5 Trik Hack Sederhana Windows 7 (Bagian 1)

5 Trik Hack Sederhana Windows 7 (Bagian 1)

Bosan dengan Windows 7 yang itu-itu saja? Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan agar Windows kita bisa memiliki kemampuan yang “lebih” tapi biasanya…

Bosan dengan Windows 7 yang itu-itu saja? Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan agar Windows kita bisa memiliki kemampuan yang “lebih” tapi biasanya kebanyakan para pengguna awam kurang mengetahui hal ini. Maka di edisi ini kita akan belajar bagaimana melakukan “hacking” sederhana untuk memaksimalkan penggunaan Windows 7.

Single Click Screen Lock

Secara sederhana kita bisa melakukan screen lock menggunakan shortcut keyboard Win + L. Ada cara lain yaitu dengan menggunakan single click dari shortcut yang telah kita buat. Caranya buatlah shortcut baru, klik kanan Desktop > New > Shortcut. Pada bagian Type the location of the item, ketikkan rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation.

Screenlock Shortcut

Screenlock Shortcut

Kostumisasi Sticky Notes

Klik Next, lalu beri nama shortcut misalkan “Screen Lock”. Kita bisa memindahkan shortcut tersebut ke taskbar dengan fungsi pin, dan memberikan icon agar lebih menarik.

Sticky Notes bisa sangat berguna untuk membuat catatan-catatan penting sebagai pengingat sesuatu. Pada Sticky Note terdapat beberapa fungsi yang bisa kita manfaatkan agar catatan-catatan tersebut bisa lebih menarik. Caranya, pilih teks yang akan dikostumisasi, lalu gunakan shortcut keyboard seperti di bawah ini:

  • Bold: ctrl + b
  • Italics: ctrl + i
  • Underline: ctrl + u
  • Strikethrough: ctrl + t
  • Menambah ukuran font: ctrl + shift + >
  • Memperkecil ukuran font: ctrl + shift + <
  • Bullet List: ctrl + shift + L
  • Numbered List: ctrl + shift + L (dua kali)
  • alphabetical List: ctrl + shift + L (tiga kali)
stickynotes

Kostumisasi Teks pada Stickynotes

Menampilkan Check Boxes pada Windows Explorer

Seleksi file lebih dari 1 dapat dilakukan dengan menekan tombol Ctrl + klik pada file yang dipilih. Cara lainnya adalah bisa dengan memanfaatkan fitur chek boxes pada Windows Explorer.

Checkbox Folder

Checkbox Folder

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pada Windows Explorer pilih Organize > Folder and search options > tab View.

Checkbox Options

Checkbox Options

Pada bagian Advanced Setting beri tanda centang di Use check boxes to select item, lalu klik Apply atau OK.

Menjalankan Program Sebagai User Lain

Adakalanya kita ingin menggunakan program sebagai user lainnya karena masalah hak akses atau penggunaan banyak akun pada satu komputer. Caranya cukup mudah, cukup menggunakan kombinasi Shift + Klik kanan pada program yang diinginkan. Selanjutnya pilih Run as different user.

Run as diffuser

Pilih Run as diffuser

Nanti akan ada sebuah window yang mengharuskan kita mengisikan username dan password sesuai dengan user yang akan kita gunakan.

Security Access

Security Access

Tweak Windows Search dan Windows Defender

Jika kita jarang menggunakan fitur Windows Search pada Windows, kita bisa menonaktifkan fitur ini untuk lebih menghemat resource yang ada pada komputer. Pengaturannya dapat dilihat di program Windows Features. Hilangkan tanda centang pada Windows Search untuk mematikannya.

Windows Search

Hilangkan Tanda Centang pada Windows Search

Selain Windows Search, ada sebuah fitur bernama Windows Defender yang berfungsi untuk mencegah sistem dari infeksi malware. Tapi jika kita sudah memiliki antivirus yang di dalamnya sudah memiliki fitur anti-malware, maka kita bisa mematikan service Windows Defender melalui msconfig.

msconfig

Tampilan msconfig

Pada bagian services di msconfig, cari Windows Defender dan hilangkan tanda centang yang ada, setelah itu pilih OK.

Itu tadi 5 trik Windows 7 Hack sederhana yang tentu cukup mudah untuk dilakukan tanpa harus takut sistem kita jadi berantakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. :)

Tag: , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. kinoy says:

    sangat membantu gan tks

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.