5 Aplikasi Keren untuk Kostumisasi Unity Desktop Ubuntu

5 Aplikasi Keren untuk Kostumisasi Unity Desktop Ubuntu

Pengguna distro Linux khususnya Ubuntu biasanya suka utak-atik tampilan desktop agar lebih menarik dan bisa tampil beda dari yang lainnya. Maka tak heran jika…

Pengguna distro Linux khususnya Ubuntu biasanya suka utak-atik tampilan desktop agar lebih menarik dan bisa tampil beda dari yang lainnya. Maka tak heran jika sering dijumpai pengguna distro Linux yang saling membanggakan kreasi desktop-nya. Memang untuk mendapatkan desktop yang menarik dari hasil kreasi sendiri adalah kepuasan tersendiri, tapi ada juga pengguna yang masih bingung bagaimana harus memulai untuk melakukan kostumisasi desktop-nya.

Tema kali ini memang bukan membahas bagaimana kostumisasi itu dilakukan, tapi saya akan berbagi tentang aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk proses kostumisasi desktop. Desktop yg dibahas adalah Unity dari Ubuntu karena distro ini tergolong distro populer dan memiliki pengguna yang banyak.
Berikut 5 aplikasi keren untuk kostumisasi Unity desktop Ubuntu:

MyUnity

MyUnity muncul sebagai solusi pertama kali saat para pengguna Unity desktop di Ubuntu kesulitan melakukan kostumisasi. MyUnity merupakan aplikasi yang dapat mengatur konfigurasi Unity desktop dari konfigurasi panel, dash, font, theme, serta unity launcher.

myunity

Saya rasa fitur-fitur MyUnity sebagai aplikasi untuk kostumisasi desktop sudah cukup lengkap. Untuk melakukan instalasi, cukup melalui PPA dengan perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:myunity/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install myunity

Ubuntu Tweak

Ubuntu tweak sudah menjadi aplikasi pendukung yang baik untuk distro Ubuntu sejak lama. Memiliki fitur yang lengkap untuk melakukan konfigurasi sistem dan user interface. Sejak Ubuntu resmi menggunakan Unity sebagai desktop-nya, Ubuntu tweak melakukan penambahan fitur Unity agar pengguna bisa melakukan kostumisasi desktop melalui fitur tersebut.

ubuntutweak

Tidak banyak kostumisasi yang bisa dilakukan melalui Ubuntu tweak alias standar saja. Tapi kita bisa memanfaatkannya untuk melakukan tweaking sistem lainnya. Ada yang menarik di Ubuntu Tweak, yaitu ada fitur Love Wallpaper HD di dalam bagian Tweaks. Fitur tersebut menawarkan kita untuk memilih wallpaper HD untuk desktop kita secara online.

ubuntutweak-wallpaper

Cukup dengan double click pada wallpaper yang diinginkan, lalu wallpaper tersebut akan aktif di desktop kita. Menarik? Coba install Ubuntu tweak terbaru melalui perintah terminal berikut:

sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak

Compiz Config Settings Manager (CCSM)

Pada era gnome 2 alias gnome classic, compiz menjadi sesuatu yang berharga karena kemampuannya untuk menyediakan konfigurasi lengkap dengan animasinya untuk desktop Ubuntu. Konfigurasi yang disediakan oleh CCSM adalah shortcut key dan beberapa fungsionalitas unity lainnya. Aplikasi ini cocok digunakan sebagai pelengkap aplikasi kostumisasi lainnya agar bisa mendapat kostumisasi yang lebih variatif.

compizconfig

Aplikasi ini sudah tersedia di repository dan bisa dipasang melalui perintah berikut:

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

Unsettings

Unsettings memiliki fungsionalitas yang hampir sama dengan MyUnity dengan beberapa penambahan fitur tentunya seperti fitur untuk menyimpan konfigurasi dan memuat konfigurasi yang pernah kita buat. Ini akan bermanfaat sekali ketika kita sudah menemukan konfigurasi terbaik lalu menyimpan file konfigurasi tersebut untuk berjaga-jaga atau menjadi back up.

unsettings

Jika ingin mencobanya, install aplikasi ini melalui PPA dengan perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:diesch/testing
sudo apt-get update
sudo apt-get install unsettings

Lebih lengkapnya tentang unsettings bisa mengunjungi link berikut.

Dconf Editor

Aplikasi ini sebenarnya lebih rumit dibandingkan dengan aplikasi yang disebutkan di atas karena membutuhkan pengetahuan lebih pada sistem unity sebelum melakukan kostumisasi desktop. Kesalahan konfigurasi menggunakan aplikasi ini dikhawatirkan bisa berdampak pada terganggunya stabilitas sistem, jadi jika kita takut Ubuntu kita terjadi sesuatu ada baiknya tidak menggunakan aplikasi ini tanpa ada referensi yang cukup.

dconf-editor

Apabila di Ubuntu kita belum tersedia aplikasi ini, kita bisa melakukan instalasi via repository melalui perintah:

sudo apt-get install dconf-tools

Beragamnya aplikasi untuk kostumisasi Unity di Ubuntu tentu bisa dimanfaatkan untuk saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya sehingga pada saat digunakan dapat memberikan suatu desktop yang sesuai dengan keinginan kita. Semoga bermanfaat.

Tag: , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.