4 Tips Untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Toko Online

4 Tips Untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Toko Online

Pesatnya perkembangan teknologi harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mungkin Anda masih belum percaya dengan perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia yang begitu melonjak dari…

Pesatnya perkembangan teknologi harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mungkin Anda masih belum percaya dengan perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia yang begitu melonjak dari tahun ketahun. Berikut data dari hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI)

“jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2012 telah mencapai 63 juta orang atau 24,23 persen dari total populasi negara ini (penetrasi). Dengan penyesuaian data penduduk, diperoleh angka penetrasi 25,86% [Tekno Kompasiana]”.

Tidak ada salahnya kita memanfaatkan besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia untuk mendulang rupiah dengan berjualan online. Membuka lapak versi online memang tidak membutuhkan cukup banyak waktu untuk menjaganya, karena sifatnya yang selalu on time. Tapi, percayalah, bahwa membuka toko versi online tidak semudah membalik telapak tangan seperti yang digembar-gemborkan banyak orang tentang toko online. Cukup buat websitenya kemudian tunggu orang datang belanja.

Untuk meningkatkan jumlah pembeli selain dari sisi SEO, ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan guna meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk belanja di toko online Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Domain

Memilih nama domain merupakan salah satu hal mendasar untuk toko online. Saat ini harga domain sangat bervariasi tergantung nama domain. Yang menarik disini adalah domain milik Indonesia yaitu CO.ID, WEB.ID. Membeli domain selain domain Indonesia adalah perkara gampang, karena tidak membutuhkan KTP atau dokumen resmi lainnya. Tetapi berbeda halnya ketika membeli domain Indonesia yang saya sebutkan sebelumnya. Anda butuh untuk scan KTP, SIUP, Sertifikat merek yang telah terdaftar(Jika diperlukan[co.id]). Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi pelanggan, karena jika Anda mencoba untuk membuat toko online palsu, maka dengan mudah Anda bisa dicari oleh polisi.

Kontak

Hampir setiap orang tidak ingin tertipu. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kepercayaan pembeli maka lengkapilah toko online Anda dengan kontak yang jelas seperti Nomor hape, alamat email, Pin BB, akun facebook, akun twitter, alamat toko offline Anda. Ada satu hal yang ingin saya tekankan dalam kontak ini, adalah nomor telepon rumah. Nomor hape sangat mudah untuk diganti, tapi berbeda halnya dengan telepon rumah, disamping registrasinya menggunakan KTP yang tidak jauh berbeda dengan pendaftaran domain tadi. Dengan nomor telepon rumah, orang akan dengan mudah menemukan lokasi offline Anda dengan berbagai macam cara. Dan dari telepon rumah juga, orang bisa mengetahui di kota mana Anda membuka toko. Jika Anda serius mengelola toko online, maka jangan lupa untuk memasang nomor telepon rumah demi meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Video

Tampilkan photo Anda sebagai seorang pemilik dari toko online. Hal ini tentu saja untuk menambah kepercayaan pelanggan. Yang paling penting, buatlah sebuah video company profile  atau video personal profil, dan biarkan pelanggan lebih dekat dengan si pemilik toko dengan melihat video profile yang Anda tampilkan. Dengan demikian, kepercayaan pelanggan semakin meningkat dan tentunya orang bisa menilai bahwa Anda memang serius melayani pelanggan secara online.

Kualitas Gambar

Seringkali saya ingin membeli sebuah aksesoris ipad, iphone di sebuah toko online. Namun, keraguan untuk berbelanja pada toko tersebut muncul jauh sebelum saya melihat berbagai aspek yang saya ulas diatas. Begitu melihat photo produk yang dijajakan dengan kualitas gambar yang rendah, sehingga membuat produk yang sebenarnya bagus tampak jadi tidak jelas. Dari sini bisa diukur keseriusan si pemilik toko online dalam berjualan. Seseorang yang serius untuk berjualan, pasti akan memperhatikan detail barang yang dijual, agar pelanggan dapat melihat setiap detail dari barang yang ingin dia beli.

Penutup

Ulasan dalam artikel ini adalah sebagian kecil dari pengalaman penulis dalam mengelola toko online milik penulis sendiri maupun toko online milik klien penulis. Ada banyak aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dalam membuat dan mengelola toko online, namun demikian apa yang telah disampaikan dalam artikel ini hanya sebagian kecil masalah pelik yang sering terjadi. Jika Anda punya saran untuk melengkapi tulisan atau Anda punya pendapat berbeda dengan penulis, maka tidak ada salahnya kita berdiskusi melalui kolom komentar.

Tag: , ,

8 Comments

Leave Comment
  1. superhero says:

    saran bagus…thx for share…

  2. renaldazwari says:

    T.T makasih banyak…

    aku emang berencana buka toko online… masih persiapan domain udah beres, ngambil subdomain domain web.id personal web…

    makasih banget buat saran video-nya nih… #langsung buka video editor :D

  3. bagus buat referensi, makasih sharenya

  4. terimakasih banyak infonya,, memang membuat konsumen percaya dan menjadi langganan tetap sebuah toko yang bersifat online itu susah – susah mudah. harus pintar – pintar meyakinkannya.. sukses terus,

  5. terimakasih, atas tulisan yang anda bagikan, sangat bermanfaat

  6. Thanks atas Tips yang berguna untuk Toko online.

  7. PUTRA SHOP says:

    MKASIH GAN ATAS INFO NYA

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.