Apakah SEO Hanya Trafik Pengunjung? #2

Apakah SEO Hanya Trafik Pengunjung? #2

Sekali lagi saya ingatkan bahwa SEO adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam membangun jumlah pengunjung yang besar. Apalagi jika Anda…

Sekali lagi saya ingatkan bahwa SEO adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam membangun jumlah pengunjung yang besar. Apalagi jika Anda menjalani bisnis online, tentu SEO adalah bagian yang tak terlepaskan dalam bisnis tersebut.

Sebelum Anda membaca tulisan dalam artikel ini, hendaknya Anda membaca bagian satu yang berjudul sama Apakah SEO Hanya Trafik Pengunjung?. Seperti janji saya pada tulisan terdahulu bahwa kali ini kita akan membahas tentang pentingnya membangun returning visitor.

Apa itu Returning Visitor?

Returning visitor adalah Pengunjung web/blog anda yang berkunjung kembali ke web/blog anda yang kedua kalinya. Dalam bahasa saya, sering kali saya bahasakan dengan sebutan “pengunjung setia” Tapi istilah yang saya gunakan itu tidak sepenuhnya benar, jadi memang lebih tepat dibahasakan sebagai pengunjung yang kembali mengunjungi web/blog setelah kunjungan pertama.

Jika Anda menggunakan google analytic untuk menganalisa statistik kunjungan di web/blog Anda, maka menu returning visitor ini akan tampil dibagian depan pada laporan standar. Biasanya menu ini ditampilkan dalam bentuk persentase dan dibawahnya terdapat keterangan jumlah returning visitor.

Kenapa Returning Visitor Penting?

Beberapa minggu yang lalu ada salah seorang teman yang membuka diskusi tentang pentingnya perbanyak artikel dalam sebuah web/blog dan menganggap SEO tidak penting. Seperti biasa, jawaban pun beragam. Namun yang cukup menarik dari diskusi tersebut adalah tentang pandangan teman yang justru sangat mementingkan SEO dan mengesampingkan hal yang telah diungkapkan oleh si pembuka diskusi. Pandangan yang memetingkan SEO dan mengasimpingkan artikel biasanya akan memberikan bukti berupa jumlah artikel tidak sampai ratusan dan dalam waktu yang singkat bisa meraih ribuan uniq visitor/day , tentu dengan kualitas tulisan yang tidak bagus-bagus amat. Coba tanyakan ke mereka berapa returning visitornya, berapa bounce rate dari per 30 detik, berapa average duration?. Saya tidak yakin jawabanya akan sebagus jumlah visitor/day yang sebelumnya bisa membuat mental teman-teman seperti si pembuka diskusi tadi akan merasa ciut. Karena untuk konsisten menerbitkan artikel setiap hari butuh kerja keras.

returning-visitor

Untuk mengukur tingkat keberhasilan Anda dalam menerapkan strategi SEO bisa juga dilihat dari sisi returning visitor. Lalu mana lagi untungnya? Ya tentu saja kepada pengiklan, Anda akan mempunyai daya tawar yang lebih tinggi kepada pengiklan karena Anda punya pengunjung yang secara konsisten kembali untuk membuka web/blog Anda. Dari sini sudah bisa dilihat betapa penting dan bermanfaatnya web/blog tersebut di sisi pembaca.

Dilain sisi mungkin kita bisa beranggapan bahwa dengan lebih banyak returning visitor dibanding dengan new visitor, maka itu merupakan cerminan dari tidak berhasilnya strategi SEO dalam menjaring pengunjung baru. Dari sini akan timbul simala kama jika Anda kurang cermat memahaminya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Returning Visitor?

Ada banyak cara untuk meningkatkan returning visitor, salah satunya adalah dengan membuat artikel yang bermanfaat bagi pembaca, sehingga mereka akan selalu berkunjung kembali untuk membaca artikel menarik lainnya. Untuk membahas cara meningkatkan returning visitor lebih mendalam, akan saya bahas di edisi SEO senin depan tanggal  10-12-12. So, pastikan Anda tidak melewatkan setiap bagian dari artikel SEO yang terbit tiap hari senin.

Tag: , ,

8 Comments

Leave Comment
  1. berbol says:

    wah pengen punya returning visitor yg banyak,,,:)

  2. Saya sudah praktek kan gan, untuk pelanggan setia saya selalu buat orang penasaran sehinga harus kembali ke website ane http://www.kebunbibit.com

    1 dengan cara kuis berhadiah cari kata yang tersembunyi dalam page
    2 saya kan online store, kalo mau masukkan order atau komunikasi harus lewat website, mau ga mau ya kembali lagi

  3. thanks gan, sangat bermanfaat. kebetulan newbie

  4. Rushinform says:

    jadi returning visitor ini kaya pengunjung blog yang setia ya gan :D
    semoga new visitor sama returningnya terus meningkat lah gan.
    nice artikel (y)

  5. Erress says:

    artikelnya bagus, singkat , padat, dan jelas…memberi info yang bagus buat saya yang baru merintis website, terima kasih…

  6. sangat bermanfaat gan, saya banyak mendapat masukan dari artikel2 anda.
    trima kasih sudah berbagi.. :)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.