9 Website E-Contest untuk Freelancer Desain Grafis

9 Website E-Contest untuk Freelancer Desain Grafis

Dunia desain grafis seakan tidak mau kalah pamor dengan dunia teknik informasi yang saat ini sedang booming. Setiap produk baik produk fisik seperti package,…

Dunia desain grafis seakan tidak mau kalah pamor dengan dunia teknik informasi yang saat ini sedang booming. Setiap produk baik produk fisik seperti package, business card, logo, T-shirt, maupun produk maya seperti web-design, template, web app serasa seperti ‘sayur tanpa garam’ apabila tidak menggunakan desain grafis.

Desain grafis sudah menjadi bagian dari strategi sukses dalam memasarkan produk, dan dunia sedang mencari Anda sebagai desainer grafis profesional. Menariknya, pada era informasi seperti saat ini banyak desainer grafis profesional yang menggunakan cara bekerja lepas atau freelance sebagai metode bekerja yang efektif dan efisien. Mungkin Anda salah satunya. Namun permasalahannya adalah, bagaimana dunia bisa mengerti kemampuan desain Anda saat ini? Sudahkah dunia mereview dan appreciate hasil karya Anda?

Pada artikel BisaKomputer kali ini, penulis mereview beberapa web e-contest yang sudah memiliki beberapa client baik individu maupun perusahaan besar, dan desainer mulai dari newbie sampai professional.

99designs.com

99Designs

Didirikan oleh Mark Harbottle, Locked Lachlan, dan Paul Annesley pada Februari, 2008. Sempat mendapat sebutan #1 online marketplace for crowdsourced graphic design semenjak tahun 2008. 99designs menyediakan e-contest logo, business card, brocure, web app, dan masih banyak kontes yang bisa Anda ikuti secara gratis. Anda juga bisa menjual logo karya Anda di Logo store dengan mudah. Uniknya, 99designs sekarang mem-boosts kreatifitas desainer tidak hanya dengan reward yang fantastis saja, tetapi juga dengan mem-promote Anda sebagai Gold Designer apabila Anda terbukti kreatif, aktif, dan produktif. So, jangan takut bagi Anda yang masih merasa newbie, karena ajang kontes sangatlah bagus untuk dijadikan bahan pembelajaran, karena kita akan berhadapan dengan para desainer top di dunia, dan untungnya lagi, secara gratis Anda bisa mendapat review dari mereka. Apabila Anda menang, pencairan hadiah bisa melalui Paypal, moneybooker, western union.

Mycroburst.com

MycroBust..com

Hampir sama dengan 99designs, hanya saja microburst memiliki satu kelemahan dibanding dengan 99designs. Mycroburst kurang interaktif dalam menampilkan description e-contest kepada desainer. Tetapi jangan pandang sebelah mata dulu. Mycroburst bisa dijadikan bahan latihan bagi para newbie desainer grafis. Mengapa? Disebabkan karena Mycroburst kurang memberikan aturan-aturan ketat pada klien diawal, sehingga desainer bisa dengan “asal” memasukkan karyanya.Karya Anda di microburst bisa menjadi portfolio online Anda untuk semakin melebarkan sayap Anda di dunia desain grafis.

Logotournament.com

LogoTournament

Takjub! Kenapa? Apabila Anda masuk pada tab Designers, Anda akan menemukan desainer Indonesia pada rank 1, dan tidak hanya itu, hampir semua desainer di logotournament berasal dari Indonesia. Semakin bangga bukan menjadi orang Indonesia? :D

Di logotournament, perbedaan yang paling mencolok adalah fitur penghargaannya yang kuat. Anda akan dihargai dengan rank dari yang paling tinggi yakni Gold, Silver, Bronzes, dan Finalist di rank terendah. Logotournament menurut penulis aturan mainnya lebih strict daripada 99designs, jadi sebelum Anda memasukkan karya Anda, bacalah dahulu aturan mainnya.

Sribu.com

sribu

Website e-contest satu ini asli buatan Indonesia, jadi sudah pasti reward yang diberikan dalam bentuk rupiah. Sribu.com masih tergolong baru, sehingga masih sepi akan klien. Tetapi setiap ada klien, selalu ramai dengan para desainer Indonesia. Wah, sekali lagi kita harus berbangga menjadi desainer Indonesia :D

Fiverr.com 

fiverr

Website yang tergolong unik ini akan membayar jasa yang Anda post seharga 5$(lebih tepatnya 4$) apapun itu jasa yang Anda post. Memang sangat sedikit bagi Anda yang mungkin seorang professional. Penulis sudah mencoba iseng di fiverr.com dan mendapatkan 16$. Tips bagi Anda yang ingin serius di fiverr, buatlah jasa yang benar-benar unik, sulit ditiru, dibutuhkan, dan konsistenlah pada ketiga hal tersebut. Banyak success story yang bisa Anda lihat pada blog fiverr.

Freelancer.com 

Freelancer

freelancer.com tidak hanya menyediakan e-contest, pada awalnya freelancer adalah tempat dimana kita bisa bid(menawarkan) jasa dan kemampuan kita pada projek yang di post oleh klien. E-contest pada freelancer sama seperti microburst, kurang interaktif seperti 99desings dalam menyampaikan description contest, dan juga masih penuh akan fake contest sehingga pamornya mulai menurun. Namun, freelancer masih menjajikan reward yang lumayan besar apabila kita ikut berpatisipasi dalam e-contest –nya.

Gantibaju.com

gantibaju

Sebenarnya website buatan  Indonesia ini lebih bisa dikatakan sebagai tempat online shop. Namun, penulis menemukan adanya e-contest yang berupa projek desain kaos. Berbeda dengan e-contest lainnya, disini penilaian sangatlah subjektif, jadi siapapun bisa nge-vote desainer yang mempost karyanya disini.

Donanza.com

Donanza

Website ini sebenarnya lebih condong pada website portal, dimana donanza.com mengumpulkan projek-projek dari internet seperti 99designs, freelancer, microburst dan bisa diakses desainer di websitenya(donanza.com). Selain itu donanza juga memberikan tempat portfolio online juga.

Designcontest.com 

Hampir sama seperti website penyedia e-contest lainnya. Karena website ini sudah berdiri lama, maka kebanyakan desainer-desainernya sudah expert dan jarang yang newbie.

Penutup 

“Banyak jalan menuju roma”, banyak sekali cara kita untuk menyalurkan bakat dan kemampuan kita terutama di desain grafis. Selain itu banyak para freelancer desain menggunakan ajang kontes untuk dijadikan bahan mengasah kemampuan diri, tidak hanya untuk tujuan ekonomis saja. Sebagai desainer professional, mindset yang harus ditanamkan dari awal bukanlah uang, tapi klien.

Carilah klien dahulu, maka uang dan ilmu akan mengikuti perjalananmu sebagai freelancer. Good luck!

Tag: , , , ,

20 Comments

Leave Comment
  1. titasya titasya says:

    wah artikelnya keren banget nih :D sebenernya masih ada lagi kayak elance[dot]com itu, odesk juga :D

  2. antok says:

    weh kalo saya ga pernah ikut kyk gitu. englishnya kacau sih :D

  3. Ronron saif Ronron saif says:

    Langsung meluncur ke TKP… :D

  4. treecore says:

    Mantapppp…

  5. Tony Midi says:

    maju terus bisakomputer,, :3

  6. Nurlaily says:

    Thanks a lot informasinya :D

  7. aalwiee says:

    thanks infonya… :D

  8. kinoesalak says:

    nice info gan , yang paling saya recomd 99 design aja, designernya juga banyak yg dari indonesia gan. and keep posting aja gan heheh :D

  9. luyo says:

    Ora tau menang,kakean saingan

  10. luyo says:

    Ora tau won,kokean saingan

  11. hon says:

    gan aku bingong carane submit design nag logotounament

  12. indra wahid says:

    Terima kasih infonya. cuman yah harus diperbarui dikit soal sribu,com. sudah banyak klien yang percaya dengan situs itu mas.

    any way, follow me on :
    Twitter : @IndraDesainer
    Fanpage : facebook.com/IndraWahidDesainer
    Google + : Indra Wahid

    Blog : indrawriter.wordpress.com
    Portfolio : indrawahid.wordpress.com

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.