4 Website Keren untuk Mengembangkan Kemampuan Programming

4 Website Keren untuk Mengembangkan Kemampuan Programming

Membaca buku atau menonton video mungkin sudah sangat membosankan bagi Anda. Sulit memahami kata dan mengikuti gerakan tutor mungkin menjadi salah satu masalah. Apalagi…

Membaca buku atau menonton video mungkin sudah sangat membosankan bagi Anda. Sulit memahami kata dan mengikuti gerakan tutor mungkin menjadi salah satu masalah. Apalagi programming, termasuk dengan memahami kodenya tentu juga merupakan masalah yang berbeda. Mungkin salah satu website dalam tulisan kali ini bisa menjadi referensi Anda untuk belajar, ataupun memahami dasar dari pemrograman:

Codecademy

Codeacademy

Anda masih belum memiliki skill programming sama sekali? Atau sedang belajar programming? Mungkin Anda perlu mendaftar pada situs ini. Tersedia beberapa jenis bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari, misalnnya Javascript, HTML/CSS, PHP, Phyton, Ruby. Sistem pembelajaran yang digunakan menurut penulis lebih efektif. Dimana Anda akan memilih tugas sesuai keinginan Anda. Dan ketika telah selesai, badge akan Anda dapatkan berdasarkan tugas yang diselesaikan.

Tampilan yang lebih memudahkan untuk melakukan aktivitas programming menjadi nilai tambah dari website ini. Selain itu, untuk menyelesaikan tugas pilihan Anda diberikan juga instruksi. Jika kode yang ditulis belum benar dan Anda bingung, mungkin fitur “Stuck” di bawah petunjuk bisa Anda gunakan untuk menyelesaikannya.

Fitur lain pun juga tersedia pada website ini, seperti grup dan code after school. Namun bahasa Inggris menjadi wajib Anda kuasai karena semua fitur yang berhubungan menggunakan bahasa inggris. Jika Anda pengguna iPhone, Anda pun bisa melakukan download aplikasi di App Store.

Code Avengers

Codeavengers

Anda ingin belajar Javascript dan HTML lebih dalam? Anda mungkin perlu mendaftar pada situs ini. Untuk penggunaan awal bisa Anda lakukan tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Terdapat sedikit persamaan dengan codeacademy, yaitu Anda akan diberikan setiap tugas untuk diselesaikan. Terdapat nilai antara 2 – 5 poin pada setiap tugas yang dikerjakan , sehingga ketika telah sampai pada poin yang ditentukan Anda akan mendapat badge pula.

Anda pun dapat memperoleh uang dari situs ini. Caranya adalah dengan melakukan daftar dan mengadakan kursus. Pada level 2-3 per murid di kursus Anda akan membayar $6, dan jika ada yang lebih dari level tersebut Anda akan memperoleh $10. Menguntungkan bukan?

CodeCombat

codecombat

Akan menjadi seorang programmmer, namun merasa kurang dalam melatih logika? Mungkin Anda perlu menggunakan CodeCombat untuk melatih konsep simpel pemrograman seperti penghitungan dan kondisi. Menggunakan sistem pembelajaran berbasis game RPG lucu dengan bermacam macam karakter seperti ksatria, ogre atau penyihir. Berdasarkan kode yang Anda tulis gerakan, serangan dan jurus bisa dilakukan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Javascript, namun penggunaanya cukup mudah karena hanya mengatur pada koordinat dan kondisi saja.

 

Try Ruby

Tempat bagi Anda belajar Ruby, mulai dari dasar tanpa mendaftar. Ketika megakses situs ini, Anda akan disuguhi Ruby Console dan tugas yang akan Anda kerjakan ketika mengakses situs ini. Meskipun menggunakan bahasa inggris, tugas terkesan lebih mudah dipahami karena hanya menggunakan syntax yang simpel. Untuk mengefisiensi waktu Anda pun dapat menggunakan shortcut dan syntax yang terletak di bawah Ruby console.

Pada dasarnya try ruby merupakan bagian dari codeschool. Sehingga, Jika Anda ingin melakukan penyimpanan dari seluruh aktivitas, Anda harus membuat akun terlbih dahulu di codeschool. Forum diskusi dari codeschool pun bisa Anda gunakan melalui website ini dengan mengakses menu pada bagian atas.

Penutup

ketika Anda telah menyelesaikan salah satu tugas, maka level Anda sudah naik untuk menyelesaikan programming yang lebih menantang. seperti membuat aplikasi pertama Anda, dimana batas Anda adalah imajinasi.

Featured Image from: appleinsider.com
Tag: ,

3 Comments

Leave Comment
  1. syifa says:

    wah terimakasih atas info nya! tadinya, saya hanya tahu codecademy, codesaya, dan beling.cs.ui.ac.id :D

  2. Shams says:

    codeedemy adalah pilihan popular

  3. Kacy says:

    man, I wanted to keep my Fang records sooo bad, but I just could not keep records with such a dark story of murder attached to them…. How that dude got only like 7 years and then gets the band back together is just beyond distasteful…. and "Destroy the Hautacipped&qnod; always bothered me, because of me having a brother with a disability.But Breakaway, Unit Pride, soooo amazing!

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.