4 Alasan Kenapa Harus Pakai Terminal [Opini]

4 Alasan Kenapa Harus Pakai Terminal [Opini]

Linux, dengan segudang variannya, mulai dari Linux dangan tampilan yang sangat memukau hingga ke Linux dengan hanya menawarkan tampilan hitam putih, atau dengan bahasa…

Linux, dengan segudang variannya, mulai dari Linux dangan tampilan yang sangat memukau hingga ke Linux dengan hanya menawarkan tampilan hitam putih, atau dengan bahasa lebih keren yaitu layar terminal.

Diwaktu lampau, Linux sangat identik dengan para Geek komputer karena untuk mengoperasikan Linux membutuhkan kemampuan khusus tentang komputer, untuk itu, tidak sembarang orang bisa menggunakan Linux pada masa itu. Berbeda halnya dengan Linux yang kita lihat sekarang ini, sudah di per-indah dengan dekstop environtmen yang memanjakan mata penggunanya.

Kenapa Harus Terminal ?

Linux-Fundamentals

Tidak sedikit diantara pengguna Linux yang selalu menggunakan Terminal sebagai layar kerja utama mereka. Tahukah Anda kenapa mereka masih menggunakan layar terminal sebagai layar kerja utama dizaman desktop environtmen secantik yang ada saat ini ?

Akses Aplikasi Dengan Cepat

loading

Tidak dipungkiri lagi, dengan terminal Anda bisa mengakses beberapa aplikasi dengan cepat, hanya dengan mengetikkan nama aplikasi tersebut kemudian akan langsung di load, akan berbeda jika Anda melakukan nya melalui GUI. Contoh untuk melakukan update repository Menggunakan GUI, Anda harus mengklik menu Applications >System Tools >Administration >Update Manager
Klik Check. Namun jika menggunakan terminal Anda cukup mengetikkan sudo apt-get update (Asumsi layar terminal sudah terbuka).

Hemat Penggunaan Memory

Coba lihat, betapa besar penggunaan memory saat Anda menginstall sebuah aplikasi dengan Ubuntu Software Center, kemudian bandingkan dengan meng-install aplikasi via terminal menggunakan perintah sudo apt-get install namaaplikasi. Perbedaan penggunaan memory inilah yang membuat banyak pengguna Linux masih bertahan menggunakan cara classic via terminal, karena kerja yang lebih cepat dan tidak perlu harus load interface dari aplikasi tersebut.

Aplikasi Khusus Via Terminal

wget download

Tidak semua aplikasi punya tampilan Graphic User Interfaces, ini salah satu alasan yang sangat mendasar para pengguna Linux masih menggunakan terminal, kendati desktop invirontment secantik sekarang ini. Contoh aplikasi yang tidak ada versi GUI nya secara default adalah wget, ping, SSH, CFDISK dan masih banyak lagi lainnya

Ingin Tampil Keren

Tidak sedikit diantara pengguna Linux yang menggunakan terminal dengan alasan yang sedikit nyeleneh, yaitu ingin tampil keren ala Hacker. Hal ini mengindikasikan bahwa memakai terminal untuk bekerja di Linux akan membuat orang berasumsi, sang pemakai adalah orang yang expert dibidang komputer, walau pada kenyataan nya hal itu perlu ditelusuri lebih lanjut.

Kesimpulan

Secara umum, dari 15 pengguna Linux expert yang pernah ditanya oleh  penulis mengatakan alasan mereka memakai terminal di Linux adalah masalah kinerja via terminal lebih baik daripada harus mengakses GUI. Namun, hal ini tentu saja tidak bisa dijadikan patokan karena banyak aplikasi GUI yang tidak bisa dijalankan melalui terminal dan begitupun sebaliknya. Dalam ulasan diatas, tidak mencerminkan pengguna Linux pada umumnya, hanya berupa opini dari penulis yang telah mencoba melakukan survey kecil-kecilan pada komunitas Linux.

Tag: ,

21 Comments

Leave Comment
  1. zen says:

    Karena Terminal di Linux memberikan jalan untuk berekspresi di dalam Networking :)
    I Love Console :D

  2. Andi says:

    Mengingatkan dengan masa lalu, sengaja selalu pakai terminal biar terlihat keren, persis seperti yang terakhir :D

  3. yur4kh4 says:

    stabil….;)
    & menjadikan hubungan user dg hardware jadi lebih dekat..hee..,.^_*

  4. didik says:

    Iya, memang saya kadang juga manja sama terminal. Mau shutdown aja buka terminal dulu :D

    asal gak mengolah gambar sama terminal aja deh :D

  5. Saatul Ihsan ihsan says:

    @Didik Loh sekarang mengolah gambar bisa dengan terminal kok, coba lirik ngedit html 5, terus gambar pakai ascii he he he :D pisss

  6. adiet_where says:

    sepertinya saya setuju dengan pendapat ingin tampil keren :-D

  7. Saatul Ihsan ihsan says:

    @Adiet_Where ha ha ha saya nulis berdasarkan pengalaman dan wawancarai beberapa orang :D

  8. yur4kh4 says:

    yang penting stabil.,.:D. apapun OS ny.,.;)
    klo microsoft bs stabil & gratis sy pakai microsoft dahh…heee.,.

  9. Tux Admirer says:

    Kalau aku dua2nya di pakek .. :D :D
    tp pakek terminal emang lebih ringan

  10. aqlus salimi says:

    dulu dizaman 90an saya belajar komputer pertama x menggunakan DOS, dan saya harus menghafal banyak perintah Dos. meski susah tapi akhirnya saya juga bisa.. dan sekarang saya baru belajar LINUX, jadi untuk mengingat memory(kenangan) saya tempo dulu saat pertama x belajar komputer, maka nya sekarang saya suka menggunakan terminal di LINUX, mungkin jg karena kebiasaan…. He..he… Bravo mas ihsan…..

  11. wasilafandi says:

    gan gm caranya instal modem dubuntu ane newbie ne,,,,mohon pencerahanx gan,,,,,,,,,thanks sukses sllu

  12. sarah says:

    kak, gimana cara menganti gambar login pada ubuntu 11.13??
    makasih

  13. munir says:

    saya gagal pke terrminal

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.