5 Rekomendasi Aplikasi Editor Foto Gratis

5 Rekomendasi Aplikasi Editor Foto Gratis

Mendengar kata editor foto pasti pikiran Anda akan tertuju pada sebuah software keluaran Adobe, yaitu Photoshop.  Namun sebagai software yang berlisensi seperti pada umumnya,…

Mendengar kata editor foto pasti pikiran Anda akan tertuju pada sebuah software keluaran Adobe, yaitu Photoshop.  Namun sebagai software yang berlisensi seperti pada umumnya, jika Anda ingin menggunakannya sebagai editor foto harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

Untuk sebagian orang seringkali photoshop hanya digunakan untuk operasi editing gambar atau foto sederhana. Hal itu bisa jadi menguras penggunaan CPU maupun Memory (RAM),  apalagi jika spesifikasi PC atau Notebook Anda tergolong menengah kebawah. Tentu Anda membutuhkan alternatif aplikasi yang bisa memberikan solusi tentang permasalahan keduanya yaitu gratis dan ringan tentunya.

Berikut ini 5 rekomendasi editor foto gratis dan ringan pilihan Bisa Komputer :

  1. PixBuilder

    PixBuilder

    Tampilan PixBuilder

    PixBuilder merupakan sebuah Software editor foto gratis (freeware) yang hanya berukuran 3 MB. Meskipun ukuran cukup kecil, tetapi Anda dapat menggunakan banyak fungsi kualitas professional. PixBuilder memungkinkan Anda untuk menggunakan fungsi manajemen warna seperti kecerahan / kontras manajemen, keseimbangan warna, manipulasi warna, dan fungsi kurva. Anda dapat memanipulasi gambar dengan warna, modifikasi konsep, membatalkan multi-langkah, gradien dan dukungan masker, dan mendukung semua lapisan teks serta menciptakan ilustrasi. Aplikasi ini memang menarik untuk dicoba, terutama bagi yang memerlukan editing yang cepat dan ringan. Untuk mengetahui PixBuilder secara lengkap bisa dilihat di http://www.wnsoft.com/pixbuilder/.
    Untuk download aplikasi ini disini.

  2. PhotoScape

    Photoscape

    Tampilan PhotoScape


    Salah satu Freeware editor foto yang cukup populer di Indonesia. Program yang sangat menyenangkan dan cukup mudah untuk digunakan merupakan salah satu alasannya. PhotoScape memiliki tampilan desain antarmuka yang mudah untuk digunakan. Untuk mengetahui PhotoScape lebih lengkap bisa dilihat di http://www.photoscape.org/.
    Untuk download aplikasi ini disini.

  3. Paint.NET

    Paint.NET

    Tampilan Paint.NET

    Perkembangan dan popularitas aplikasi ini sangat pesat. Bahkan kemampuannya bisa disejajarkan dengan editor foto komersil seperti Adobe Photoshop. Untuk urusan kecepatan dalam  prosesnya, aplikasi ini sangat bisa di andalkan. Namun, Aplikasi ini baru bisa berjalan dengan dukungan Microsoft .NET Framework karena Paint.NET memulai pengembangannya dengan bantuan tambahan dari Microsoft. Untuk mengetahui Paint.NET lebih lengkap bisa dilihat di http://www.getpaint.net/.
    Untuk download aplikasi ini disini.

  4. GIMP

    Hasil Akhir di Gimp

    Tampilan GIMP

    Salah satu editor foto yang sering disamakan dengan Photoshop. Ada sebagian orang yang menganggap bahwa GIMP merupakan Photoshop versi open source. GIMP juga sering diidentikan dengan salah satu sistem operasi Linux. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang menggunakan sistem operasi selain Linux, tersedia juga installer untuk sistem operasi lainnya seperti Windows dan Mac OS. Untuk mengetahui GIMP lebih lengkap bisa dilihat di http://www.gimp.org/.
    Untuk download aplikasi ini versi Linux disini
    Untuk download aplikasi ini untuk versi Windows disini.
    Untuk download aplikasi ini untuk versi Mac OS X 10.7  x Lion disini.

  5. Pixia
    Pixia

    Tampilan Pixia

    Untuk ukuran aplikasi editor foto gratis, aplikasi buatan negeri sakura ini tergolong sebagai salah satu aplikasi yang powerfull untuk menghasilkan gambar yang lebih menawan. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memerlukan editing yang cepat dan ringan. Untuk download aplikasi ini disini.

Kesimpulan

Banyak editor foto gratis bertebaran di dunia maya. Yang membedakan hanyalah fitur yang disediakan dari masing masing editor foto. Namun fungsi utamanya tetaplah sama. Oleh karena itu bijaklah untuk memilih editor foto dan sesuaikan kebutuhan dengan Anda. Tak menutup kemungkinan juga banyak editor foto gratis yang lebih bagus dan belum kami ketahui. Untuk itu kami membutuhkan partisipasi pembaca untuk menginformasikan kepada kami dan pembaca lainnya melalui kolom komentar tentang editor foto tersebut. Semoga bermanfaat :)

Tag: , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.