9 Aplikasi Keren untuk Proses Wireframe Website

9 Aplikasi Keren untuk Proses Wireframe Website

Tahap sketsa atau wireframe (istilah di dalam desain website) merupakan tahap yang penting dalam mendesain sebuah website. Karena lebih mudah dan cepat untuk mengkomunikasikan…

Tahap sketsa atau wireframe (istilah di dalam desain website) merupakan tahap yang penting dalam mendesain sebuah website. Karena lebih mudah dan cepat untuk mengkomunikasikan gagasan, membuat prototipe, menunjukkan esensi visual isi, hirarki dan tata letak sebuah website serta membantu untuk menunjukkan masalah potensial pada awal proses.

Dengan wireframe, proses revisi menjadi lebih efisien dan klien bisa dengan mudah memahami esensi visual sebuah website yang sedang kita kerjakan. Artikel ini merangkum 9 aplikasi terbaik untuk proses wireframe, baik itu sebuah aplikasi mandiri atau desktop, aplikasi berbasis web maupun add-ons browser. Jika anda mengetahui aplikasi wireframe lainnya, mari berbagi di komentar.

Lumzy 

lumzy

Lumzy adalah aplikasi untuk mockup atau prototipe dalam pembuatan website yang berbasis web. Dengan fitur-fitur lengkap, seperti : drag dan drop, kolaborasi secara real-time, kemudahan pengiriman mockup, simpan ke jpg atau png dan fitur print langsung. Lumzy bisa digunakan secara gratis, bila anda merasa puas dan sangat dibantu dengan aplikasi Lumzy ini, tidak ada salahnya untuk mendonasikan beberapa dollar :). Untuk Lumzy Versi Pro dapat diintegrasikan ke dalam host pada server anda sendiri untuk bekerja lebih privasi dan rahasia.

Frame Box

framebox

Frame Box adalah aplikasi gratis yang sederhana tapi powerfull untuk pembuatan sketsa dan wireframe. Frame Box berbasis web, cukup ketikkan framebox.org di browser anda dan langsung drag dan drop setiap elemen wireframe yang dibutuhkan. Sangat mudah sekali bukan? Daftarkan akun anda via google akun, facebook atau twitter untuk menyimpan dan memproteksi hasil wireframe anda dan juga untuk membuka fitur-fitur tambahan lainnya.

Creately

Creately

Creately adalah aplikasi berbasis web untuk membuat diagram, charts maupun wireframe sebuah website. Creately memberikan fasilitas free plan untuk 1 proyek dengan 5 diagram / wireframe, 1 user dan 3 kolaborator.

Mockingbird

Mockingbird

Mockingbird adalah aplikasi berbasis web dengan framework Cappuccino untuk membuat wireframe sebuah website atau aplikasi. Dengan antarmuka yang bersih dan user-friendly, fitur drag dan drop, halaman penghubung yang interaktif, dan kemampuan untuk dengan mudah berbagi wireframe dengan klien atau kolega menggunakan link langsung membuat Mockingbird menjadi salah satu aplikasi wireframe terbaik yang tersedia. Dengan berbasis web, anda dapat membuat dan berbagi wireframe dimana saja. Untuk free plan, Mockingbird memberi fasilitas 1 project, 10 buah wireframe dengan maksimal 2 user.

Hotgloo

Hotgloo
HotGloo adalah aplikasi berbasis web yang dirancang untuk membuat wireframe online yang fungsional untuk sebuah proyek website. Dengan tampilan antar muka yang rapi, bersih dan user-friendly, membuat dan berbagi wireframe dengan cepat, fitur kolaborasi real-time dan berbagi output dengan klien secara langsung, membuat HotGloo menjadi aplikasi yang terbaik untuk pengerjaan sebuah proyek website profesional. HotGloo memberikan fasilitas free-trial untuk 1 proyek dengan 5 halaman wireframe dan 1 user.

Pidoco

Pidoco
Pidoco adalah aplikasi berbasis web untuk merancang sebuah prototipe antar muka sebuah website, interaktif wireframe, aplikasi mobile dan enterprise. Pidoco memberi kemudahan untuk pengguna dengan fitur drag dan drop, fitur kolaborasi dan berbagi hasil rancangan secara cerdas untuk klien atau kolega. Pidoco memberi kesempatan free-trial selama 31 hari cukup hanya dengan registrasi saja.

Mockflow

Mockflow
Mockflow adalah aplikasi wireframe untuk desktop (Windows dan Mac). Sebelum install mockflow, anda harus meng-install Adobe Air terlebih dahulu. Dengan fitur yang lengkap, seperti : chatting, kolaborasi real-time, quick share, dan lain sebagainya, Mockflow memberikan versi free sampai dengan lima buah wireframe.

Simple Diagrams 

Simple Diagrams
Simple Diagrams adalah aplikasi desktop kecil yang membantu Anda untuk menuangkan ide-ide, menyusun suatu proses dan untuk menggambar sketsa / wireframe  dengan cepat. Simple Diagrams dikembangkan di dalam platform Adobe AIR, sehingga anda harus meng-install aplikasi Adobe AIR terlebih dahulu. Simple Diagrams berjalan lancar di Mac, Windows dan Linux. Untuk mendapatkan versi lengkapnya, anda dapat membelinya seharga $25 via PayPal.

Prototyper

Prototyper
Prototyper adalah aplikasi desktop (Windows dan Mac) untuk membuat prototipe sebuah website maupun aplikasi mobil (iPhone, iPad dan Android) secara interaktif dan kaya. Prototyper free edition memberikan fitur-fitur : wireframe dan halaman tidak terbatas, widget yang interaktif untuk iPhone, iPad dan Adroid (4.0), fitur interaktif untuk wireframe aplikasi web dan interaksi link secara penuh. Untuk Prototyper pro edition memberikan lebih banyak lagi fitur-fitur yang kaya dan bisa dicoba tes secara gratis selama 30 hari.

Kesimpulan

Masih banyak sumber lain yang bisa dibuat jadi acuan, namun demikian apa yang kami paparkan diatas adalah aplikasi yang umumnya digunakan oleh para desainer. Jika Anda mempunyai rujukan lain, maka kami nantikan komentar dan timbal baliknya, guna memperkaya referensi kita, dan Anda tentunya.

Tag: , , , , ,

22 Comments

Leave Comment
  1. Zandi says:

    Wah, list wireframe tools yang keren abis! Balsamiq http://www.balsamiq.com/ ini mantep bos, ane masih make ampe sekarang :D

  2. Saatul Ihsan ihsan says:

    Cara bikin websitenya yang susah kk :D

  3. Nikita says:

    Minta dibikinin tutorialnya make salah satu toolsnya boleh gak? yang paling gampang aja.. pengen belajar nih kak :)

  4. mumolabs says:

    ada yg gratisan selamanya nggak? wahahaha
    nice post bro!

  5. didik says:

    Jaman sekarang sudah semakin dimudahkan untuk desain web ya, tool nya banyak :D

  6. wiibawell says:

    wenaaaaaaaaak :D hehehe,., uda pernah nyoba yang lumzy tuh, tapi buat merealisasikan nya kek gimana hayo mas :P

  7. blog says:

    info yang sangat bermanfaat juragan

  8. Dadan says:

    Artikelnya bermanfaat banget, terima kasih dan salam kenal :)

  9. treecore says:

    @dadan sama2 bro.. salam kenal juga :)

  10. agung says:

    mas..ada ng software wireframe yang digunakan untuk membuat antarmuka khusus anak

  11. ralali says:

    kirain cuma dream weaver, ternyata ada yang lebih keren yah, terimakasih sharenya gan

  12. Kalo ane biasanya cuman menggunakan Photoshop aja :D
    Atau lebih gampangnya kita pakai framework css seperti Bootsrap atau Foundation, lebih gampang dioptimize dan responsive :p

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.