5 Tips Optimalisasi Penggunaan Browser Opera Bagian 1

5 Tips Optimalisasi Penggunaan Browser Opera Bagian 1

Setelah saya membahas tip optimalisasi browser Chrome menjadi bagian 1 dan bagian 2, kemudian ditambah dengan tips optimalisasi penggunaan Firefox bagian 1 dan bagian…

Setelah saya membahas tip optimalisasi browser Chrome menjadi bagian 1 dan bagian 2, kemudian ditambah dengan tips optimalisasi penggunaan Firefox bagian 1 dan bagian 2. Rasanya masih kurang lengkap mengingat saat ini Opera merupakan salah satu browser yang banyak memiliki fitur menarik sehingga perlu untuk saya bagikan tips-tips optimalisasinya. Untuk yang ingin lebih tahu tentang browser Opera sekaligus mengunduh installer, silahkan kunjungi situs resminya di www.opera.com.

Gunakan Shortcut

Ada banyak daftar shortcut yang bisa dipakai untuk meningkatkan efisiensi kerja tanpa harus repot mengarahkan pointer untuk melakukan tugas tertentu. Berikut daftar shortcut yang bisa digunakan:

  • Ctrl + F12 = Membuka menu preference.
  • Shift + G =  menonaktifkan parsing CSS pada halaman yang berat.
  • Ctrl + T = Membuat tab baru.
  • Ctrl + Tab = Berpindah ke tab yang lain.
  • Ctrl + W = menutup seluruh tab yang terbuka.
  • Ctrl + F5 = Reload seluruh halaman pada tab yang ada.
  • F8 = mengarahkan fokus pada address bar.

Beberapa daftar shortcut lainnya dapat pembaca lihat pada tautan ini.

Manfaatkan Opera Turbo

Opera turbo merupakan fitur dari Opera yang menggunakan proxy Opera untuk mempercepat koneksi saat browsing khususnya pada saat koneksi internet yang tersedia lambat. Untuk menggunakannya, klik icon opera turbo di sebela kiri bawah kemudian beri tanda centang Enable Opera Turbo.

Enable Opera Turbo

Enable Opera Turbo

Ada pengaturan yang bisa kita lakukan melalui menu preference. Gunakan shortcut Ctrl + F12 > Tab Webpages > Details.

Opera Turbo Preference

Opera Turbo Preference

Ada tiga pilihan yang tersedia untuk pengaturan Opera Turbo. Gunakan Automatic untuk mengaktifkan opera turbo secara otomatis saat koneksi lambat terdeteksi.

Opera Turbo Settings

Opera Turbo Settings

Pengaturan Search Engine

Opera memiliki dukungan search engine yang terintegrasi. Kita dapat melakukan pencarian informasi melalui kotak di kanan atas dengan search engine tertentu tanpa harus membuka alamat search engine tersebut. Pembaca dapat memilih search engine yang akan digunakan dengan melakukan klik pada icon search engine.

Manage Search Engine

Manage Search Engine

Pembaca juga dapat menambahkan search engine sendiri melalui menu preference > tab Search > Add. Daftarkan search engine yang Anda inginkan pada form yang sudah disediakan.

Add Search Engine

Add Search Engine

Klik OK untuk mengakhiri pengaturan.

Proteksi dari fraud dan malware

Fitur proteksi ini secara default sudah aktif pada browser opera. Fitur ini akan membantu memperingatkan kita dalam mengunjungi situs-situs tertentu yang mengandung malware. Adakalanya pembaca mungkin merasa terganggu dengan peringatan-peringatan yang muncul karena fitur ini. Untuk melakukan pengaturan, buka menu preference > Tab advanced > Security, hilangkan tanda centang pada bagian Enable Fraud and Malware Protection.

Disable Malware Protection

Disable Malware Protection

Klik OK untuk mengakhiri pengaturan. Tetapi sangat disarankan untuk selalu mengaktifkan fitur ini demi keamanan pembaca saat browsing.

Gunakan private browsing

Private browsing mencegah Opera menyimpan browsing history yang telah pembaca kunjungi. Ini bermanfaat jika pembaca menggunakan Opera di fasilitas internet umum seperti warnet atau komputer kantor agar pengguna lain tidak bisa melihat apa saja alamat yang sudah Anda kunjungi. Untuk menggunakannya, buka Opera menu > Tabs and Windows > New private tab.

Private Tab

Private Tab

Sayangnya kita tidak bisa mengatur agar tab yang kita terbuka selalu private sehingga untuk mengaktifkannya perlu dilakukan secara manual.

Penutup

Opera merupakan browser yang juga dapat menjadi alternatif aplikasi internet yang kaya akan fitur. 5 Tips optimalisasi penggunaan browser Opera di bagian pertama ini diharapkan dapat menjadikan pembaca lebih mengenal Opera lebih dalam. Masih ada beberapa tips lagi yang akan muncul pada bagian kedua, jadi ditunggu ya. Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Ibrahim says:

    oya mas, kalau untuk penyimpanan data otomatis itu gimana editingnya ya, salam kenal

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.