3 Resource Legal Document untuk Freelancer

3 Resource Legal Document untuk Freelancer

Bekerja sebagai Freelancer dan mendapatkan klien dari luar negeri membuat Anda hanya bisa berinteraksi menggunakan internet tanpa bertatap muka secara langsung. Hal ini tentunya…

Bekerja sebagai Freelancer dan mendapatkan klien dari luar negeri membuat Anda hanya bisa berinteraksi menggunakan internet tanpa bertatap muka secara langsung. Hal ini tentunya cukup mengkhawatirkan terutama bila ada kendala Force Majeure dan masalah pembayaran sebuah project. Maka Dokumen kontrak kerja menjadi hal yang wajib untuk disiapkan dan disetujui kedua belah pihak sebelum memulai sebuah project.

Dokumen kontrak kerja biasanya menjadi momok bagi para freelancer. Tidak mudah membuat kontrak kerja dalam bahasa Inggris yang baku apalagi kontrak tersebut harus bisa fleksibel untuk digunakan dalam project-project selanjutnya.

Tetapi dengan dokumen kontrak kerja, Anda dan klien Anda bisa mendapatkan kepastian dan harapan yang sama-sama menguntungkan. Anda memperoleh hak pembayaran yang tepat dan klien Anda mendapatkan kejelasan waktu kerja yang diharapkan. Berikut 3 resource yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan contoh Dokumen kontrak kerja yang tepat.

Docracy

Docracy

Docracy

Docracy adalah website yang menyediakan berbagai dokumen kontrak kerja dalam berbagai bidang, contohnya: desain grafis, website development, fotografi, konsultasi, dan lain-lain. Semua dokumen diunggah oleh para member Docracy. Docracy mempunyai misi untuk membuat dokumen legal yang bisa digunakan secara bebas untuk semua orang.

AIGA Standard Agreement

AIGA

AIGA Standard Agreement

AIGA adalah asosiasi profesional untuk para desainer di seluruh dunia yang berpusat di New York, United States. AIGA memberikan sebuah standar dokumen kontrak kerja yang bisa Anda edit dan gunakan untuk project freelancing Anda.

Anne Wallingford Wordsmith

Anne Wallingford Wordsmith

Anne Wallingford Wordsmith

Walaupun website-nya terlihat jadul, tetapi di Anne Wallingford Wordsmith (AWW) memberikan berbagai ilmu dan referensi seputar freelancing (bekerja lepas). AWW dibuat oleh Anne Wallingford, seorang yang sangat berpengalaman di dunia freelance dan marketing.

Penutup

Dengan 3 resource di atas, Anda tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam membuat sebuah dokumen kontrak kerja. Tinggal cari dokumen kontrak yang sesuai dengan project Anda dan edit sedikit, Voila!. Bila Anda mempunyai resource yang lainnya, mari berbagi melalui kolom komentar. Bye…

Tag: , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Akhirnya dapat juga standarisasi dokumen untuk startup “sepertinya”, yang resource bahasa indonesia belum ada dishare yak?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.