6 Manfaat LiveCD Distro Linux [Opini]

6 Manfaat LiveCD Distro Linux [Opini]

GNU/Linux atau biasa disebut dengan distro Linux memang sangat banyak ragamnya. Mengusung prinsip kebebasan dalam dunia sistem operasi, distro Linux kemudain berkembang dengan pesat….

GNU/Linux atau biasa disebut dengan distro Linux memang sangat banyak ragamnya. Mengusung prinsip kebebasan dalam dunia sistem operasi, distro Linux kemudain berkembang dengan pesat. Berbagai macam distro dibuat sesuai dengan kebutuhannya dari desktop, server, jaringan, firewall, hingga cloud computing.

Selain free, legal, dan tak kalah canggih, distro Linux biasanya menyertakan fasilitas live cd atau live USB kepada penggunanya. Maksudnya adalah distro Linux bisa dijalankan tanpa harus melakukan instalasi ke dalam harddisk komputer kita. Nah, fasilitas live cd ini ternyata bisa dimanfaatkan dalam banyak hal. Mari kita bahas pada sesi ini.

Menyelamatkan Data

Anda atau rekan Anda mungkin pernah mengalami kerusakan sistem operasi hingga tidak bisa melakukan startup, dan sebelum melakukan tindakan perbaikan Anda ingin melakukan back up atau memindah data-data penting yang ada dalam harddisk. Saat Anda tidak bisa melakukannya saat sistem operasi yang terinstall sedang rusak, distro Linux bisa jadi solusinya. Boot Linux dari CD atau USB lalu jalankan sesi Live.

Installing Opensuse Live

Setelah desktop Linux sudah berjalan, buka File Manager lalu Anda bisa segera memindahkan data-data yang diinginkan.

Manajemen Partisi

Live CD bisa juga digunakan untuk memanajemen partisi saat sistem operasi utama tidak bisa dijalankan. Ambil contoh distro Ubuntu yang memiliki fitur Disk Utility yang bisa kita akses melalui dash menu. Disk Utility bisa digunakan untuk melakukan check filesystem, delete partition, format partition, dan edit partition.

Manajemen Partisi Harddisk

Keuntungannya jelas Anda dapat mengelola harddisk tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu, sehingga cocok untuk saat-saat darurat yang tidak bisa Anda prediksi sebelumnya.

Mengetahui Kompatibilitas Distro pada Komputer

Distro Linux memang banyak sekali, kalau Anda lihat pada situs Distrowatch Anda bisa mengetahui berbagai macam distro yang bisa dijadikan referensi. Tapi mungkin ada distro yang tidak sepenuhnya kompatibel dengan komputer Anda. Bisa hardware atau driver yang tidak cocok dan bug sistem yang mengganggu. Dengan memanfaatkan live CD Anda bisa mengetahui sejauh mana distro yang Anda coba kompatibel dengan komputer. Misalkan pada Ubuntu terdapat fitur System Testing untuk mengetahui seberapa jauh kompatibilitas antara sistem dan hardware yang dipakai.

Tampilan System Testing

Selain itu Anda juga bisa mengamati dan membandingkan fitur-fitur pada setiap distro sebelum menentukan pilihan distro tersebut. Dengan begitu Anda tidak perlu melakukan instalasi hanya untuk melakukan uji coba dan analisa distro tersebut.

Bebas Virus

Di atas sudah dijelaskan bawah live CD pada distro Linux bisa digunakan untuk memindah data pada saat darurat. Salah satu kelebihan lainnya adalah kita tidak perlu takut virus berkeliaran pada saat proses transfer data tersebut jika ternyata harddisk tersebut telah terkontaminasi oleh virus. Bahkan jika ada file atau folder yang Anda curigai sebagai virus atau semacamnya bisa Anda delete langsung, tapi ada baiknya berhati-hati karena jika data yang sudah terhapus tidak bisa dikembalikan lagi.

Portabel atau Bisa Dibawa Kemana Saja

portable

Hanya dengan berbekal sekeping CD/DVD atau sebuah flashdisk yang sudah berisi distro Linux, Anda bisa membawa installer tersebut kemana saja. Karena dengan media tersebut Anda bisa menjalankan sistem operasi untuk melakukan kebutuhan tertentu. Misalkan untuk perihal perbaikan komputer, sosialisasi distro Linux, berinternet, hingga untuk menggunakan aplikasi office. Hanya saja kita tetap membutuhkan komputer untuk menjalankan distro tersebut. ;)

Mengenalkan Distro Linux pada Orang Lain

listening

Live CD juga bisa dimanfaatkan sebagai sosialisasi distro Linux kepada orang lain. Kemampuannya yang bisa dibawa kemana saja bisa meningkatkan peluang Anda untuk mengenalkan distro Linux kepada orang banyak. Misalkan pada saat memperbaiki komputer orang lain, Anda bisa menjalankan distro Linux melalui live CD sambil menjelaskan keunggulan-keunggulan distro Linux kepada orang tersebut. Dengan begitu secara tidak langsung Anda mengedukasi orang lain tentang adanya sistem operasi lain yang handal dan juga free.

Semoga bermanfaat.

Tag: , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. adiet_where says:

    Satu lagi mas,buat nampilin grub yang tertimpa windows :p

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.