7 Tips Pemrograman Web Lebih Cepat

7 Tips Pemrograman Web Lebih Cepat

Ada jutaan developer web di dunia ini, dan semuanya kini bisa terhubung melalui Internet. Berkat itu, ada banyak kemudahan yang dibuat seorang developer bagi…

Ada jutaan developer web di dunia ini, dan semuanya kini bisa terhubung melalui Internet. Berkat itu, ada banyak kemudahan yang dibuat seorang developer bagi developer lainnya. Tidak hanya dalam bentuk perangkat alat bantu, tapi juga ilmu dan trik khusus dibagi setiap harinya. Artikel kali ini adalah tentang beberapa tips dan trik, serta alat bantu untuk memprogram web lebih cepat dan efektif.

Mengapa Anda membutuhkannya? Sebab dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, paradigma proses pemrograman standar akan tertinggal. Anda akan jauh lebih lama membuat program web dari nol dibandingkan menggunakan dan menyusun perangkat-perangkat dasar menjadi program baru. Berikut ini tips dan trik yang bisa Anda ikuti.

  1. Percepat pembuatan HTML dengan Zen Coding
    Alat ini berbentuk plugin editor yang dapat sangat membantu Anda mempercepat pembuatan kode HTML, XML, XSL, dan berbagai kode dengan format struktural. Hanya dengan satu baris kode, Anda bisa membuatnya menjadi kode HTML lengkap dengan tag pembuka dan penutup. Contohnya, bila Anda ingin mempunyai struktur HTML seperti ini:

        <div id="container">
            <div id="contents">
                <ul id="nav">
                    <li></li>
                    <li></li>
                    <li></li>
                    <li></li>
                </ul>
            </div>
        </div>

    Maka Anda hanya perlu menuliskan di editor dalam satu baris:

    div#container>div#contents>ul#nav>li*4

    Setelah itu, plugin Zen Coding akan mengubahnya menjadi kode HTML secara otomatis. Dengan demikian, Anda dapat mempersingkat waktu untuk membuat halaman tampilan HTML. Plugin ini tersedia untuk berbagai editor seperti Notepad++, NetBeans, VIM, TextMate, dan sebagainya. Anda bisa melihat lebih lengkap dan mendownload di alamat http://code.google.com/p/zen-coding/.

  2. Manfaatkan jejaring sosial pemrograman
    Saat ini jejaring sosial pun tersedia untuk programmer pula. Di dalam jejaring sosial tersebut, ada banyak sekali repository kode program open source yang bisa dimanfaatkan, alih-alih membuatnya dari nol. Ada beberapa jejaring sosial kode program yang bisa Anda kunjungi dan aktif di sana, antara lain http://www.snipplr.com/, http://www.github.com/, http://www.forrst.com/, dan untuk portal Indonesia, Anda bisa mencoba mengunjungi http://www.codenesia.com/. Bahkan dari jejaring sosial tersebut, Anda bisa menemukan kode-kode pendek dan sederhana, namun sangat berguna dan mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.
  3. Gunakan tool untuk manajemen kode program
    Salah satu tool yang jarang diketahui oleh programmer Indonesia adalah version control system (VCS). Alat ini dapat menyimpan versi kode program sesuai yang diinginkan. Tujuannya adalah agar bila sewaktu-waktu Anda ingin mengembalikan bagian kode program ke versi sebelumnya, dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, VCS juga didesain untuk memudahkan kolaborasi antar tim. Beberapa VCS yang saat ini cukup banyak digunakan adalah SVN (Subversion), Git, dan Mercurial. Tool inilah yang membawa revolusi perkembangan kode program open source mendapat kontribusi dari programmer di seluruh dunia.

    TortoiseHg, salah satu tool yang menarik untuk dicoba

  4. Gunakan editor yang sesuai dengan Anda
    Setiap programmer pasti memiliki editor favoritnya masing-masing. Ada yang cukup menggunakan Notepad di Windows, ataupun Gedit di Linux. Namun ada pula yang membutuhkan editor besar seperti NetBeans maupun Eclipse di setiap saat membuat program. Pilihan Anda biasanya ditentukan atas alasan bahasa pemrograman apa yang Anda gunakan, sistem operasi apa, bentuk user interface-nya, dan fitur-fitur khusus lainnya.
    Beberapa hal perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih editor yang paling pas untuk Anda, seperti di bawah ini:

    • Apakah memerlukan tool untuk debugging?
    • Seberapa cepatkah editor harus berjalan di komputer Anda?
    • Seberapa mudahkah Anda menghafal shortcut editor tersebut?
    • Apakah Anda memerlukan tampilan GUI yang menarik disertai dengan editornya?
    • Apakah Anda membutuhkan editor yang bisa menampung ekstension seperti Zen Coding di atas?

    Dengan mempertimbangkan beberapa pertanyaan di atas, Anda bisa memilih dengan lebih bijak lagi editor apa yang cocok Anda gunakan. Anda juga dapat mempertimbangkan hal lain seperti support editor tersebut terhadap bahasa pemrograman yang Anda gunakan.

    Salah satu editor yang populer saat ini

  5. Menggunakan FireBug untuk prototyping dan debugging
    Khusus bagi developer yang setia menggunakan Mozilla Firefox, sebuah tool bernama FireBug akan sangat membantu Anda dalam membuat program web. Dengan FireBug, Anda bisa langsung membuat sebuah halaman website melalui browser Firefox. Selain itu, tersedia console untuk melakukan debugging. Terlebih lagi, Firebug dapat sangat membantu programmer Javascript dalam mempercepat proses pemrograman. Mengapa? Karena dengan menggunakan FireBug, Anda tidak perlu bolak-balik membuka editor, menyimpan kode program, membuka browser, refresh, mencari kesalahan, kemudian kembali lagi ke editor. Semua dilakukan di browser Firefox Anda. Anda bisa membaca tutorialnya pada artikel lama milik penulis.
  6. Sederhanakan urusan kompatibilitas browser dengan Prefixr
    Bagi programmer CSS, masalah klasik yang cukup rumit adalah mengatasi cross-browser compatibility. Salah satu akibat dari masalah ini adalah tampilan yang tidak sama antara satu browser dengan browser lainnya. Meskipun programmer sudah membuat kode CSS yang sangat indah di Firefox, bisa jadi di browser lain seperti Chrome akan tampil berbeda. Masalahnya, mempelajari perilaku setiap browser besar terhadap berbagai kode CSS akan sangat memakan waktu cukup banyak. Dengan Prefixr ini, Anda cukup mem-paste kode CSS Anda ke form yang tersedia di web http://prefixr.com/, kemudian klik tombol “Prefixe”, maka kode CSS Anda akan diupdate dengan penambahan kompatibiltas terhadap beberapa browser mayor di dunia.
  7. Gunakan library
    Seperti hukum alam pemrograman, membuat program setiap proyek mulai dari nol sangat-sangat memakan waktu Anda. Sebuah pepatah programmer mengatakan DRY! Artinya, Don’t Repeat Yourself. Jangan mengulang-ulang lagi hal yang tidak perlu diulang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan library-library yang beredar umum di Internet. Untuk programmer HTML, Anda bisa memanfaatkan HTML5 Boilerplate yang beralamat di http://html5boilerplate.com/. Untuk programmer PHP, ada banyak sekali framework yang bisa digunakan, salah satunya CodeIgniter. Untuk programmer CSS, juga tersedia banyak framework yang mempermudah Anda, seperti 960gs dan Blueprint CSS. Untuk programmer javascript pula, salah satu library yang paling banyak digunakan adalah jQuery. Gunakan library-library tersebut sesuai kebutuhan, dan bisa dibuktikan bahwa menggunakan library tersebut adalah pilihan yang lebih bijak daripada membuat dari nol.

Itulah beberapa tips yang diberikan penulis tentang bagaimana pemrograman web lebih cepat. Anda bisa menambahkan berbagai tips Anda sendiri di komentar di bawah ini. Apa editor favorit Anda? Library apa yang biasa Anda gunakan? Apa akun jejaring sosial coding Anda? Yuk, saling berbagi di sini.

Artikel ini dengan versi sebelumnya telah dipublikasikan Penulis di PC Mild edisi 18/2011.
Tag: ,

5 Comments

Leave Comment
  1. awakdro says:

    Masbro, tolong dong tutorial install plugin NppScripting pada Notepadd++, saya pingin pakai tapi bingung install’a gak mau2..

    mungkin bisa langsung ke email juga bisa.
    terima kasih atas bantuan anda.

  2. Edo says:

    tips yang oke gan, membantu banget

  3. paling enak, join proyek pakai GIT, 1 proyek bisa dicoding berjamaahn

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.