4 Alternatif Aplikasi Internet Download Manager Windows Gratis

4 Alternatif Aplikasi Internet Download Manager Windows Gratis

Bagi Anda pecinta download entah itu software, dokumen, musik, video, game atau yang lainnya. Resiko file rusak akan meningkat ketika koneksi internet yang Anda…

Bagi Anda pecinta download entah itu software, dokumen, musik, video, game atau yang lainnya. Resiko file rusak akan meningkat ketika koneksi internet yang Anda gunakan tidak stabil. Apalagi, kalau file tersebut berukuran besar, bisa jadi proses download tidak sepenuhnya berhasil.

Coba bayangkan, bagaimana jengkelnya Anda sedang asik download file berukuran 1GB hanya menggunakan browser dengan kecepatan koneksi yang bisa dibilang sederhana (tidak lelet, dan tidak cepat). Proses download sudah menunjukkan 99% file sudah berhasil terdownload, tiba-tiba koneksi yang Anda gunakan putus. Setelah Anda terkoneksi kembali, status download -nya completed namun setelah dibuka ternyata file tersebut rusak.

Banyak sekali resiko download file berukuran besar jika, hanya mengandalkan browser

Proses download Anda tidak bisa diteruskan kembali, apabila file download tersebut terputus masalah koneksi ditengah proses download berjalan. Dalam beberapa kasus, ketika Anda telah menghentikan proses download lalu meneruskan kembali proses tersebut, file tersebut gagal juga ter- download. Beberapa file audio seperti musik atau video akan menjadi file sebagian yang artinya Anda tidak mendapatkan file audio tersebut secara penuh melainkan Anda akan menikmati video atau musik hasil download tersebut hanya sepenggal.

Untuk menghindari resiko diatas, Anda dapat mengandalkan aplikasi download manager untuk proses download. Anda bisa mengatur satu atau beberapa file download sekaligus. Bahkan, banyak aplikasi download manager yang mempunyai fitur melanjutkan proses download tanpa mengulang download mulai awal apabila proses download tersebut gagal ditengah jalan. Sebagai info tambahan aplikasi download manager yang populer saat ini adalah Internet Download Manager (IDM). Namun, Anda hanya bisa menggunakan 30 hari selama masa percobaan atau membayar lisensi full versinya. Jangan khawatir, dibawah ini ada 4 alternatif aplikasi download manager gratis yang bisa Anda gunakan sepuasnya, walaupun ada beberapa pengembang menyediakan versi pro atau premium untuk fitur-fitur yang lebih powerfull.

1. Download Accelerator Plus (DAP)

Download manager DAP ini dikembangkan oleh speedbit, terdapat 2 versi gratis maupun premium version. Namun berbeda dengan idm yang hanya memberikan 30hari masa percobaan. DAP versi freenya memperbolehkan Anda menggunakan aplikasi download manager ini selamanya. Beberapa keunggulan DAP, adalah:

  • Melihat seberapa cepat file tersebut download
  • Video Priview
  • Cek link file download (apakah file bisa di download atau tidak)
  • Video downloader dan converter (Anda bisa mengkonversi file video anda menjadi format yang Anda pilih)
  • Konfersi video ke MP3
  • File yang di download melalui DAP akan difilter apakah file tersebut aman tidak mengandung virus

DAP

Anda bisa download DAP secara gratis disini

2. Flashget

Aplikasi download manager yang satu ini hanya merilis versi gratisnya. beberapa kelebihan Flashget, adalah:

  • FIle yang di download melalui Flashget akan difilter apakah file tersebut aman tidak mengandung virus
  • Flashget akan menghubungi antivirus Anda apabila file tersebut teridentifikasi mempunyai virus
  • Flashget dapat digunakan pada komputer berspesifikasi rendah. Sehingga tidak meganggu proses kerja ataupun belajar Anda

flashget

Anda bisa download Flashget secara gratis disini

3. Free Download Manager (FDM)

Aplikasi download manager satu ini download manager yang bersifat open-source dan gratis dalam lisensi GPL. Beberapa kelebihan FDM, adalah:

  • Mempercepat proses download Anda dan dapat melanjutkan proses download yang rusak
  • Adanya bantuan komunitas FDM, sehingga sebelum Anda download file tersebut. Anda bisa membaca atau memberikan opini tentang file download tersebut
  • Fitur terbaru FDM telah mensupport download melalui HTTP, FTP maupun BitTorrent

FDM

Anda bisa download FDM secara gratis disini

4. Orbit Downloader

Aplikasi download manager yang satu ini mempunyai dukungan bahasa Indonesia. Tak hanya itu beberapa kelebihan orbit downloader, adalah:

  • GetIt Button, fitur untuk memudahkan Anda download video via youtube, vimeo atau yang lainnya cukup dengan menekan tombol GetIt
  • Manajemen file download Anda dengan fitur tag orbit downloader. Anda bisa mengatur ingin ditaruh folder mana file download Anda
  • Support download via RapidShare

OD

Anda bisa download Orbit Downloader secara gratis disini

Penutup

Beberapa aplikasi download manager diatas bisa Anda gunakan sebagai alternatif mengatur proses download file Anda. Namun, kecepatan download tergantung provider maupun server dimana file tersebut di download. Perlu dicatat, apabila file download Anda rusak sepenuhnya bukan tanggung jawab penulis dan aplikasi download manager yang Anda gunakan.

Tag: , , , , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. Bayu says:

    Bagaimana cara download video melalui Opera mini dengan Nokia Asha 302?

  2. Bayu says:

    How to download Video via Opera mini with Nokia Asha 302?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.