9 Aplikasi Web Keren Untuk Melihat Foto Instagram

9 Aplikasi Web Keren Untuk Melihat Foto Instagram

Instagram merupakan aplikasi mobile untuk berbagi foto yang menjadi fenomenal setelah dibeli oleh Facebook sebesar satu milyar dollar. Instagram dirilis oleh dua orang developer…

Instagram merupakan aplikasi mobile untuk berbagi foto yang menjadi fenomenal setelah dibeli oleh Facebook sebesar satu milyar dollar. Instagram dirilis oleh dua orang developer jebolan Universitas Stanford pada tanggal 6 Oktober 2010 dan pertama kali hadir melalui platform iOS (untuk iPhone). Setelah Instagram merilis aplikasinya di platform Android pada bulan april lalu yang menuai banyak kecaman dari para pengguna Instagram (Instagramer) dari iPhone (khususnya bagi para Apple Fanboy yang fanatik) kini Instagram telah mencapai 50 juta pengguna di seluruh dunia.

Selain jumlah filter fotonya yang masih sedikit, kekurangan Instagram lainnya adalah tidak adanya fitur maupun fasilitas resmi dari Instagram untuk melihat seluruh foto-foto kita melalui website dan Instagram hanya memberikan sebuah link website yang langsung menampilkan landing page website sebuah foto.

Hal inilah yang membuat banyak developer berlomba-lomba membuat sebuah aplikasi pihak ketiga yang berguna untuk melihat foto-foto di Instagram. Didukung dengan keterbukaan API (Application Programming Interface) yang diberikan oleh Instagram, para developer kini dengan leluasa dapat berkreasi dalam menciptakan aplikasi-aplikasi pendukung yang berbasis web untuk para Instagramer. Berikut 9 aplikasi berbasis web yang sangat berguna dan memanjakan para Instagramer.

Copygram

copygram

Tampilan copygram

Copygram adalah salah satu aplikasi web terbaik untuk melihat foto-foto di Instagram. Anda dapat dengan mudah melihat-lihat dan mengeksplorasi foto-foto yang lagi populer di Instagram tanpa harus daftar atau memiliki akun. Jika Anda login atau masuk ke Copygram dengan akun Instagram Anda, maka akan mendapatkan fitur untuk mem-backup foto-foto hasil jepretan Anda di Instagram ke dalam harddisk komputer.

INK361

INK361

Tampilan INK361

INK361 menampilkan desain antarmuka yang rapi, simpel dan khas web 2.0. Anda dapat dengan mudah mengeksplorasi foto-foto dengan memilih menu yang iconic pada navigasi bar di posisi atas sebelah kanan. Fitur yang sangat menarik pada INK361 selain layanannya untuk mencetak foto-foto di Instagram, INK361 juga menyediakan beberapa tool untuk membuat Facebook timeline background, Twitter background, iPad wallpaper dan Instagram gallery button secara otomatis, tinggal klik-klik saja.

Extragram

Extragram

Tampilan Extragram

Satu lagi aplikasi web untuk Instagramer yang sangat bagus pada tampilan desain antarmukanya. Hampir sama seperti INK361, selain menggunakan tema warna abu-abu gelap, Extragram juga menempatkan menu-menunya di sebelah kanan atas. Extragram lebih simpel daripada Copygram dan hanya satu fitur istimewanya yaitu menu discover yang dapat menganalisa tag yang lagi populer pada Instagram dan memberikan saran para Instagramer terkenal dari kalangan artis, aktor, musisi, atlet dan lain-lain untuk di-follow.

Webstagram

Webstagram

Tampilan Webstagram

Webstagram adalah aplikasi web untuk Instagramer dengan fitur-fitur yang sangat lengkap. Anda dapat melihat foto-foto Instagrammer yang anda follow, memberi like, meninggalkan komentar, mem-follow maupun unfollow Instagramer lainnya dan juga browsing foto-foto yang lagi populer. Fitur terbaik dari Webstagram adalah menu “Photo of the Day”, Webstagram akan memilih satu foto terbaik hasil dari Instagramer di seluruh dunia dan anda dapat melihat foto-fotonya baik foto yang terbaik hari ini maupun hari-hari sebelumnya. It’s awesome! melihat hasil karya yang instan tapi begitu memiliki nilai seni setiap harinya.

Pingram

Pingram

Tampilan Pingram

Bagaimana ya rasanya melihat foto-foto Instagram tampil seperti website yang lagi hotPinterest”? Pingram lah jawabannya. Dengan tampilan desain antarmuka web dan penggunaannya yang menyerupai Pinterest, Pingram juga memberikan fitur istimewa yaitu menu “Map” yang akan menampilkan aktivitas Instagramer yang berbagi foto-fotonya di area 1 km dari posisi Anda berada. Anda juga bisa mengeksplorasinya lagi dengan memilih lokasi manapun dari gambar map yang telah disediakan oleh Pingram.

Followgram

Followgram

Tampilan Followgram

Followgram lebih sederhana dari aplikasi web untuk Instagramer lainnya. Selain hanya menampilkan feed foto-foto dari Instagramer yang kita follow dan foto-foto yang lagi populer, Followgram memberikan page khusus untuk akun Instagram Anda yang disebut dengan vanity page, contohnya “http://followgram.me/treecore/”. Followgram juga menyediakan layanan akun Pro yang berbayar untuk personal maupun brand, tentunya ada fitur-fitur khusus yang akan diberikan.

Gramfeed

Gramfeed

Tampilan Gramfeed

Gramfeed juga terbilang sederhana untuk ukuran sebuah aplikasi web pihak ketiga untuk Instagram. Cukup dengan hanya menampilkan feed foto-foto, foto yang lagi populer dan profil Instagramer. Fitur yang cukup menarik dari Gramfeed adalah konten Map yang diletakkan di layout utama desain antarmuka website-nya, walau fitur ini pun sudah disediakan oleh Pingram.

Instagrid

Instagrid

Tampilan Instagrid

Seperti juga Followgram, Instagrid juga memberikan fitur vanity page setelah mendaftarkan akun Instagram anda. Tampilan desain antarmuka vanity page-nya Instagrid lebih rapi dan enak dilihat. Selain itu Instagrid juga menyediakan layanan “Subscribe” untuk berlangganan foto-foto dari Instagramer yang anda follow langsung ke inbox e-mail anda. Dan juga layanan untuk mencetak foto-foto Instagram anda melalui Printstagram.

Instagreat

Instagreat

Tampilan Instagreat

Satu lagi aplikasi web untuk Instagramer yang sangat simpel, cukup daftar dengan akun Instagram anda maka Instagreat akan otomatis menampilkan feed foto-foto seperti slider (bergerak dan menampilkan satu foto yang besar sebagai foto utama).

Penutup

Cukup banyak layanan pihak ketiga Instagram yang sangat membantu Anda untuk menikmati pengalaman-pengalaman dalam menggunakan aplikasi Instagram. Bagaimana pengalaman anda sendiri dalam menggunakannya? atau ada layanan aplikasi web lainnya yang Anda ketahui? mari berbagi melalui komentar, Don’t think just shot! :)

Tag: , , , , ,

12 Comments

Leave Comment
  1. titasya says:

    whoaaa keren bangeeet. Jadi kepingin punya iPhone kan :P #salahfokus

  2. Johan Jogja says:

    Wah mantep dab! ane emang butuh banget buat nge-backup foto2 instagram ane. Copygram cucok dehhhh..

  3. kunico says:

    kereennnnnnnnnn

  4. Aria says:

    Cuman mau ngasi tau teman-teman yg belum tau aja, kalo yang udh tau ya alhamdulillah ni ada tool photo online gak kalah sama instagram “befunky.com” coba teman-teman lihat semoga bermanfaat :)

  5. treecore says:

    FYI : Instagram sudah mengeluarkan Photo Preview Resminya. Bisa dicoba dengan menuliskan http://instagram.com/(nama akun instagram-mu) punya ane : http://instagram.com/treecore

  6. chacha says:

    yachh,,aku pgeen bgttt bs,,tapi gg tau caranya,,heft

  7. shalsaabilaa says:

    aku suka banget instagram!!!(● ㉦ ●)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.