6 Tips Mempercepat Startup Windows 7 (Part 2)

6 Tips Mempercepat Startup Windows 7 (Part 2)

Beberapa waktu yang lalu, Bisa Komputer sudah membahas tentang 6 tips untuk mempercepat startup Windows 7 (Part 1). Kali ini masih membahas tema yang sama…

Beberapa waktu yang lalu, Bisa Komputer sudah membahas tentang 6 tips untuk mempercepat startup Windows 7 (Part 1). Kali ini masih membahas tema yang sama dan tentunya tips-tips tambahan untuk mempercepat startup Windows 7. Apa sajakah itu? Yuk kita bahas kali ini.

Matikan Windows Feature yang Tidak Dibutuhkan

Windows Feature merupakan merupakan fitur-fitur bawaan Windows yang bisa Anda aktifkan atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Ini dikarenakan kebutuhan tiap pengguna akan fitur itu berbeda sehingga fitur yang tidak dibutuhkan baiknya dinonaktifkan agar tidak terlalu banyak menggunakan resource, apalagi jika fitur itu bisa memakai resource untuk kebutuhan startup Windows.

Untuk mematikan atau menonaktifkannya, Control Panel > All Control Panel Items > Programs and Features >Turn Windows Features on or off.

Matikan Windows Feature

Hilangkan tanda centang pada fitur yang tidak dibutuhkan, lalu restart komputer Anda. Pastikan fitur tersebut benar-benar tidak dibutuhkan dan juga tidak mempengaruhi kinerja sistem.

Mengatur Visual Effects

Pada edisi yang lalu ada opsi untuk menonaktifkan Windows Aero dengan menggunakan tema classic atau basic untuk menghemat penggunaan resource pada saat startup. Kali ini tanpa mengganti tema tersebut Anda bisa menyesuaikan pembatasan visual effects yang digunakan oleh Windows. Pengaturan visual effects ini bisa Anda temui di Control Panel > All Control Panel Items > Performance Information and Tools > Adjust Visual Effects.

Tampilan Visual Effects

Anda bisa menentukan visual effects sesuai keinginan Anda atau pilih Adjust for best performance agar Windows bisa menentukan apa yang terbaik untuk memaksimalkan performa Windows itu sendiri.

Nonaktifkan Startup Sound

Biasanya saat startup Anda akan mendengar bunyi khas Windows yang menandakan bahwa desktop siap digunakan oleh pengguna. Sebenarnya ini merupakan fitur kecil, tapi Anda bisa mematikannya agar tidak membebani proses startup untuk menggunakan terlalu banyak fitur yang kurang penting bagi pengguna. Buka Control Panel > All control panel items > Sound

Non Aktifkan Startup Sound

Hilangkan tanda centang pada bagian Play Windows Startup Sound untuk menonaktifkannya. Setelah itu klik Apply atau OK.

Matikan Verbose Status Message

Verbose Status Message merupakan sebuah fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui apa saja yang terjadi pada proses startup atau shutdown Windows. Secara default fitur ini memang tidak diaktifkan oleh Windows, tapi kadang Anda membutuhkannya untuk alasan tweaking sistem atau perbaikan. Matikan fitur ini jika sudah tidak diperlukan lagi. Artikel selengkapnya silahkan baca 3 cara mengaktifkan Verbose Status Message pada Windows 7

Manfaatkan fitur ReadyBoost

Bagi yang hanya memiliki RAM pas-pasan alias terbatas, Windows memiliki fitur ReadyBoost yang bisa memanfaatkan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau harddisk eksternal untuk dijadikan memori tambahan. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa mempercepat startup Windows karena mengurangi beban penggunaan RAM secara berlebihan pada saat startup. Ulasan pemanfaatan fitur ReadyBoost bisa Anda baca di sini.

Gunakan Versi Windows yang Sesuai

Terakhir nih, gunakan versi Windows 7 yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda. Terbagi menjadi Windows 7 starter, home basic, home premium, professional, dan ultimate, masing-masing terbagi lagi menjadi 32-bit dan 64-bit. Komputer, laptop, atau netbook yang menyertakan pre-installed Windows biasanya memang sudah sesuai dengan spesifikasinya. Tapi jika harus install sendiri, sesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Semakin tinggi versi Windows-nya, makin tinggi pula kebutuhan spesifikasinya.

Tampilan System Information

Jika komputer hanya memiliki RAM kurang dari 2GB dan processor yang tidak begitu tinggi, sebaiknya gunakan versi Windows 7 home premium ke bawah versi 32-Bit. Versi 32-bit digunakan jika RAM dibawah 4GB, dan 64-bit jika RAM di atas 4GB.

Itu tadi 6 tips untuk mempercepat startup Windows 7. Cara-cara tersebut mungkin bisa jadi tidak menunjukkan perubahan yang signifikan pada waktu startup. Sehingga manfaatkan kombinasi tips-tips yang ada untuk menemukan konfigurasi terbaik untuk mempercepat startup Windows 7 anda. Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , ,

11 Comments

Leave Comment
  1. Buce says:

    Hmm.. nice info :)
    tapi kenapa setelah Adjust for best performance berasa makin berat waktu minimize program desktop ya?

  2. Trims atas informasi yang bermanfaat

  3. Psycho says:

    Thx tipsnya gan mohon kunjungannya di Cuma Post

  4. aqlus salimi says:

    bisa pake tuneup utilities atau windows7 manager aja mas buat yang ga suka atau males oprek2 setingan windows…

  5. eri says:

    keren banget triknya, windows jadi ngebut dibuatnya…wuuz…:D

  6. Budi Gunarto says:

    Keserakahan saya adalah mengaktifkan seluruh (tanpa kecuali) fitur2 Windows mulai dari Games sampe XPS Viewer tanpa paham betul apakah itu sebenarnya diperlukan atau tidak. Akibatnya Windows Update aktif bekerja (saya online nonstop). Sampe saat ini tercatat ada 211 update-an yang sudah terpasang. Service2 Microsoft inilah yang saya yakini menjadi penyebab lambatnya loading Windows 7 Ultimate saya. Yang saya bingung, bagaimana mengetahui service2 yang umumnya tidak terlalu penting ? Saya bingung menonaktifkannya karena takut salah langkah. Mohon pencerahan. Thanks

  7. eProduk says:

    Udah ane coba gaaan, mantap sekarang jadi gak lemot lageee! Thanks

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.