5 Alasan Mengapa Anda Harus Update Kernel Linux

5 Alasan Mengapa Anda Harus Update Kernel Linux

Jika Anda adalah salah satu pengguna sistem operasi Linux, baik jenis varian manapun yang tersebar di dunia. Anda pasti sering mendengar tentang update kernel….

Jika Anda adalah salah satu pengguna sistem operasi Linux, baik jenis varian manapun yang tersebar di dunia. Anda pasti sering mendengar tentang update kernel. Khusus bagi pengguna yang baru memakai Linux mungkin akan asing mendengar update kernel, namun perlu di ingat bahwa update kernel hukum nya tidaklah wajib, ini bergantung pada kebutuhan Anda semata.

Semua sistem operasi pada prinsipnya menggunakan kernel, tapi jelas kernel yang mereka gunakan berbeda dengan kernel Linux yang ditulis oleh Linuz. Kernel yang digunakan oleh Linux sangat modular dan oleh karena itu banyak orang bisa ikut berkontribusi dalam pengembangan kernel ini, kendati pemantauan tetap dilakukan oleh Linuz.

Perbaikan keamanan

linux security
Hampir setiap kali kernel baru dirilis untuk umum, biasanya kernel ini memperbaiki sisi keamanan atau kerentanan yang dimiliki oleh versi sebelumnya. Lubang keamanan yang ditutup dalam kernel versi baru biasanya di dapat dari laporan bug baik dari komunitas maupun dari personal pengguna Linux. Hal Ini mungkin adalah salah satu alasan paling penting untuk meng-update kernel Anda, karena Linux Anda akan menjanjikan keamanan  lebih dari versi terdahulu. Terlebih jika Anda mengunakannya sebagai server, melayani banyak client sehingga tingkat kerentanan untuk diretas begitu tinggi, maka dengan update kernel Anda sudah melakukan satu langkah yang baik untuk menghindari kerusakan pada sistem Anda.

Perbaikan stabilitas

Mengupdate kernel tidak hanya memberikan keamanan yang lebih bagi sistem Anda, tetapi dapat memperbaiki masalah lain yang mungkin bisa membuat sistem crash melalui penggunaan normal. Dalam kernel versi lawas mungkin beberapa aplikasi yang Anda pakai tidak berjalan dengan normal atau sering crash, maka update kernel mungkin salah satu solusi. Namun perlu di ingat bahwa tidak semua aplikasi yang crash ditimbulkan oleh kernel, tapi biasanya kernel baru menjanjikan sesuatu yang lebih stabil untuk aplikasi Anda.

Driver yang telah diperbarui

Driver Linux

Isu tentang kompatibel nya sebuah pergankat keras dengan Linux telah menjadi isu yang paling santer terdengar sejak kemunculan Linux ke permukaan. Namu dewasa ini masalah tersebut telah sedikit meredup dengan perbaikan kernel secara terus menerus dan berkat kemudahan yang ditawarkan oleh distribusi Linux sehingga pengguna tidak perlu lagi menkompail secara manual driver mereka. Untuk perangkat keras keluaran lama biasanya sudah didukung oleh Linux. Namun bagaimana dengan perangkat keras keluaran baru, dimana saat peluncuran nya kernel versi baru belum keluar ? Ya hal ini membutuhkan usaha lebih. Namun jika Anda bisa bersabar maka tunggulah Kernel versi baru dan segera lakukan update, jika masih belum juga didukung maka langkah yang Anda lakukan adalah memberikan laporan tentang perangkat yang Anda gunakan.

Fitur Baru Kernel

Kadang-kadang, pembaruan kernel Linux juga membawa beberapa fungsi baru.Fungsi-fungsi ini pada dasarnya adalah program dari kernel yang  dapat digunakan untuk melakukan semacam tugas atau sebuah operasi.

Peningkatan kecepatan

Last but not least, update ke kernel dapat meningkatkan kecepatan keseluruhan sistem. Kadang-kadang, orang tidak dapat mengetahui perbedaan mendasar dalam kernel yang mereka pakai. Namun tidak sedikit yang mengalami penurunan kinerja sistem operasi Linux mereka setelah melakukan update kernel, mungkin hal ini terjadi karena beberapa aplikasi, hardware tidak cocok dengan kernel baru, dan jika mengalami masalah ini, maka kembalilah menggunakan kernel versi lama Anda.

Kesimpulan

Ya tentu saja update kernel begitu penting bagi pengguna Linux. Namun bagi Anda yang tidak membutuhkan update dan sudah merasa baik-baik saja, ataupun sudah merasa cukup dengan kernel yang sedang dipakai sekarang, maka tidak mengupdate kernel adalah pilihan utama, Namun sebaliknya jika Anda sangat membutuhkan update mungkin karena terdapat celah keamanan dalam versi kernel yang sedang dipakai, maka update kernel adalah hal yang sangat penting bagi sistem Anda

Tulisan diatas adalah murni opini dari penulis, dan jika Anda tidak sependapat atau punya pengalaman berbeda dari apa yang penulis paparkan diatas, maka kolom komentar dibawah terbuka lebar untuk Anda berbagi, berdiskusi demi kemajuan Linux dan ilmu pengetahuan.

Download Kernel

Tag: , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.