4 Hal yang Perlu Diketahui dari Temporary File Windows.

4 Hal yang Perlu Diketahui dari Temporary File Windows.

Pada artikel 5 tips sederhana menghemat kapasitas harddisk sebelumnya, ada sebuah bagian yang menjelaskan bahwa perlunya menghapus junk file atau file sampah yang menumpuk pada Windows….

Pada artikel 5 tips sederhana menghemat kapasitas harddisk sebelumnya, ada sebuah bagian yang menjelaskan bahwa perlunya menghapus junk file atau file sampah yang menumpuk pada Windows. Sama halnya dengan sebuah pepatah bahwa “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”, junk file yang mengendap tanpa pernah dibersihkan juga bisa memenuhi kapasitas harddisk dengan sia-sia. Di dalam Windows ada Temporary File yang bisa dihapus melalui fasilitas disk cleaner, tapi apakah Temporary File pada Windows benar-benar file sampah? Mari kita bahas di sini.

Apa itu Temporary File?

Temporary File pada Windows merupakan file yang digunakan secara sementara dan menjadi redundat saat ada suatu proses dilakukan sistem. File sementara tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika ada file sedang dibuat atau diproses atau digunakan.

Temporary File dibuat oleh Windows selama kegiatan normal berjalan saat tidak ada cukup memori yang dialokasikan untuk sebuah tugas atau proses. Beberapa aplikasi yang membutuhkan data besar seperti pengolah grafik, video, atau lainnya bisa membuat Temporary File yang cukup banyak dan biasanya tetap tertinggal di dalam harddisk walaupun proses-proses yang dijalankan aplikasi sudah selesai. Kalau ini terjadi terus menerus bisa memenuhi harddisk tanpa kita sadari.

Temporary File juga dibuat untuk tujuan backup program. Ambil contoh aplikasi Microsoft Office akan membuat Temporary File pada saat kita membuka sebuah file office seperti Mircosoft Word misalnya. Temporary File dibuat setiap beberapa menit agar jika suatu ketika program mengalami crash, data yang kita buka tadi tetap utuh karena Temporary File tidak terhapus. Dengan begitu Anda bisa melakukan recovery data yang tadi digunakan.

Jadi memang idealnya Temporary File terhapus saat program selesai dijalankan, tapi ini tidak selalu terjadi dan Temporary File bisa terus bertambah dan memenuhi harddisk.

Lokasi Temporary Files Windows

Temporary Files Windows berada di lokasi berikut:

  •  %systemdrive%\Windows\Temp
  •  %userprofile%\AppData\Local\Temp

Biasanya sistem menyembunyikan folder AppData sehingga Anda tidak bisa melihat keberadaan folder tersebut pada Windows Explorer. Untuk melihatnya, buka menu Organize > Folders and Search Options > pilih tab View dan pilih Show hidden files, folders, and drives. Nanti Anda akan melihat folder AppData yang sebelumnya tersembunyi.

Melihat File Tersembunyi

Mengapa ada dua tempat Temporary File? Temporary File yang terletak pada direktori %systemdrive%\Windows\Temp, dihasilkan oleh sistem operasi Windows itu sendiri yang biasanya berasal dari proses-proses sistem Windows. Sedangkan untuk proses-proses yang dihasilkan oleh user, Temporary File akan ditempatkan di direktori %userprofile%\AppData\Local\Temp dan ini dibuat pada masing-masing user yang ada pada Windows Anda. Adakalanya untuk mengakses lokasi Temporary Files Windows, akan muncul pesan bahwa Anda tidak memiliki ijin untuk membuka. Jika ingin melanjutkan pilih saja continue, dan Anda bisa melihat isi dari direktori Temporary File. Kebanyakan Temporary File berupa file yang berekstensi .tmp, .txt, atau .temp.

Tempat Temporary File

 

 

Memindah lokasi Temporary Files

Anda sudah mengetahui lokasi default Temporary Files , dan mungkin Anda ingin memindahkan lokasi tersebut ke lokasi baru yang Anda inginkan. Caranya buka Control panel > All control panel items > System > Advanced system settings. Pada tab Advanced, pilih Environment Variables.

Memindahkan lokasi Temporary Files

Di sana terdapat user variables dan system variables. Pada variable TEMP atau TMP sudah terdaftar lokasi default seperti yang Anda ketahui tadi. Untuk merubahnya pilih variable yang bersangkutan, lalu klik Edit. Selanjutnya ubah direktori sesuai keinginan.

Tapi ingat, bisa saja pemindahan direktori ini beresiko pada kinerja sistem. Apalagi jika Anda menggabungkan direktori Temporary File sistem dengan user karena alasan keamanan dan fungsionalitas dari program-program yang dijalankan user. Sebagai jaga-jaga buatlah restore point.

Menghapus Temporary Files

Menghapus Temporary Files secara manual dengan membuka direktorinya satu persatu dirasa kurang efisien. Maka gunakan fasilitas pembersih yang disediakan seperti aplikasi CCleaner, TuneUp Utilites, atau fasilitas Cleanup Disk dari Windows sendiri. Ini lebih direkomendasikan karena lebih aman dan meminimalisasi kesalahan penghapusan jika dilakukan secara manual.

Itu tadi sedikit mengenai Temporary Files yang ada di Windows. Anda tidak perlu melakukan pembersihan Temporary Files selama Windows Anda masih baik-baik saja dan ruang harddisk juga masih tersisa banyak. Cukup 1 bulan sekali atau beberapa minggu sekali tergantung seberapa sering Anda menggunakan aplikasi komputer.

Referensi bisa dilihat di sini.

Tag: , , , , ,

25 Comments

Leave Comment
  1. Arickszone says:

    saya juga sering pakek CCleaner utk bersihin temp files.,…
    thanks infonya…

  2. haidar says:

    kalo di drive c banyak muncul file MSI****.tmp itu kenapa ya ? tiap di hapus pasti muncul lagi pas startup

  3. Mahe says:

    Bolehkan semua files dan folder yang ada di %userprofile%\AppData\Local\Temp dihapus semuanya secara manual?

  4. Anik says:

    Organize > Folders and Search Options > pilih tab View dan pilih Show hidden files, folders, and drives. saya kok ga berhasil nemuin data yg tersembunyi, kenapa ya?

  5. sagari says:

    gan klo pada waktu setiap kali buka excel

    terus selalu kluar file tmp itu kenapa ya ?

    gimana caranya supaya ga kluar lagi ?

  6. dimas says:

    gan saya mau tanya
    saya mau instal ulang terus partisi c nya saya hapus terus gak bisa di instal gimana solusinya gan
    aku mohon bantuannya

  7. su jarwo says:

    ilmunya bagus karena aku mau hapus,masih ragu,jadi sekarang sudah jelas,makasih gan

  8. sehatisme says:

    mas saya temporary filenya 2gb. sebaiknya di hapus atau tidak ya?

  9. sehatisme says:

    mas saya temporary filenya 2gb. sebaiknya di hapus atau tidak?

  10. Dikatama says:

    Kadang ada file yang ngga bisa dihapus, kalau bisa juga pastimuncul lagi. kenapa ya gan?

  11. YES.. sama, q jg pake CCleaner. bagusnya bersih2nya dilakuin berapa hari sekali ya?
    laptop q skrang speknya rendah soalnya hue

  12. mas, ada software pembersih temporary file lain ga selain CCleaner?

  13. Imam Muttakin says:

    Abang2 semua, ada yg pernah ngalamin ini gak ?
    Setiap buka aplikasi, tapi aplikasi itu gagal loading. Malam membuat banyak folder dan file di folder temp. Bahkan ribuan, sampai drive C menjadi 40 kb. Dan di kursor mouse tanda loading terur jalan.

    Kira2 ada yang punya solusi gak ya ?

  14. Nettik says:

    Kalau pakai ESET cleaner bisa nggak ya? INi aplikasi antivirus yang masang temen saya.. Ngga begitu paham juga cara pakainya..

  15. Apakah untuk Windows 10 masih compatible atau tidak yah?

  16. Muhamad Nooh bin lasa says:

    Assalamualaikum..Apa pendapat Tuan tentang Glary utilities….??Apakah keberkesanannya hebat…? Jazakallah…

  17. gopena says:

    kalo data yang sering corrupt itu gimana ya ? setiap kali saya simpan data berupa gambar atau doc, tidak lama kemudian corrupt,, penyebabnya apa mas ?

  18. Rizzuukki says:

    Kemarin hapus manual.. Gak kepikiran kalo ada cleanernya. :(

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.