5 Tips Sederhana untuk Penghematan Energi pada Windows 7

5 Tips Sederhana untuk Penghematan Energi pada Windows 7

Mungkin Anda pernah mendengar slogan-slogan untuk gerakan penghematan energi sebagai bentuk gerakan “save our earth”. Komputer jelas menggunakan listrik sebagai sumber energi. Laptop pun…

Mungkin Anda pernah mendengar slogan-slogan untuk gerakan penghematan energi sebagai bentuk gerakan “save our earth”. Komputer jelas menggunakan listrik sebagai sumber energi. Laptop pun yang menggunakan baterai juga membutuhkan energi listrik dari baterainya. Nah, misalkan Anda ikut menghemat energi untuk pemakaian komputer atau laptop tentu juga ikut berpartisipasi untuk penghematan energi dunia toh.

Kali ini Bisa Komputer ingin berbagi tentang cara menghemat energi di Windows 7. Apa saja cara-cara tersebut? Mari kita bahas.

Manajemen Power Plans

Power plans atau bisa disebut juga dengan Power Options dapat dimanfaatkan untuk mengatur performa komputer Anda. Pada Windows 7, Anda bisa mengaksesnya melalui Control Panel > Power Options.

Tampilan Power Options

Di sana ada 3 pilihan power plans, yaitu Power Saving, Balanced, dan High Performance. Windows sendiri merekomendasikan penggunaan Balanced untuk menghasilkan keseimbangan antara performa dan penggunaan energi. Power Saving mengijinkan komputer untuk menggunakan energi sekecil mungkin namun implikasinya performa Windows menurun. Gunakan mode ini jika Anda hanya melakukan small task pada komputer seperti mendengakan musik, mengetik, atau berinternet. Sedangkan High Performance adalah kebalikan dari Power Saving. Manfaatkan mode tersebut jika ingin menggunakan komputer dengan performa maksimal seperti bermain game, merancang desain, atau programming. Dengan begitu Anda bisa lebih bijak mengelola energi.

Kurangi Brightness layar.

Memaksimalkan brightness layar secara terus menerus selain tidak baik untuk kesehatan mata juga tidak baik dalam penggunaan energi. Semakin terang maka semakin banyak menghabiskan energi dan itu biasanya lebih terasa pada pengguna laptop yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Aturlah brightness seminimal mungkin jika pencahayaan di sekitar Anda sudah mencukupi, atau gunakan sesuai ukuran kenyamanan mata Anda. Anda juga bisa mengatur secara otomatis penggunaan Brightness di dalam Power Options > Change Plan Setting.

Mengatur Brightness

Di sana ada pengaturan brightness di saat Anda menggunakan baterai atau tidak. Sesuaikan dengan mode Power Plans yang ada.

Manfaatkan Sleep Mode dan Turn Off the Display

Sleep Mode bisa dimanfaatkan jika Anda tidak ingin mematikan komputer karena masih banyak pekerjaan yang harus  dilakukan sedangkan Anda harus meninggalkan itu sebentar saja. Dengan memanfaatkan sleep mode, Anda bisa mengistirahatkan komputer sejenak tanpa harus mematikannya. Di dalam pengaturan Power Plans pada Windows juga terdapat bagian dimana Anda bisa mengaktifkan mode sleep atau mematikan layar monitor dengan otomatis.

Mengatur Sleep Mode

 Dengan begitu Anda bisa menghemat penggunaan energi saat Anda meninggalkan komputer walau untuk sebentar saja.

Matikan Perangkat yang Tidak Terpakai

Perangkat wireless seperti bluetooth dan wi-fi adalah salah satu dari pengguna energi. Jika mereka tidak digunakan, lebih baik dimatikan saja. Karena jika masih aktif walau tidak digunakan, mereka akan terus melakukan pemindaian sehingga bisa menghabiskan energi komputer atau laptop Anda tanpa Anda sadari.

Cabut perangkat semacam flashdisk, modem USB, atau perangkat-perangkat lain yang menggunakan port USB agar energi tidak diserap secara sia-sia oleh perangkat tersebut jika memang tidak atau sudah selesai digunakan.

Matikan Komputermu

Seringkali Anda membiarkan komputer menyala terus menerus padahal Anda sedang tidak membutuhkannya. Ini bukan server yang harus menyala 24 jam dalam seminggu untuk melayani user, tapi ini adalah PC biasa yang memiliki ketahanan berbeda. Kadang karena malas mematikannya agar nanti saat ingin memakai bisa tinggal langsung pakai atau bisa juga karena tertidur. Bayangkan berapa banyak energi terbuang sia-sia jika Anda melakukan hal itu. Kita sudah pernah membahas tentang fitur Auto Shutdown menggunakan aplikasi Aimp beberapa waktu lalu, dan itu bisa dimanfaatkan jika Anda merasa malas untuk mematikannya secara manual. Atau jika memang masih malas mematikan, minimal pergunakan sleep mode yang sudah dijelaskan di atas.

Penggunaan dan pengelolaan energi memang seringkali Anda remehkan, tapi alangkah baiknya jika Anda mulai dari hal terkecil melalui penghematan energi komputer. Masih ada banyak tips penghematan energi yang bisa Anda lakukan, tapi pulis berharap 5 tips di atas bisa membantu Anda mengelola energi dengan baik demi kelestarian bumi, kesehatan komputer, dan juga kesehatan Anda tentunya.

Tag: ,

21 Comments

Leave Comment
  1. betul sekali Sob, tips-nya sangat bermanfaat

  2. mas rey says:

    biasanya sih kalau dicolok charger, langsung berubah ke mode high performance… padahal cuman ngetik doang ==”

  3. Desa Cilembu says:

    manfaat banget kang, tengkyu ilmunya.

  4. timmy says:

    tks bgt tipsnya. Sangat bermanfaat bagi orang awam seperti sy.

  5. oh, okay kalau begitu,, bisa dicoba, yang sudah saya coba sejak lama sejauh ini baru power saver, reduce brightness sama sleep ^^ thanks postingnya

  6. itu penghematannya kira2 berapa persen mas?

    • didik says:

      Wah kalau diitung-itung mungkin antara 5-10% aja alias gak seberapa. Tapi kalo penghematan kecil ini dilakukan oleh banyak orang tentu ada banyak energi juga yang dihemat kan ^^b

  7. Mala says:

    Tutorialnya bermanfaat sekali, terima kasih berkenan share

  8. afif brow besten says:

    cara mematikan wifi dan blotot lwat appa???

  9. kowalzaky says:

    mantap infonya gan, sungguh trbantu

  10. kowalzaky says:

    mantap infonya gan, trbantu banget, gw baru punya laptop

  11. kowalzaky says:

    mantap infonya gan, ngebantu banget ’cause gw baru punya laptop

  12. Anggi Lesmana says:

    Terimakasih sudah memberikan saran, bermanfaat sekali min.

  13. laptopcara says:

    ini yang dicari
    terima kasih infonya

  14. lia gustiara says:

    trimakasih gan infonya cukup membantu, tapi kalo punya ane kx tetep gak awet ya. apa mungkin dari kondisi baterainya?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.