9 Aplikasi Online untuk Memilih Skema Warna

9 Aplikasi Online untuk Memilih Skema Warna

Sebagai seorang desainer khususnya desainer website, manajemen pemilihan skema warna wajib menjadi bagian yang integral dalam alur kerja anda. Dengan pemilihan skema warna yang…

Sebagai seorang desainer khususnya desainer website, manajemen pemilihan skema warna wajib menjadi bagian yang integral dalam alur kerja anda. Dengan pemilihan skema warna yang tepat dapat membantu memperkuat identitas sebuah website.

Proses pemilihan skema warna sebelum memulai sebuah desain website membantu proses desain menjadi lebih efisien. Anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengutak-atik color gradient dan warna di panel swatches di Photoshop. Berikut adalah 9  aplikasi online yang dapat membantu anda untuk memilih skema warna dimana pun Anda berada.

Colourlovers

Colurlovers

Colourlovers adalah sebuah website komunitas online kreatif di mana orang dari seluruh dunia membuat dan berbagi warna, palet dan pattern, membahas tren-tren terbaru dan mengeksplorasi warna-warni. Dengan sebanyak satu juta sembilan ratusan member yang aktif, colourlovers sudah mendokumentasikan sebanyak lima juta lebih warna, dua juta lebih palet warna dan dua juta lima ratus lebih pattern.

Kuler

Kuler

Kuler adalah salah satu aplikasi online gratis terbaik yang dibuat oleh Adobe untuk pemilihan skema warna. Dengan tampilan antarmuka yang ciamik, memberikan kemudahan untuk mengeksplorasi ribuan palet warna, membuat sebuah palet warna, berinteraksi dengan member kuler lainnya dan membuat sebuah tema warna dari gambar yang sudah diupload.
Kuler dapat di-install ke desktop anda tentunya harus dengan meng-install Adobe AIR terlebih dahulu. Selain itu Kuler juga terintegrasi dengan aplikasi grafis produk-produk Adobe lainnya seperti: Photoshop, Illustrator, Fireworks dan lain-lain.

Color Scheme Designer

Color Scheme Designer

Color Scheme Designer memiliki tampilan antarmuka yang bagus dengan roda warna sebelah kiri dan preview hasil warna pada sebelah kanan. Anda dapat dengan mudah memilih sebuah skema warna  berdasarkan teori warna komplemen, momochromatic, triad, dan lain-lain dalam hitungan detik. Hasil skema warna tersebut dapat di-export dalam bentuk file ACO (palet warna untuk Photoshop) dan GPL (palet warna untuk GIMP).

Color Explorer

Color Explorer
Color Explorer adalah aplikasi gratis untuk pemilihan skema warna yang dikembangkan oleh Kim Jensen (port80.biz). Color Explorer memiliki beberapa fitur yang mengesankan, seperti Color Picker, Color Libraries, Color Matching dan Analysis & Conversion. Jika Anda seorang desainer profesional dan seorang ahli warna, aplikasi yang satu ini adalah untuk Anda.

Toucan

Toucan
Toucan merupakan aplikasi online skema warna gratis yang dikembangkan oleh aviari. Gunakan roda warna interaktif untuk membuat skema warna dengan cepat dan memilah-milah skema yang cocok dari fitur teori warna yang dibangun di dalam Toucan. Seperti Color Scheme Designer, Toucan juga dilengkapi dengan simulator buta warna yang mendukung semua jenis utama dari buta warna.

Colorotate

Colorotate
Colorotate bisa disebut dengan versi life 3D dari Kuler. Dengan tampilan roda warna tiga dimensi, Colorotate memberikan rasa fun untuk bereksplorasi dalam memilih sebuah skema warna. Colorotate juga menyediakan plug-in untuk Adobe Photoshop dan Fireworks dengan harga sebesar $9.

Sphere

Color Sphere
Color Sphere dulu dikenal dengan nama Color Jack. Color Sphere fokus dengan kesederhanaan. Dengan sebuah bola warna interaktif, beberapa fitur teori formula warna dan bisa langsung diekspor ke Photoshop atau Illustrator, cocok untuk anda yang tidak ingin terlalu ribet untuk menjadi member maupun harus browsing ribuan palet warna.

Pictaculous

Pictaculous
Pictaculous dikembangkan oleh para developer dari MailChimp. Aplikasi online ini cukup simpel, hanya dengan meng-upload gambar dan secara otomatis anda akan mendapatkan skema warna dari gambar tersebut dan bisa disimpan dalam format file ACO (Photoshop Swatch file).

Colorspire

Colorspire
Colorspire adalah sebuah aplikasi online skema warna yang sederhana, tidak ada tampilan antarmuka yang wah. Colorspire hanya cukup untuk membantu anda dalam membangun sebuah skema warna dengan lima warna saja. Colorspire menyediakan preview tampilan warna yang cukup bagus yang dapat diaplikasikan ke dalam tampilan kerangka dasar sebuah website.

Kesimpulan

Dengan sembilan aplikasi online untuk pemilihan skema warna diatas, tidak bisa dipungkiri bahwa proses penentuan sebuah warna dalam mendesain menjadi hal yang wajib dan penting. Bila anda terbiasa menggunakan salah satu aplikasi online diatas maupun aplikasi lainnya bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar dibawah ini. Sharing is caring, right :)

Tag: , , , , ,

4 Comments

Leave Comment

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.