4 Cara Optimisasi Facebook Fans Page

4 Cara Optimisasi Facebook Fans Page

Kekuatan jejaring sosial untuk menjaring pembaca, pengunjung yang lebih banyak tidak bisa dipungkiri lagi. Seiring pesatnya perkembangan jejaring sosial seperti facebook, kini urusan SEO…

Kekuatan jejaring sosial untuk menjaring pembaca, pengunjung yang lebih banyak tidak bisa dipungkiri lagi. Seiring pesatnya perkembangan jejaring sosial seperti facebook, kini urusan SEO pun lebih mudah.

Jangan lewatkan fasilitas fans page yang telah disedikan facebook untuk membangun penggemar dan meraup untung yang lebih jika Anda seorang pebisnis online. Selain mudah, aplikasi facebook ini adalah gratis untuk Anda gunakan. Simak 4 cara untuk optimisasi facebook fans page berikut ini:

1. Nama Fans Page Facebook Anda

Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Gunakan nama yang mudah di ingat dan sekaligus ramah terdengar agar orang-orang bisa mengingatnya dengan mudah. Selain itu, Anda harus memberikan nama yang selaras dengan apa yang ingin Anda sampaikan di fans page tersebut. Umumnya, orang-orang menggunakan nama yang sama di fans page dengan nama blog mereka. Contoh, bisakomputer.com menggunakan nama bisakomputer untuk nama di fans page-nya

Hal ini mungkin terdengar seperti mengajari orang dewasa berjalan, saking mudahnya. Namun, itu adalah langkah paling dasar ketika Anda ingin mengoptimalkan brand Anda di Facebook.

2. Custom URL Fans Page

Setelah sukses membuat nama fans page yang baik sesuai dengan petunjuk diatas, maka Anda dituntut untuk membuat url yang mudah untuk di ingat. Contoh, custom url fans page bisakomputer adalah www.facebook.com/bisakomputer. Buatlah urlnya semudah mungkin dan usahakan jangan lebih dari 2 kata agar mudah diingat dan mudah ditulis.

Cara Custom URL Fans Page Facebook

  1. Buka halaman admin dari fans page facebook Anda
  2. Pada halaman admin Klik Edit Page kemudian Update Info
    Update-Info

    Update-Info

  3. Klik Change Username untuk memendekkan url menajadi facebook.com/namayangakanandamasukan.
    change-username

    change-username

  4. Isi nama username sesuai dengan keinginan Anda
    ganti-nama fans page

    ganti-nama fans page

  5. Setelah Username yang Anda inginkan telah dimasukkan, jangan lupa untuk klik tombol Check Availabality untuk memeriksa apakah username tersebut sudah ada yang pakai atau tidak.
  6. Selesai.

3. Interaksi dengan Fans

Jangan biarkan fans Anda berlalu begitu saja tanpa ada interaksi dengan Anda. Dalam hal ini kita bisa mengubah pepatah yang mengatakan “tamu adalah raja” menjadi “fans adalah raja”. Anda harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin jumlah fans yang Anda miliki. Bangun hubungan dengan mereka dengan cara komunikasi yang aktif, biasanya dengan cara memberikan tips-tips singkat.

Jangan hanya memberikan link-link dari web/blog Anda, karena setiap manusia punya batas kejenuhan dan usahakan agar status yang di update dihalaman fans bermanfaat bagi mereka.

4. Sertakan Nomor Telepon dan Alamat

Sebagian besar orang tidak berani menyebarkan nomor teleponnya di internet. Bagaimana jika Anda melakukan hal ini? tentunya ini akan mencerminkan kepercayaan diri dan bertanggung jawab atas apa yang Akan Anda sampaikan pada halaman fans tersebut. Selain daripada itu, Anda akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari orang-orang yang mengklik like pada halaman tersebut, terlebih jika tujuan Anda membuat Fans page adalah untuk tujuan bisnis, maka jangan ragu untuk mencantumkan nomor telepon

Selain itu, Google memberikan kepercayaan yang tinggi pada halaman dengan informasi spesifik seperti nomor telepon dan alamat. Jadi, halaman yang dikelola secara profesional dan bertanggun jawab sangat efektif untuk meningkatkan brand Anda dan untuk SEO secara keseluruhan.

Penutup

4 cara yang saya urai diatas adalah merupakan sebagian dari banyak cara yang bisa dilakukan. Dalam tulisan selanjutnya senin depan tanggal 24 Desember 2012  akan saya bahas cara selain dari apa yang kita bahas dalam artikel ini. Baca artikel SEO lainnya di link ini

Tag: , ,

13 Comments

Leave Comment
  1. Daradaengcom says:

    Makasih Mas Saatul Ihsan atas pentunjuknya saya akan senang berkunjung ke blog ini karena web anda penuh dengan tips dan trik yang Fress

  2. Dari beberapa tips di atas, sepertinya ada satu hal yang masih belum saya lakukan untuk fan page saya Sob, yaitu informasi spesifik mengenai fan page yang saya kelola. Thank atas artikelnya.

  3. Adi Daya says:

    Info yang bagus. Btw, apakah tahu caranya agar fans page kita aman dari para pembobol akun ?

  4. Adi Daya says:

    Mau tanya juga tentang komputer. Kira-kira apa kerusakan dari CPU yg tak bisa konek ke monitor padahal pakai CPU lain bisa konek/ada gambarnya?

    • Saatul Ihsan Saatul Ihsan says:

      Silahkan bertanya pada tulisan tentang perangkat keras atau komputer umum. Di BisaKomputer.com ada banyak penulis dengan katagori yang berbeda-beda jadi Anda bisa bertanya sesuai dengan apa yang mereka bahas. Dalam artikel ini saya hanya bicara tentang SEO

  5. psdink says:

    Mas mau tanya, kan klo di group ada status yg bisa di pin tuh, jd tetap berada di atas. klo di fb fpages bisa ga ya?

  6. Salam kenal, terimakasih mas tulisannya, bermanfaat..

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.