7 Website Keren Untuk Mencari Icon

7 Website Keren Untuk Mencari Icon

Dalam mendesain tampilan antarmuka sebuah website, icon sangat dibutuhkan untuk menjadi pemanis dan memperindah desain. Selain dapat memberikan sebuah ciri khas pada website tersebut,…

Dalam mendesain tampilan antarmuka sebuah website, icon sangat dibutuhkan untuk menjadi pemanis dan memperindah desain. Selain dapat memberikan sebuah ciri khas pada website tersebut, icon juga berfungsi sebagai elemen pengganti teks. Anda dapat mengganti sebuah link teks dengan icon, misalnya menggantikan link teks jejaring sosial facebook atau twitter.

Ada banyak website yang menjual icon-icon yang dipergunakan di dalam desain antarmuka sebuah website. Tetapi anda pun juga bisa mendapatkannya secara gratis tentunya dengan menyetujui lisensi yang diberikan oleh author atau sang pembuat icon. Biasanya Anda harus mencantumkan copyright dan link website dari sang pembuat icon tersebut. Berikut adalah 7 alternatif website untuk mencari icon :

Iconfinder

www.iconfinder.com

Iconfinder

Iconspedia

www.iconspedia.com

Iconspedia

FreeIconsDownload

www.freeiconsdownload.com

Freeiconsdownload

FindIcons

www.findicons.com

Findicons

IconArchive

www.iconarchive.com

Iconarchive

FreeIconsWeb

www.freeiconsweb.com

Freeiconsweb

WeLoveIcons

www.weloveicons.com

Weloveicons

Lisensi

Untuk menggunakan icon-icon tersebut Anda harus mengetahui dan menyetujui lisensi yang diberikan oleh sang pembuat icon. Berikut beberapa lisensi yang biasa digunakan :

Creative Commons

Creative Commons Attribution

Anda boleh menggunakan icon ini untuk keperluan komersil. Bebas untuk dibagikan dan diubah sesuai dengan tema desain Anda. Tetapi anda harus mencantumkan copyright, nama author atau licensor beserta link website-nya.

Creative Commons Attribution | Non Commercial

Anda hanya boleh membagi dan mendistribusikannya saja. Tidak untuk kepentingan komersil dan wajib mencantumkan copyright, nama author atau licensor beserta link website-nya.

WTFPL (Do What The Fuck You Want To Public License)

Anda bebas, sebebas-bebasnya dalam menggunakan icon ini, Just do what the fuck you want to!

GPL (General Public License)

Anda bebas menggunakan icon ini untuk proyek pribadi maupun komersil. Tidak perlu mencantumkan copyright.

Free for commercial use

Anda bebas menggunakan icon ini untuk proyek komersil. Dan biasanya author atau licensor meminta pencantuman copyright dan nama beserta link website-nya

Free for non-commercial use

Anda hanya boleh menggunakan icon ini untuk proyek pribadi saja tidak untuk yang bersifat komersil. Dan biasanya author atau licensor meminta pencantuman copyright dan nama beserta link website-nya

Free for personal use only

Hanya boleh dipergunakan untuk mengganti tampilan icon-icon pada desktop Anda. Tidak untuk proyek pribadi maupun komersil.

Penutup

Apakah anda mengetahui sumber website lainnya untuk mencari dan mengunduh icon-icon? Mari membaginya dengan menuliskannya di kolom komentar :)

Tag: , , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. Rizki says:

    Untuk yang : “Creative Commons Attribution

    Anda boleh menggunakan icon ini untuk keperluan komersil. Bebas untuk dibagikan dan diubah sesuai dengan tema desain Anda. Tetapi anda harus mencantumkan copyright, nama author atau licensor beserta link website-nya.” gimana kalau kita mengcopy gambar dalam bentuk media cetak, apakah harus mencantumkan copyright nama dan linknya?

  2. treecore says:

    Rizki : Yup seperti kata mas Saatul Ihsan :)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.