6 Tips Membuat Desktop Minimalis Windows 7

6 Tips Membuat Desktop Minimalis Windows 7

Anda termasuk orang yang simple atau suka dengan hal yang minimalis? Beberapa tips berikut ini tentu cocok bagi Anda pengguna Windows 7 yang tidak…

Anda termasuk orang yang simple atau suka dengan hal yang minimalis? Beberapa tips berikut ini tentu cocok bagi Anda pengguna Windows 7 yang tidak suka dengan dekstop yang ribet. Desktop yang terlalu “penuh” dengan hal-hal yang kurang berguna bisa jadi menjadi hal yang kurang enak dipandang mata sekaligus bisa mengurangi produktivitas pengguna. Jadi siapkan diri Anda untuk mulai membersihkan desktop Windows 7 Anda.

Bersihkan Shortcut Icon

Membersihkan shortcut icon yang memenuhi desktop dapat meluaskan pandangan mata pada layar komputer. Sama halnya dengan membersihkan meja kerja dari tumpukan-tumpukan lembar kerja, desktop yang bersih membuat Anda lebih nyaman bekerja dengan komputer Anda.

Caranya adalah klik kanan desktop > View > Hilangkan tanda centang pada Show desktop icons. 

Show desktop icons

Desktop > View > Show desktop icons

Hasilnya adalah desktop bersih dari icon dan jika suatu saat ingin mengembalikannya, tinggal memberi tanda centang pada bagian tadi.

Minimalist Without Icons

Tampilan Desktop Tanpa Icons

Sembunyikan Icon Recycle Bin

Adakalanya icon Recycle Bin masih muncul di desktop walaupun desktop sudah dibersihkan melalui cara di atas. Triknya adalah, tempatkan Recycle bin di sudut kanan desktop atau di tempat yang menurut Anda tidak mengganggu pandangan mata. Bisa juga dengan menghapus icon melalui konfigurasi gpedit.

Caranya, buka Start Menu > ketik gpedit.msc > tekan Enter. Pada Local Group Policy Editor, pilih User Configuration > Administrative Templates > Desktop > Remove Recycle Bin Icon from Desktop.

gpedit

Tampilan gpedit

Selanjutnya pilih edit policy setting, lalu ubah menjadi enabled.

Remove Recycle bin

Pilih Enabled di Edit Policy Setting

Logoff  Windows untuk melihat hasilnya.

Auto-hide Taskbar

Masih kurang minimalis juga? Taskbar pada desktop bisa disembunyikan melalui fitur auto-hide sehingga taskbar akan tersembunyi jika mouse tidak aktif di atasnya. Untuk melakukannya, klik kanan pada taskbar > pilih properties > beri tanda centang pada bagian Auto-hide Taskbar.

Taskbar Properties

Centang Auto-hide the taskbar

Klik OK atau Apply untuk mengakhiri konfigurasi.

Pasang Wallpaper yang Menarik

Taskbar dan kumpulan icon telah dibersihkan dari desktop tapi jika wallpaper yang digunakan tidak menarik tentu kurang menyenangkan jika dipandang. Desktop minimalis juga harus dipadukan dengan sesuatu yang elegan agar saat bekerja menggunakan komputer tidak cepat bosan.

Salah satu tempat untuk mencari wallpaper yang bagus adalah di situs deviantart.com.

Deviantart

Tampilan Deviantart

Di sana Anda dapat mengunduh berbagai macam wallpaper beresolusi tinggi dan kategori yang beragam. Masih kurang? BisaKomputer.com juga menyediakan kumpulan wallpaper yang tidak kalah bagusnya. Anda bisa mencarinya di kategori bebas.

Gunakan Auto-Switch Wallpaper

Sudah banyak wallpaper yang dikumpulkan dan kita bisa memanfaatkan fitur auto-switch yang ada pada Windows 7 agar wallpaper bisa berganti secara otomatis. Fitur ini membuat kita tidak perlu lagi menggonta-ganti wallpaper secara manual karena dapat membuang waktu, cukup tentukan wallpaper yang diinginkan dan waktu yang dibutuhkan untuk pergantian wallpaper.

Caranya, klik kanan Desktop > pilih Personalize > Desktop Background > Beri tanda centang pada Wallpaper yang diinginkan dan tentukan waktu pergantiannya.

Autoswitch Wallpaper

Autoswitch Wallpaper

Anda juga bisa mengaktifkan fitur shuffle agar pergantian wallpaper terjadi secara acak. Setelah itu klik Save changes untuk mengakhiri konfigurasi. Sayangnya versi Windows 7 Starter dan Windows 7 Home Basic tidak bisa menggunakan fitur ini.

Gunakan Dock

Anda ingin icon tetap berada di desktop tapi tetap terlihat elegan dan minimalis? Anda dapat menggunakan dock untuk memanajemen icon yang sering digunakan, salah satunya adalah menggunakan Rocket Dock. Rocket Dock memiliki tema dan tampilan menarik serta kemudahan dalam melakukan kostumisasi icon.

Rocketdock

Tampilan Rocketdock

Untuk menambahkan icon ke dalam dock cukup melakukan drag icon yang diinginkan langsung ke dalam dock. Tentunya penggunaan dock akan menjaga Anda dari icon yang berserakan tidak teratur di dalam dekstop.

Minimalis atau tidak tentu tergantung pada selera masing-masing pengguna Windows. Jadi Anda juga lah yang bisa menentukan kategori minimalis desktop Windows 7 yang Anda gunakan. Beberapa tips di atas mungkin berpengaruh pada performa dan penggunaan resource komputer Anda sehingga pergunakanlah tips di atas sesuai dengan kemampuan komputer Anda. Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. faqih says:

    :) nice post…
    tapi sebelum posting ini muncul saya sudah melakukannya deluan…

  2. didik says:

    wuiih, ayo dibagi tips lainnya biar pembaca lain tahu :)

  3. Must DK says:

    Bagus sekali informasinya, sangat bermanfaat.

  4. ryan says:

    wah..ini tips buat yang awam..

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.