5 Tips Sederhana Menghemat Kapasitas Harddisk pada Windows 7

5 Tips Sederhana Menghemat Kapasitas Harddisk pada Windows 7

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin lama data yang Anda pakai untuk kebutuhan komputer semakin besar. Jika dahulu menggunakan harddisk berkapasitas 20GB sudah mencukupi tapi…

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin lama data yang Anda pakai untuk kebutuhan komputer semakin besar. Jika dahulu menggunakan harddisk berkapasitas 20GB sudah mencukupi tapi saat ini 120GB pun rasanya kurang untuk menampung data Anda. Data yang paling banyak menghabiskan kapasitas harddisk biasanya film, musik, foto, aplikasi-aplikasi, dan game. Dengan keterbatasan kapasitas harddisk yang Anda punya, manajemen data pada Windows 7 pun belum begitu bisa untuk menekan penggunaan kapasitas harddisk yang berlebihan sehingga diperlukan suatu cara untuk menhemat penggunaan kapasitas harddisk.

Menggunakan Compress Drive

Windows 7 menyediakan fitur untuk kompresi drive dengan tujuan bisa memberikan ruang ekstra harddisk bagi pengguna. Ini bisa berguna jika Anda benar-benar kehabisan ruang harddisk, dan Anda tidak ingin menghapus data-data yang ada pada drive atau partisi terkait. Caranya, buka Windows Explorer > Klik kanan salah satu partisi atau drive > Properties.

Pilih Compress this drive to save disk space

Pada tab General, beri tanda centang di bagian Compress this drive to save disk space lalu klik Apply. Nanti akan muncul jendela konfirmasi apakah bagian yang dikompres meliputi file dan subfolder atau drive saja. Pilih Compress Drive beserta subfolder dan file yang berarti seluruh isi partisi kita kompres dengan harapan bisa memberi ruang ekstra. Tapi ingat, khusus drive C Windows jangan dikompres karena bisa mengakibatkan sistem tidak berfungsi sehingga Windows tidak bisa booting.

Tampilan Confirm Compress

Proses kompresi bisa berjalan lama sesuai dengan banyak dan besarnya data yang tersimpan pada partisi tersebut. Daripada menunggu lebih baik Anda memanfaatkan waktu untuk aktivitas lain seperti menonton film sambil ngopi:)

Menggunakan Compress Folder

Jika Compress Drive bisa digunakan untuk kompresi seluruh folder yang ada pada partisi terkait, Anda juga dapat melakukan kompresi pada folder tertentu yang diinginkan. Misalkan Anda hanya ingin mengompres folder film dan musik yang kapasitasnya terlalu membengkak, cukup klik kanan pada folder tersebut lalu pilih properties. Pada tab General pilih Advanced, selanjutnya beri tanda centang pada bagian Compress contents to save disk space.

Menggunakan Compress Folder

Akan muncul jendela konfirmasi lagi, pilih kompresi untuk seluruh subfolder dan file yang ada pada folder tersebut. Tunggu hingga proses kompresi selesai.

Bersihkan Junk File

Harddisk penuh bisa jadi ada junk file atau penimbunan file tidak penting yang memenuhi harddisk terutama pada partisi Windows. Manfaatkan fitur Cleanup disk untuk membersihkan junk file sehingga Anda bisa mendapatkan kapasitas ekstra walau hanya beberapa megabyte saja. Caranya klik kanan pada drive atau partisi > Properties > Disk cleanup.

Tampilan Disk Cleanup

Windows akan melakukan pengecekan apakah file yang tidak diperlukan masih ada di dalam partisi, setelah itu muncul jendela yang bisa Anda manfaatkan untuk memilih jenis file apa saja yang ingin Anda hapus.

Memilih Jenis File yang ingin dihapus

Ada baiknya pilih dengan hati-hati, karena walaupun junk file tapi bisa jadi ada jenis file yang tidak  ingin kita hapus seperti restore point dan lainnya. Selain menggunakan fasilitas Disk cleanup, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti TuneUp Utilities atau CCleaner untuk membantu membersihkan junk file lebih baik lagi.

Arsipkan Folder yang Jarang Dipakai

Ada kemungkinan data yang Anda miliki sudah jarang atau tidak pernah dipakai lagi. Ada baiknya data tersebut dijadikan arsip karena selain menjaga data agar lebih aman, mengarsipkan data folder juga bisa mengecilkan ukurannya melalui kompresi yang disediakan archiver. Untuk archiver Penulis lebih nyaman menggunakan Winrar karena kemudahan yang dimiliki. Cara mengarsipkan sebuah folder adalah klik kanan folder lalu pilih Add to archive.

Add to Archive

Pada window parameter, buka compression method dan pilih Best. Anda dapat memberikan opsi Delete files after archiving untuk menghapus file secara otomatis setelah diarsip. Cara ini memang hanya sedikit menghemat ruang harddisk tapi cukup memberi ruang ekstra jika kita mengarsipkan folder cukup banyak.

 

Pilih Archiver Compress

 


Manfaatkan cloud storage

Punya koneksi internet? Manfaatkan cloud storage atau media penyimpanan online yang sekarang banyak tersedia di internet. Selain bisa mengamankan data, cloud storage juga bisa jadi alternatif penyimpanan selain harddisk. Untuk akun gratis saja Anda sudah mendapat jatah hingga 5GB dan jika mempunyai banyak akun di cloud storage otomatis ada banyak juga jatah penyimpanan milik Anda. Sebagai referensi cloud storage, coba baca review 7 layanan cloud storage yang ada pada Bisa Komputer.

Itu tadi 5 tips sederhana untuk menghemat penggunaan kapasitas harddisk. Perlu diperhatikan bahwa cara-cara di atas bisa saja beresiko terhadap data penting Anda. Jadi, ada baiknya jika Anda menyiapkan backup data penting agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Tag: ,

17 Comments

Leave Comment
  1. Karena belum paham, dulu partisi C laptop saya pernah saya kompres. Dan Sobat pasti tahu apa yang terjadi. Ketika besuknya laptop akan saya gunakan, malah gak mau jalan sama sekali. Yang muncul cuma tulisan bootmgr is missing. :(

    Btw, nice share Sob. :)

  2. tosu says:

    Artikel yang sangat informatif

  3. Benagustian says:

    wah artikel artikelnya membantu sekali bang.. setelah junk file dan temporary file di bersihkan komputer gue jadi normal :D

  4. Firdaus says:

    TERIMA KASIH..!!!!!!

  5. Icha says:

    Sy coba tips pertama (Menggunakan Compress Drive) tapi ternyata laptop sy ga bisa digunakan sama sekali. sama seperti kasus om Semar Bingung.
    Bootmgr is compressed. Jadi musti diformat deh :'(

  6. Andrean says:

    Gan, masa. Drive D, gk ada pengaturan kompres Hard Disk.
    Klo Drive C, justru ada

  7. andrea says:

    thank you very much :)

  8. Rendy Muhammad says:

    Kalau waktu compress folder windows ikut kena, akhirnya gabisa booting apa yang harus dilakukan ? Terima kasih

  9. Jadun says:

    Ijin gabumg min
    klw buat hp java bisa di hapus disk yg penuh. Trims

    • Clara says:

      , screw him. Leave him there to fend for himself. You wouldn’t last a minute in any hostile(or even grade school playground) situation. The real question that still lingers: How often did you get beat up as a kid? My guess is “often”. Hide with the Libs and you won’t have to worry about that now. they are all scared of each other and it has created a &#.f20;standof2”8Reply

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.