5 Tips Mengoptimalkan Penggunaan Firefox Bagian 1

5 Tips Mengoptimalkan Penggunaan Firefox Bagian 1

Dulu kita sudah pernah membahas tentang apa saja tips untuk mengoptimalkan penggunaan browser Google Chrome dalam dua edisi yaitu bagian 1 dan bagian 2….

Dulu kita sudah pernah membahas tentang apa saja tips untuk mengoptimalkan penggunaan browser Google Chrome dalam dua edisi yaitu bagian 1 dan bagian 2. Tak adil rasanya jika hanya Chrome saja yang diulas sedangkan ada browser kompetitor sekelas Firefox yang juga handal dan memiliki banyak pengguna. Untuk edisi spesial Firefox, akan ada 5 tips untuk mengoptimalkan penggunaan Firefox di bagian pertama. Belum punya Firefox? Pilih dan unduh dulu melalui tautan ini.

Gunakan Shortcut

Seperti biasa, untuk mempermudah dan mempercepat navigasi pengguna dalam mengakses fitur-fitur Firefox, ada beberapa shortcut yang bisa kita gunakan diantaranya:

  • Ctrl + Shift + Del =  Membuka menu clear private data.
  • Ctrl + / = Membuka atau menutup add-ons toolbar di jendela bawah Firefox.
  • Ctrl + J = Membuka jendela unduhan.
  • Ctrl + T = Membuka tab baru
  • Ctrl + Shift + T = Membuka tab yang baru ditutup.
  • Ctrl + N = Membuka jendela Firefox yang baru.
  • F5 = Refresh halaman website.

Tambah Local Cache Storage

Cache berguna untuk menyimpan data-data browsing kita sehingga dapat mengurangi request dari browser untuk mengunduh ulang sumber kode sebuah website. Ini berguna sekali untuk mempercepat akses karena browser cukup memeriksa data pada cache. Firefox mengijinkan penggunanya untuk mengatur besar cache yang akan dipakai sesuai dengan batas maksimal yang telah ditetapkan. Untuk mengaturnya buka menu Firerox > Options > Options, navigasikan pada bagian Advanced dan buka tab Network.

Increasing Cache

Increasing Cache

Beri tanda centang bagian Override automatic cache management dan atur besar cache yang diinginkan. Biasanya Firefox telah menentukan besar cache maksimal yang bisa digunakan.

Tambahkan Add-on keren

Tidak lengkap rasanya jika browser tidak memiliki fitur-fitur tambahan yang menarik dan dapat membantu meningkatkan kenyamanan penggunaannya. Melalui Add-ons Firefox kita dapat memiliki banyak fitur tambahan yang sangat menarik.

Addon Page

Addon Page

Ada banyak edisi di Bisakomputer yang mengulas tentang add-on diantaranya, 4 add-ons keren dan populer, ScrapBook untuk menyimpan halaman web, atau bahkan Add-on BisaKomputer yang keren. Selengkapnya Anda dapat mengunjungi halaman add-on Firefox.

Gunakan Aplikasi untuk Optimalisasi

Ada beberapa aplikasi menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa Firefox. Setidaknya ada beberapa aplikasi yang pernah diulas, diantaranya adalah:

1. Firefox Booster yang dapat mengoptimalkan konfigurasi sesuai dengan kecepatan internet.

2. Firemin untuk meminimalisasi penggunaan resource memori firefox.

3. SpeedyFox yang mampu melakukan kompresi pada SQLite Database tanpa harus menghilangkan data yang ada.

4. Firefox Preloader yang berupa utility kecil untuk mempercepat startup Firefox.

Selengkapnya dapat disimak pada edisi 4 aplikasi untuk Optimalisasi dan Mempercepat Firefox.

Percantik dengan Tema

Browser canggih dan handal tentu kurang lengkap jika tidak didukung dengan tampilan yang eye candy. Untunglah Firefox mendukung pengaturan tema sehingga kita bisa melakukan instalasi tema sesuai dengan keinginan. Salah satu tempat banyak tema menarik adalah melalui Personas.

Personas Site

Personas Site

Di sana terdapat banyak pilihan tema yang bisa kita cari dan langsung dipergunakan. Tinggal pilih tema yang diinginkan lalu pilih wear it untuk memasang tema pada Firefox.

Wear Personas

Wear Personas

Tema yang dipasang dapat Anda lihat melalui menu Firefox > Add-ons > Appearance. Di sana kita dapat menentukan tema mana yang aktif atau menghapus tema-tema tertentu.

Appearance Firefox

Appearance Firefox

Penutup

Masih ada beberapa tips menarik lagi untuk mengoptimalkan penggunaan Firefox yang akan kita hadirkan di edisi selanjutnya. Semoga 5 tips di bagian pertama ini bisa dapat meningkatkan kinerja Anda bersama Firefox. Selamat mencoba.

Tag: , , , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. Mustofa says:

    mantap om. lagi nyoba firefox update terbaru, moga aja bentah :)

  2. didik says:

    segera update firefox nya om :D

  3. satugerai says:

    Perlu dicatat ni untuk shortcutnya.
    Untuk firefox sendiri setelah update terakhir kok malah rasanya lebih lambat dari sebelumnya untuk browsing, kinerja di PC juga lebih berat, netbook teman ada yang tidak kuat untuk menjalankannya.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.