5 Fitur Keren Nautilus File Manager di GNOME

5 Fitur Keren Nautilus File Manager di GNOME

Microsoft Windows memliki Windows Explorer sebagai media file manager sedangkan pada distro Linux ada bermacam-macam karena beragamnya DE (Desktop Environment) yang dipakai. Pada edisi…

Microsoft Windows memliki Windows Explorer sebagai media file manager sedangkan pada distro Linux ada bermacam-macam karena beragamnya DE (Desktop Environment) yang dipakai. Pada edisi kali ini saya akan membagikan 5 fitur keren yang dapat mempermudah pengelolaan file menggunakan Nautilus file manager pada DE GNOME.

Dukungan Multi Tab

Salah satu fitur nautilus yang bisa memberikan kemudahan dalam pengelolaan file adalah adanya fungsi multi tab. Penggunaan multi tab ini sangat membantu saat melakukan transfer data antar direktori, partisi, atau removable media tanpa harus berulang kali menavigasikan tempat transfer data.

Multi Tab File Manager

Multi Tab File Manager

Untuk menggunakannya, gunakan kombinasi tombol Ctrl + T hingga muncul tab baru sesuai dengan direktori tempat kita mengaktifkan tab baru. Kita dapat melakukannya hingga beberapa kali sesuai dengan kebutuhan transfer datanya.

Menyimpan Hasil Pencarian

Sudah menjadi standar bahwa dalam aplikasi file manager terdapat fitur pencarian file. Yang menarik dari nautilus adalah kita bisa menyimpan hasil pencarian yang kita lakukan berupa semacam virtual folder berekstensi .savedSearch.

Saved Search Result

Saved Search Result

Lakukan pencarian seperti biasa melalui kotak pencarian yang ada di nautilus. Setelah kumpulan file hasil pencarian muncul, kita simpan hasil itu melalui menu File > Save search as. Kemudian tentukan nama dan direktori penyimpanannya.

Save Search

Save Search

Kemudahan yang bisa didapatkan adalah kita bisa memilih file hasil pencarian tanpa harus melakukan pencarian ulang yang mungkin bisa memakan waktu.

Menyeleksi file menggunakan pattern

Hampir sama dengan pencarian hanya saja fitur ini hanya menyeleksi file berdasarkan pattern atau pola tertentu yang telah kita definisikan sebelumnya. Misalkan ada suatu kumpulan file beragam yang banyak dan kita ingin menyeleksinya berdasarkan ekstensi file tersebut. Daripada repot melakukan seleksi manual satu per satu menggunakan mouse, maka fitur ini dapat digunakan. Cara menggunakannya buka menu Edit > Select Items Matching atau dapat juga menggunakan Ctrl + S.

Select by Patterns

Select by Patterns

Isikan pola yang Anda inginkan untuk dicocokkan misalkan berdasarkan ekstensi atau nama file lalu klik OK. Kemudian kita bisa melanjutkan pengorganisasian file setelah mendapatkan file hasil seleksi.

Remote Access File

Jika kita memiliki file pada tempat lain atau server lain yang bisa kita remote, maka Nautilus memiliki fasilitas Remote File yang bisa digunakan. Fitur ini bisa digunakan melalui menu File > Connect To Server.

Connect to Server

Connect to Server

Mendukung beberapa service seperti FTP, Public FTP, SSH, HTTPS, dan HTTP. Fitur ini memudahkan bagi kita untuk mengelola file pada server yang berbeda secara langsung melalui file manager tanpa harus memakai aplikasi lainnya. Contoh implementasi Remote Access menggunakan nautilus sudah pernah dibahas di edisi Remote File dan Folder Nautilus Menggunakan SFTP.

Mengirim File

Tak hanya pengelolaan file saja, nautilus memiliki fitur khusus untuk membagi file. Ada beberapa tujuan pengiriman file beserta media yang digunakan misalkan Email, Instant Messaging, Bluetooth, removable media, dan CD Burner. Pengiriman file melalui Email atau Instant Messaging terdapat fungsi kompresi yang bisa digunaan sesuai dengan kebutuhan.

Send to Option

Send to Option

Kita dapat mengakses fitur ini melalui klik kanan menu pada file atau folder, kemudian pilih Send To. Setelah itu Anda dapat menentukan media tujuannya.

Penutup

Edisi ini menggunakan Nautilus 3.4.2 pada distro Ubuntu 12.04, dan kemungkinan juga bisa digunakan pada nautilus di distro lain. Manfaatkan Nautilus File Manager semaksimal mungkin agar pengelolaan data komputer Anda bisa lebih efisien dan tertata dengan baik. Selamat berkesplorasi dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. Mustofa says:

    saya paling suka gunain nautilus bawaan ubuntu. btw nice artikel bro :))

  2. SENDYYeah says:

    yang sering dipake adalah extra pane, pencet tombol F3 di keyboard lalu muncul.. serasa pake free commander di windows.. fitur ini membantu banget kalau lagi kerja atau sekedar copy file dengan jumlah tertentu…

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.