4 Aplikasi untuk Optimalisasi dan Mempercepat Firefox Browser

4 Aplikasi untuk Optimalisasi dan Mempercepat Firefox Browser

Firefox telah menjadi browser populer dan diminati oleh pengguna internet di dunia. Kehadiran pesaingnya, Chrome tentu membuat Firefox terus berkembang untuk bisa menjadi pemuncak…

Firefox telah menjadi browser populer dan diminati oleh pengguna internet di dunia. Kehadiran pesaingnya, Chrome tentu membuat Firefox terus berkembang untuk bisa menjadi pemuncak browser terbaik. Sebagai browser yang memiliki banyak pengguna, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk optimalisasi dan mempercepat browser Firefox. Mengoptimalisasi penggunaan memori agar lebih kecil hingga mempercepat startup dan koneksi Firefox.

Firefox Booster

Firefox Booster merupakan sebuah aplikasi kecil yang bisa mempercepat browser Firefox. Firefox Booster merubah konfigurasi Firefox sesuai dengan kecepatan internet yang dipakai sehingga koneksi yang dihasilkan bisa dioptimalisasi oleh browser. Untuk menggunakannya, pastikan browser Firefox tidak dijalankan lalu pilih kecepatan internet yang kita pakai pada aplikasi Firefox Booster dengan bentuk icon mobil setelah itu klik Optimize. Jalankan browser Firefox yang sudah kita optimasi.

Tampilan Firefox Booster

Download aplikasinya di sini.

Firemin

Firemin merupakan freeware yang berguna untuk meminimalisasi penggunaan resource memori Firefox. Firemin menggunakan fungsi API yang aman dikenal dengan sebutan EmptyWorkingSet, dengan begitu Firemin memaksa Firefox untuk menggunakan memori sedikit mungkin dan memerintahkan Firefox untuk mengembalikan memori yang sedang tidak terpakai.

Pilih Optimize Firemin

Untuk menggunakannya, cukup diekstrak lalu jalankan Firemin.exe hasil ekstrak tadi. Sebuah icon Firemin akan muncul pada taskbar dan klik kanan untuk bisa melihat menunya. Jalankan Option untuk melakukan optimalisasi. Semakin menggeser slider ke arah kiri berarti Firefox akan lebih hemat memori tapi penggunaan daya lebih besar, jadi ada baiknya jika diatur secara default saja.

Tampilan Firemin

Firemin juga dapat mengkompres SQLite database, untuk melakukannya pilih Optimize Firefox pada menu yang tersedia.

Download aplikasinya di sini.

SpeedyFox

Hampir sama dengan salah satu fungsi yang ada pada Firemin, SpeedyFox melakukan kompresi database SQLite tanpa harus kehilangan data yang ada. Firefox menggunakan SQLite sebagai tempat penyimpanan data, dan seiring berjalannya waktu database itu akan semakin membesar dan bisa memperlambat kinerja Firefox. SpeedyFox mengoptimalisasi database agar bisa bekerja lebih cepat dan memperkecil ukurannya. Tak hanya itu, SpeedyFox juga bisa digunakan untuk browser Chrome, Skype, dan Thunderbird.

Tampilan Speedyfox

Jalankan program SpeedyFox, lalu pilih browser yang akan dioptimalisasi. Sebelumnya pastikan browser tidak dijalankan, lalu klik Optimize!. Jika suatu saat browser terasa berat lagi, gunakan SpeedyFox untuk melakukan optimalisasi kembali.

Download aplikasinya di sini.

Firefox Preloader

Firefox Preloader merupakan sebuah utility kecil yang bisa berfungsi untuk mempercepat waktu startup Firefox itu sendiri. Firefox Preloader bekerja dengan memuat Firefox ke dalam memori terlebih dahulu sehingga pada saat dijalankan bisa lebih cepat.

Tampilan Preloader

Untuk menjalankannya, klik kanan icon Firefox Preloader yang ada di taskbar, lalu pilih Reload Firefox. Sebelumnya pastikan Firefox tidak dijalankan.

Download aplikasinya di sini.

Manakah 4 aplikasi ini yang cocok untuk Anda?

Tag: , ,

11 Comments

Leave Comment
  1. Saatul Ihsan ihsan says:

    Saya biasanya langsung config via script. Sepertinya cara ini lebih mudah

  2. harison-kia says:

    apakah boleh menjalankan ke empat applikasi ini om? :) saya baru pakai yang booster hi..hii

  3. Tisp & Info says:

    Wah,ada info bagus baut saya yang ketinggalan jaman kayanya nih,tanks gan…

  4. Master says:

    gan tolong caranya ganti theme sama icon firefox saya

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.