5 Trik Hack Sederhana Windows 7 (Bagian 2)

5 Trik Hack Sederhana Windows 7 (Bagian 2)

Edisi yang lalu sempat kita bagikan tentang 5 trik Windows 7 Hack sederhana. Sekarang masih dengan tema dan judul yang sama atau istilah kerennya…

Edisi yang lalu sempat kita bagikan tentang 5 trik Windows 7 Hack sederhana. Sekarang masih dengan tema dan judul yang sama atau istilah kerennya part 2. hehehe. Hanya saja edisi ini kita lebih bermain-main pada perihal peningkatan sistem itu sendiri. Apa sajakah itu? Mari kita ulas satu persatu.

Menambah Provider Pencarian

Tahukah Anda bahwa Windows 7 bisa ditambahkan provider pencarian website-sebsite tertentu melalui desktop kita? Dibutuhkan sebuah penghubung untuk bisa melakukan pencarian, dan sudah ada beberapa penghubung yang cukup populer digunakan untuk itu.

Cara menggunakannya adalah cukup mengunduh salah satu dari penghubung yang diinginkan lalu buka file hasil unduhan. Nantinya akan muncul sebuah notifikasi bahwa penghubung akan ditambahkan.

Search Connector

Search Connector

Misalkan kita telah menambahkan penghubung untuk flickr dan kita bisa mencoba melakukan pencarian terkait dengan penghubung yang kita pasang, tentunya harus terhubung dengan internet.

Flickr Search

Flickr Search

Hasil pencarian akan muncul pada Windows Explorer berdasarkan kata kunci yang kita masukkan pada kotak pencarian Windows Explorer.

Membuat Recovery Disc

Pernah mengalami Windows 7 gagal booting? Tentu jika kita bingung mengatasinya, reinstall adalah hal termudah tapi tentu beresiko kehilangan konfigurasi sistem atau bahkan data yang ada. Belum lagi jika komputer atau laptop itu sudah membawa Windows 7 sebagai pre-installed OS. Bagi yang tidak memiliki installer Windows 7, Recovery Disc bisa dibuat untuk melakukan perbaikan-perbaikan seperti permasalahan tersebut.

Caranya, cukup sediakan DVD kosong, buka start menu, ketikkan recdisc.exe, lalu pilih Create disc.

System Repair Disc

System Repair Disc

Thumbnail Preview Lebih Cepat

Taskbar dapat menampilkan thumbnail dari window yang kita buka. Biasanya membutuhkan beberapa waktu jeda sebelum thumbnail tersebut ditampilkan. Kita bisa mempercepat waktunya dengan melakukan sedikit perubahan pada registry.

Preview Pane

Preview Pane

Caranya, buka regedit melalui start menu lalu cari registry berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Mouse\MouseHoverTime

Regedit Mousehover

Regedit Mousehover

Klik kanan dan pilih modify, lalu ganti nilai menjadi 200 atau 150. Jangan terlalu kecil karena dikhawatirkan akan merusak stabilitas sistem.

Edit Key

Edit Key

Shutdown lebih cepat

Trik ini sudah pernah dibahas pada artikel 5 tips mempercepat shutdown Windows 7 jadi untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi link tersebut. Tapi di sini tidak ada salahnya jika kita bahas 1 bagian saja yaitu shutdown lebih cepat dengan melakukan editing registry.

Buka regedit dan cari alamat registry berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\WaitToKillServiceTimeout

Shutdown Regedit

Shutdown Regedit

Ubah nilai standar 12000 (12 detik) menjadi 2000 (2 detik). Konsekuensinya, sistem langsung dimatikan setelah jeda 2 detik tanpa harus menunggu aplikasi-aplikasi lainnya ditutup terlebih dahulu sehingga cukup beresiko jika ada data yang belum disimpan.

Mempercepat performa dengan ReadyBoost

Hardware komputer minimalis terutama RAM biasanya berakibat lambatnya sistem berjalan. Membeli RAM tambahan memerlukan dana tambahan dan untuk menghindari hal itu kita bisa menambahkan kecepatan performa dengan memanfaatkan fitur ReadyBoost yang sudah tersedia di Windows 7.

Cukup sediakan flashdisk dengan ruang kosong minimal 1GB, lalu tancapkan ke port USB yang ada. Buka properties flashdisk, dan buka tab ReadyBoost. Pilih bagian Use this device lalu tentukan kapasitasnya.

Readyboost

Readyboost

Biasanya Windows telah menyarankan berapa kapasitas yang diperlukan sehingga kita tidak perlu menentukan berapa kapasitas yang harus digunakan.

Melakukan tweaking pada sistem Windows 7 memang dapat membuat penggunaan lebih nyaman dan performa sistem yang lebih baik sesuai dengan keinginan pengguna. Hanya saja untuk tweaking yang langsung berhubungan dengan sistem seperti registry, maka perlu ada kehati-hatian agar kestabilan sistem tidak terganggu pasca tweaking. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Rujukan: http://www.makeuseof.com/tag/best-windows-7-tips-hacks-part-2/

Tag: , , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. muhammad dhayan says:

    thanks. mantap

  2. heri says:

    mantap min infonya.. thanks

  3. Galih Choirul says:

    Um itu pas habis tweaking Fd di eject bolehkah um ?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.