4 Cara Menonaktifkan System Beep di Windows 7

4 Cara Menonaktifkan System Beep di Windows 7

Munculnya banyak speaker dan sound system yang berkembang pesat di dunia komputer membuat system beep menjadi kurang populer. Jika kita pernah mencicipi komputer jadul…

Munculnya banyak speaker dan sound system yang berkembang pesat di dunia komputer membuat system beep menjadi kurang populer. Jika kita pernah mencicipi komputer jadul yang untuk bisa mengeluarkan suara musik saja harus memasang sound card sendiri, maka system beep menjadi penting untuk “menyuarakan” pesan dari komputer dari apa yang sedang terjadi.

Windows 7 masih memiliki fitur ini dan kita bisa menonaktifkan system beep tersebut jika dirasa mengganggu kita dalam menggunakan komputer. Setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan system beep di Windows 7.

Menonaktifkan melalui Control Panel

Buka Control panel dan navigasikan menuju Hardware and Sound > Sound > Change System Sound.

Control Panel

Control Panel

Setelah terbuka window Sound, pilihlah tab sounds dan carilah Default Beep pada bagian Program Events. Setelah itu pilih dan tentukan pengaturan sounds yang ada di bawahnya menjadi none.

Default Beep

Default Beep

Klik OK atau Apply untuk mengakhiri konfigurasi.

Menonaktifkan melalui Command Prompt

Cara lain untuk mematikan system beep di Windows 7 adalah menggunakan command prompt atau cmd. Buka command prompt melalui Start menu dan jalankan perintah ini satu per satu.

net stop beep

sc config beep start= disabled

Tekan enter setiap menjalankan satu perintah.

Command Prompt Disabled Beep

Command Prompt Disabled Beep

Tapi kita juga bisa menonaktifkan system beep untuk sementara hingga booting selanjutnya dengan cukup menggunakan perintah ke dua pada command prompt di atas.

Menonaktifkan melalui registry editor

Melakukan tweaking system melalui registry editor memang beresiko mengganggu stabilitas sistem  sehingga kita perlu berhati-hati dalam memperlakukannya. Jika Anda terlalu takut menggunakan cara ini dapat mengganggu sistem Anda, maka masih ada opsi lain yang bisa digunakan.

Buka registry editor dengan mengetikkan regedit di Start menu lalu bukalah path ini:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Sound

Regedit Beep

Regedit Beep

Pada panel sebelah kanan di window registry editor, pilih Beep lalu double klik untuk merubah nilai registrinya. Ubah value data yang awalnya yes menjadi no, lalu klik OK untuk mengakhiri perubahan.

Menonaktifkan melalui Device Manager

Device Manager dapat diakses melalui klik kanan pada icon Computer di Windows Explorer lalu pilih Manage.

Start Device Manager

Start Device Manager

Ketika window Computer Management telah terbuka, pilih Device Manager. System Beep secara default tidak terlihat sehingga kita perlu menampilkannya melalui menu bar view > show hidden device, kemudian periksa bagian Non Plug and Play Drivers.

Device Manager View

Device Manager View

Lakukan breakdown pada bagian Non Plug and Play Drivers dan pilih Beep dengan melakukan double klik. Akan muncul window Beep properties lalu navigasikan ke tab Driver, ganti Startup type menjadi Disabled. Pilih OK untuk mengakhiri konfigurasi.

Beep Properties

Beep Properties

Penutup

Cara-cara tersebut akan menonaktifkan system beep Windows 7 kita. Apabila suatu saat kita menginginkan untuk mengaktifkan system beep kembali, cukup gunakan beberapa cara di atas dengan mengganti beberapa parameter untuk mengaktifkannya. Jangan lupa buatlah restore points untuk berjaga-jaga, dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. oke says:

    terimakasih informasi kang .

  2. agusgt says:

    Sip, Thanks gan atas Infonya, saya jadi sangat terbantu sekali :)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.