4 Tips Optimalisasi Pengunaan Firefox Bagian 2

4 Tips Optimalisasi Pengunaan Firefox Bagian 2

Masih melanjutkan seri tips optimalisasi penggunaan Firefox melanjutkan bagian pertama yang bisa anda lihat di tautan berikut. Jika pada edisi pertama kita sudah bermain-main…

Masih melanjutkan seri tips optimalisasi penggunaan Firefox melanjutkan bagian pertama yang bisa anda lihat di tautan berikut. Jika pada edisi pertama kita sudah bermain-main dengan fitur-fitur Firefox yang sudah umum digunakan, kali ini kita akan sedikit lebih “dalam” memanfaatkan fitur-fitur Firefox yang lain.

Utak atik sistem Firefox

Firefox sebenarnya mengijinkan penggunanya untuk mengutak-atik konfigurasinya secara langsung melalui perintah about:config yang bisa kita tuliskan pada url field. Nantinya akan muncul peringatan yang mengindikasikan bahwa konfigurasi harus dilakukan secara hati-hati.

Firefox Config

Firefox Config

Ada banyak konfigurasi yang jika digunakan secara tepat maka performa browser bisa ditingkatkan. Coba simak artikel edisi mempercepat koneksi browser Firefox, di sana terdapat beberapa trik konfigurasi yang digunakan untuk mempercepat koneksi.

Melihat struktur website

Bagi yang ingin mengetahui struktur dokumen dari sebuah website, fitur inspect element tentu bisa menjadi andalan khususnya bagi desainer dan developer website. Cukup klik kanan pada elemen yang diinginkan lalu pilih inspect element.

Inspect Element Firefox

Inspect Element Firefox

Sebuah bar yang ada dibawah jendela Firefox menunjukkan struktur digunakan. Bahkan kita dapat melihatnya dalam bentuk 3D melalui tombol 3D View yang ada di pojok kanan bawah.

3D View

3D View

Tombol style akan menampilkan css style yang dipakai pada website sehingga bagi anda yang belajar untuk bermain-main dengan web design, cara ini tentu menarik untuk sarana belajar. Adapun  tutorial lengkap untuk inspect element ini bisa dibaca pada edisi cara mudah melihat struktur dokumen dengan Firefox.

Mengetahui isi Password Field

Masih memanfaatkan Inspect Element Firefox, kita dapat mengetahui isi password field pada halaman website. Ini biasanya berguna jika ada pengguna yang memanfaatkan fitur remember password dan itu membuat password field kadang terisi dengan sendirinya, nah pengguna lain yang penasaran dengan isi password tersebut bisa memanfaatkan inspect element.

[image source]

Caranya cukup mudah, untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada edisi Mengetahui isi field password pada halaman web dengan Firefox.

Tetaplah Update Firefox

Firefox biasanya memiliki perkembangan update yang cepat sehingga untuk bisa tetap menjaga performa Firefox dan juga mengurangi bug yang ada, update Firefox secara rutin. Kita bisa mengatur update melalui options pada tab Update. Pilihlah Automatically install updates agar Firefox bisa melakukan update secara otomatis saat tersambung dengan internet dan update telah tersedia.

Automatic Update

Automatic Update

Pastikan Firefox telah pada kondisi terbaru, dan kita bisa melakukan pemeriksaan versi melalui menu Firefox > Help > About Firefox.

Keep Update Firefox

Keep Update Firefox

 

Penutup

Sebenarnya masih ada banyak tip dan trik yang ada dalam memanfaatkan fitur Firefox. Tapi sementara 2 seri optimalisasi penggunaan Firefox saya harap sudah cukup bagi pecinta Firefox untuk bisa memaksimalkan penggunaannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. Dedy Muswar says:

    thanks infonya gan,,!!!

    Mampir juga di http://klikiri.com

    Belajar WordPress, domain dan hosting gratis

  2. Mkhuda says:

    Firefox versi 20 keatas udah keren mas !
    Meski awalnya kayaknya sering kena spam…

  3. Binta Wira says:

    selama menggunakan firefox ada msalah yg mengganjal di fikiran saya. kenapa page load firefox lama banget?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.