9 Shortcut Menarik di Windows 7 (Bagian 2)

9 Shortcut Menarik di Windows 7 (Bagian 2)

Melanjutkan artikel di edisi yang lalu tentang 10 shortcut keyboard di Windows 7, edisi ini saya akan membagikan 10 trik shortcut keyboard lanjutan lagi….

Melanjutkan artikel di edisi yang lalu tentang 10 shortcut keyboard di Windows 7, edisi ini saya akan membagikan 10 trik shortcut keyboard lanjutan lagi. Pada edisi yang lalu shortcut lebih banyak berjalan di desktop dan untuk kali ini shortcut keyboard berguna di Windows Explorer.

Alt + Arah atas (up)

Shortcut ini berfungsi untuk navigasi ke folder satu tingkat di atasnya. Ini berguna jika suatu saat kita membuka folder pada direktori yang cukup dalam dan shortcut ini mempermudah kita untuk kembali ke folder di atasnya.

Shift + Del

Menghapus file di Windows biasanya akan ditampung dulu di Recycle bin dengan tujuan seuatu saat dapat di kembalikan jika memang dibutuhkan. Tapi apabila penghapusan file secara permanen tanpa harus ditampung di Recycle bin terlebih dahulu, kombinas Shift + Del adalah jawabannya.

Permanently Delete

Permanently Delete

Berhati-hatilah menggunakannya karena file yang sudah dihapus maka akan sulit untuk dikembalikan.

Shift + F10

Kombinasi Shift + F10 berfungsi untuk membuka contextual (klik kanan) menu suatu file atau folder. Gunanya mempercepat akses terutama jika kita mengetahui opsi mana yang akan kita pakai dalam menu itu.

Popup Menu

Popup Menu

Adakalanya keyboard memiliki tombol khusus yang berfungsi sama dengan kombinasi shift + F10. Keduanya dapat dipakai, dan Anda yang bisa menentukan mana yang lebih nyaman penggunaannya.

Ctrl + Shift + N

Kombinasi Ctrl + Shift + N ini berguna untuk membuat folder baru. Dengan menggunakan kombinasi tombol ini, kita dapat menghemat waktu untuk membuat folder baru tanpa harus menavigasikan ke menu atau toolbar di Windows Explorer.

Alt + Enter

Alt + Enter berfungsi untuk membuka file properties suatu file atau folder yang di dalamnya berisi seperti ukuran file, tanggal akses, dan lainnya.

File Properties

File Properties

F2

Tombol fungsi pada keyboard juga bisa menjadi shortcut termasuk tombol F2. Tombol ini berguna untuk melakukan rename pada file atau folder. Tak hanya di Windows, hampir di seluruh platform komputer tombol ini sudah menjadi standar untuk file renaming.

F3

Tombol fungsi lainnya yang bisa digunakan adalah F3 untuk menavigasikan search bar di Windows Explorer.

F3 Action

Search Bar

Ini bisa mempermudah kita jika ingin melakukan pencarian suatu file khususnya di tumpukan file yang sangat banyak.

F6

Pada Windows Explorer, tombol fungsi ini akan menavigasikan fokus ke location bar, option bar, panel kanan, dan panel kiri secara bergantian. Adakalanya fungsi ini juga bisa digunakan di aplikasi lainnya.

F10

Tombol fungsi ini menavigasikan fokus ke menu bar pada Windows Explorer. Kemudahan yang didapat adalah kita dapat mempercepat akses ke menu bar jika suatu saat kita membutuhkan opsi-opsi yang ada pada menu tersebut.

Toggle Menu

Toggle Menu

Penutup

Semakin banyak shortcut keyboard yang kita ketahui maka pekerjaan kita akan menjadi leih efektif karena shortcut dapat mempercepat akses pada suatu aplikasi. Tak mudah memang beralih dari mouse ke shortcut keyboard karena pengaruh kebiasaan, tapi jika kita mulai membiasakan diri lama-lama akan terbiasa juga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Symbian Zone says:

    Artikelnya cukup menarik dan berguna

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.