4 Langkah Sederhana Optimasi Title Tag Untuk Mendongkrak Kualitas SEO

4 Langkah Sederhana Optimasi Title Tag Untuk Mendongkrak Kualitas SEO

Title tag adalah potongan judul yang nantinya ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari misalnya Google atau Yahoo. Dalam kaidah SEO atau search engine optimization,…

Title tag adalah potongan judul yang nantinya ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari misalnya Google atau Yahoo. Dalam kaidah SEO atau search engine optimization, Title tag memegang peranan penting. karena umumnya Title tag mengandung kata kunci tertentu dengan tujuan optimasi. Pada Artikel kali ini Penulis memberikan beberapa tips penggunaan fungsi Title tag lebih tepat, sehingga mampu mendongkrak kualitas SEO pada website Anda.

Berikut ini adalah 4 cara optimasi Title Tag untuk mendongkrak kualitas SEO blog ataupun web:

  1. Menggunakan Format yang Benar
    Hal pertama yang harus diperhatikan adalah format judul, dikutip dari Moz.com, format penulis judul yang benar adalah sebagai berikut:

    Kata Kunci Utama – Kata Kunci Kedua | Merk Blog

    Penulisan format yang benar menjadi faktor penting karena potongan judul tersebut akan muncul di hasil pencarian sekaligus merupakan konten pertama yang ditangkap oleh mesin pencari.
    gambar_1

  2. Panjang Judul yang Optimal
    Selain menggunakan format judul yang benar, faktor selanjutnya adalah panjang karakter judul. Umumnya Google hanya menampilkan 50 hingga 60 karakter judul di hasil pencarian. Artinya, panjang judul yang paling optimal tak lebih dari 60 karakter. Kendati bukan masalah besar meskipun Anda membuat judul yang lebih dari 60 karakter, namun yang paling penting adalah bagaimana membuat judul yang tepat dan mendatangkan klik, daripada membuang tenaga dengan menulis judul yang lebih panjang namun terpotong oleh mesin pencari.
  3. Tutup Tag dengan Merek
    Kendati optimasi kata kunci merupakan tujuan utama, namun kita tidak boleh melupakan faktor merek yang secara langsung mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan klik atau tidak.
    gambar_2Sesuai format yang Penulis contohkan di atas, posisi merek sebaiknya berada di ujung judul sebagai penutup kata kunci utama dan kedua.
  4. Kombinasi Kata Kunci
    Selain berusaha menyusun kata kunci utama dan kedua dalam urutan yang benar. Sangat disarakan untuk menyusun kalimat dari kedua kata kunci sehingga menimbulkan kesan positif terutama bagi pengunjung baru. Kombinasikanlah kedua kata kunci sehingga tersusun kalimat yang enak dibaca, memiliki kesan yang baik, terdapat pula unsur marketing yang menawarkan solusi.

Penutup

Title tag jelas memegang peranan penting dalam menentukan baik dan buruknya kualitas SEO sebuah blog. Perannya lebih dari sekedar identitas namun juga sebagai tonggak terdepan yang akan memberikan pengaruh keputusan pengunjung. Dengan fakta ini maka sangat disarankan bagi pemilik blog untuk menyusun dan menentukan judul sebaik mungkin sebelum menggarap elemen lain yang lebih mendalam.

Referensi : Moz
Tag: , , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. terimakasih banyak atas ilmunya :D

  2. Nova says:

    Jadi tambah pengetahuan nih,
    mksh gan, artikel2 anda sngat membantu saya

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.