenapa muncul tulisan “failide to copy cd-rom.retry? itu bagai mana ?

  36. rama yan permana says:

    bang, punyaku kok gak bisa di shutdown, udah cri2 di google, ttep enggk bisa di shutdown,, gimana ya bang solusinya,,,

  37. goopeng says:

    ohgitu ya gan? kenapa ya gan. kok pas ane instal terbacanya tidak ada sistem operasi lain. padahal ane dah instal windows 7. ingin ane buat dual bot

  38. dhany says:

    gan ane baru instal ubuntu yg 16.4 kalau aen ga salah hiihi
    ane mungkin salah pas di bagian pratisi jadi mesti instal ulang lagi windowsnya :D newbie :v

    pertanyaan ane , kalau windows di jadikan OS ke dua ga masalahkan??? soalnya kan kebanyakan Ubuntunya yg di jadikan OS ke dua.

  39. tri capri says:

    lalu apa penyebab grub boot loader gak bisa diinstall di harddisk ?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.