5 Aplikasi Alternatif Windows Search

5 Aplikasi Alternatif Windows Search

Banyaknya data dan besarnya kapasitas penyimpanan yang kita miliki menjadi masalah tersendiri jika kita membutuhkan file yang dibutuhkan apalagi jika kita lupa menempatkannya di…

Banyaknya data dan besarnya kapasitas penyimpanan yang kita miliki menjadi masalah tersendiri jika kita membutuhkan file yang dibutuhkan apalagi jika kita lupa menempatkannya di mana. Fitur Windows Search sudah tersedia di Windows Explorer dan bisa digunakan untuk mencari file tertentu. Tapi kadang kita membutuhkan fitur yang “lebih” dari sekedar mencari file tertentu, untuk itu pada edisi ini kita akan berbagi 5 aplikasi alternatif untuk mengganti fungsi Windows Search.

Ultra Search

Ultra Search dikembangkan oleh Jam Software yang juga mengembangkan beberapa aplikasi populer lainnya. Khusus untuk Ultra Search, aplikasi ini berguna sebagai aplikasi pengolah pencarian data pada Windows yang memiliki beberapa fitur tambahan, kesederhanaan penggunaan, dan kecepatan dalam pencariannya.

Ultra Search

Tampilan Ultra Search

Aplikasi ini melakukan pencarian secara langsung pada Master File Table (MFT) dan menampilkan hasilnya pada window yang sama beserta detail file hasil pencariannya. Selain itu ditampilkan juga informasi partisi harddisk berupa total kapasitas dan ruang yang sudah digunakan. Adapun informasi hasil pencarian dapat disimpan menjadi file text melalui menu File > Save List.

Lebih lengkapya kunjungi laman Ultra Search.

Snowbird

Snowbird merupakan salah satu aplikasi alternatif pengganti Windows Search yang portable sehingga tanpa perlu instalasi untuk menjalankannya. Ukurannya yang kecil ternyata memiliki kemampuan mencari data dengan baik. Tampilan yang disajikan sekilas menyerupai Windows Explorer dengan menampilkan struktur partisi dan direktori sehingga pengguna Windows tidak akan asing dengan tampilan tersebut.

Snowbird Search

Tampilan Snowbird Search

Untuk memulai pencarian kita dapat memilih partisi atau folder yang akan dicari lalu ketikkan nama file atau ekstensi pada kotak pencarian. Atau pencarian juga bisa dilakukan melalui icon kaca pembesar di toolbar. Hasil pencarian akan muncul pada window yang baru dan kecepatan aplikasi dalam melakukan pencarian sepertinya bergantung pada banyaknya file yang dicari serta besarnya kapasitas penyimpanan.

Result Search Snowbird

Result Search Snowbird

Lebih lengkapnya kunjungi laman Snowbird.

Super Finder XT

Salah satu yang menarik dari aplikasi Super Finder XT adalah tampilannya yang menyerupai Microsoft Office 2007, dengan begitu seakan menampakkan bahwa aplikasi ini memiliki banyak fitur tambahan dalam pencarian suatu data.

Super Finder XT Search

Tampilan Super Finder XT Search

Ada fitur advanced search yang bisa ditemukan pada tab Advanced. Opsi yang didapatkan dalam tab Advanced adalah kita bisa menentukan parameter-parameter pencarian lebih spesifik tentang file yang akan kita cari seperti creation date, file size, dan attributes.

Super Finder XT Search Advanced

Super Finder XT Search Advanced

Walau kita bisa secara gratis mengunduh aplikasi Super Finder XT, tapi ternyata tidak semua fitur bisa kita gunakan. Untuk bisa menggunakan seluruh fitur, kita harus menjadi supporter yang diharuskan membayar sejumlah dana. Anda bisa menjadi supporter dengan membayar melalui Paypal untuk mendapat fitur tambahan pada aplikasi Super Finder XT.

Lebih lengkapnya kunjungi laman Super Finder XT.

Search Everything

Aplikasi Search Everything mungkin lebih sederhana ketimbang namanya sendiri. Bisa jadi bayangan kita terdapat banyak fitur semacam advanced option untuk mendukung pencarian data, tapi aplikasi ini menawarkan lebih sederhana dari itu.

Search Everything

Tampilan Search Everything

Saat pertama kali dijalankan, aplikasi ini akan membangun database dari semua file yang ada, dan pencarian akan dilakukan melalui database tersebut. Ada fungsi Regex yang bisa digunakan tapi mungkin bagi pengguna awam fungsi ini akan membingungkan, serta ada juga fitur yang menyediakan koneksi FTP dan HTTP untuk pengelolaan data via FTP dan HTTP.

Lebih lengkapnya kunjungi laman Search Everything.

Launchy

Launchy sedikit berbeda dengan aplikasi pencarian lainnya. Selain untuk mencari sebuah file, Launchy berperan untuk mencari program-program yang telah ter-install di komputer sehingga kita bisa dapat dengan cepat mengeksekusi program tersebut. Memiliki beberapa skin theme yang menarik sehingga kita tidak akan merasa cepat bosan dengan aplikasi ini.

Launchy Search

Tampilan Launchy Search

Ada yang menguraikan bahwa aplikasi ini lebih cepat pencariannya daripada fungsi pencarian Start Menu Windows. Jika Anda memiliki banyak program yang ter-install dan desktop dipenuhi dengan icon shortcut yang dapat mengurangi efisiensi kerja, maka aplikasi Launchy ini merupakan salah satu alternatif sekaligus solusinya.

Lebih lengkapnya kunjungi laman Launchy.

Kesimpulan

Sulit menentukan aplikasi mana yang terbaik untuk digunakan karena setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Anda dapat menentukan aplikasi yang terbaik dengan mencobanya satu per satu dan nantinya akan diketahui mana yang lebih cocok dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Somebody says:

    wah.. klo aplikasi begini.. pake Copernic Desktop Search.. dijamin mantap

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.