Aplikasi Keren Untuk Simpan dan Baca Konten Website

Aplikasi Keren Untuk Simpan dan Baca Konten Website

Bagi sebagian besar orang-orang yang aktif ber-internet (netizen), menikmati konten-konten di berbagai macam website terutama membaca artikel dengan cara yang lebih mudah dan nyaman…

Bagi sebagian besar orang-orang yang aktif ber-internet (netizen), menikmati konten-konten di berbagai macam website terutama membaca artikel dengan cara yang lebih mudah dan nyaman tentulah menjadi dambaan. Browser besutan Apple yakni Safari versi 5 keatas sudah memiliki fitur untuk mode membaca (reader mode) yang mampu untuk me-render tampilan sebuah artikel dalam website menjadi lebih rapi seperti layaknya layout sebuah buku. Tetapi itu pun masih dirasa kurang maksimal, kita masih perlu untuk terhubung dengan koneksi internet.

Ada beberapa fitur yang wajib untuk dipenuhi bagi sebuah aplikasi “content reader” seperti : tidak perlu menunggu loading sebuah artikel di website sampai selesai membuka seluruh tampilannya termasuk iklan-iklannya, opsi mengganti style tampilan membaca, menyimpan (bookmarking) dan membacanya di kemudian hari baik tanpa koneksi internet (offline). Dan fitur-fitur tersebut sudah terjawab di dalam aplikasi yang akan kita bahas kali ini yaitu Pocket dan Readability. Walaupun bisa digunakan pada desktop tetapi kedua aplikasi tersebut berjalan lebih maksimal fitur-fiturnya di dalam sebuah gadget, maka akan saya bahas dan bandingkan keduanya dengan mencobanya menggunakan gadget iPad.

Pocket

Aplikasi Pocket

Pocket merupakan salah satu aplikasi yang terbaik untuk menyimpan konten website dan melihatnya di kemudian hari walaupun tanpa adanya koneksi internet. Pocket Sebelumnya bernama Read It Later yang dirilis pertama kali pada tahun 2007, yang kemudian pada tahun ini (2012) Nate Weiner, founder Read It Later merombak brand-nya menjadi Pocket dan menggratiskan layanan servis aplikasinya. Hingga kini Pocket sudah memiliki lebih dari 4,5 juta orang yang teregistrasi sebagai pengguna.

Desain Antarmuka (User Interface)

Tampilan antarmuka Pocket

Tampilan desain antarmuka aplikasi Pocket terlihat lebih rapi dan bersih dengan penggunaan kotak-kotak grid sebagai wadah setiap konten. Pocket memberikan dua pilihan mode tampilan yaitu mode list yang menyusun setiap kontennya secara runut kebawah dan mode grid yaitu mode default-nya dengan tampilan kotak-kotak grid. Lakukan gestur swipe (usap) dari kiri ke kanan atau pun sebaliknya terhadap salah satu kotak grid kontennya untuk membuka opsi tagging, archiving, starring, deleting dan sharing.

Pengalaman Penggunaan (User Experience)

UX Pocket

Penggunaan aplikasi Pocket lebih mudah dan sederhana. Dengan touch (sentuh) salah satu konten, maka akan membuka halaman penuh untuk artikel tersebut. Penempatan semua menunya pada bagian atas tampilan aplikasi. Sayangnya Pocket hanya menyediakan dua jenis font saja, yaitu serif dan sans serif. Untuk modifikasi mode baca pada Pocket tersedia dalam tiga mode, yaitu mode standar, mode klasik dan mode gelap. Dan untuk mengatur brightness-nya dengan menggeser slide panel ke arah ikon terang maupun gelap.

Menambah / Menyimpan Konten

Menambah Konten via email Pocket

Menambah atau pun menyimpan berbagai macam konten website baik video, gambar dan artikel melalui Pocket ada tiga cara. Pertama melalui desktop dengan menambahkan bookmark snippet pada browser Firefox, Chrome, Safari dan Opera. Yang kedua dengan mengirimkan link url website ke email layanan penyimpanan Pocket (add@getpocket.com) dan yang terakhir melalui lebih dari 290 aplikasi pihak ketiga yang mendukung dan terintegrasi dengan Pocket, baik aplikasi mobile maupun desktop.

Berbagi Konten

Berbagi Konten Pocket

Pocket memberikan fitur sharing atau berbagi konten melalui berbagai macam aplikasi, baik melalui aplikasi social media, aplikasi bookmarking, cloud storage, blogs dan lain-lain. Berbagai aplikasinya, seperti : Facebook, Twitter, Linkedin, Tumblr, Delicious, StumbleUpon, Tumblr, Evernote, Google Reader, Reddit dan lain-lain.

Tampilan Desktop

Tampilan Desktop Pocket

Untuk tampilan desktop pada Pocket tidak jauh berbeda dengan tampilan untuk aplikasi gadget. Ditambahkannya menu bar pada bagian bawah yang diisi dengan berbagai fitur tambahan untuk kategori konten, tag dan sortir konten berdasarkan yang terbaru, terlama, judul konten dan nama website. Pada tampilan artikel konten penuh untuk Pocket versi desktop mengalami pengurangan fitur dan hanya menyediakan satu jenis font, memperkecil atau memperbesar huruf dan mengganti mode ke mode gelap atau mode standar.

Dukungan Antar Platform

Pocket mendukung banyak platform baik mobile maupun desktop, seperti :

  • iOS (iPhone, iPod Touch dan iPad).
  • Android.
  • Windows Phone.
  • Blackberry.
  • Kindle Fire.
  • Browser (Firefox, Chrome, Safari dan Opera).

Dukungan Aplikasi Pihak Ketiga

Dengan membuka sepenuhnya Application programming interface atau API-nya, Pocket mendapatkan lebih dari 290 aplikasi yang memberi integrasi dukungan pada Pocket. Berbagai macam jenis aplikasi, seperti social media, news reader, cloud storage, Office, Productivity dan lain-lain. Anda bisa melihat list aplikasi-aplikasi tersebut disini.

Readability

Aplikasi Readability

Readability merupakan aplikasi tandingan untuk Pocket. Baru dirilis pada tahun 2009 dengan tujuan utamanya memberikan pengalaman terbaik dalam menikmati konten website terutama artikel di berbagai platform dan menghubungkan antara pembaca dengan penerbit (khususnya penerbit artikel di dalam internet).

Desain Antarmuka (User Interface)

Tampilan Antarmuka Readability

Tampilan desain antarmuka aplikasi Readability lebih nyaman dan rapi dengan posisi menu bar diatas apabila screen dalam posisi portrait dan akan menjadi 2 kolom bar untuk screen dalam posisi landscape. Sama seperti Pocket, apabila salah satu konten artikel di swipe (usap) dari kiri ke kanan maka akan membuka pilihan menu starring, archieving dan deleting atau bisa juga dengan men-tap dua kali pada konten artikel tersebut.

Pengalaman Penggunaan (User Experience)

UX Readability

Readability memberikan pengalaman penggunaan (UX) yang baru daripada aplikasi sejenis. Karena memang fokus utama Readability adalah memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam menikmati konten artikel. Tidak ada tombol “back”, anda harus melakukan swipe (usap) dari kiri ke kanan untuk kembali ke tampilan beranda. Readability lebih expert dalam memberikan fitur pengaturan untuk menikmati konten artikel. Anda dapat memilih lima jenis font, mengatur lebar kolomnya dan memilih mode default atau gelap.

Menambah / Menyimpan Konten

Menyimpan Konten di Readability melalui browser Chrome

Sama seperti Pocket, Readability juga memberikan berbagai alternatif untuk menyimpan atau menambahkan konten (khususnya artikel). Melalui desktop dengan men-install add-ons atau bisa menggunakan bookmarklets yang tersedia melalui browser Firefox, Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari dan mobile Safari (iOS). Melalui email dengan mengirimkan link alamat artikel website tersebut ke email akun readibility anda (akan diberikan setelah anda selesai mendaftar). Dan melalui aplikasi pihak ketiga yaitu : Reeder (iOS dan Mac), Pulse (iOS dan Android), Longform (iOS), Flipboard (iOS dan Android), iCab Mobile (iOS), The Early Edition 2 (iOS) dan berbagai aplikasi Twitter clients.

Berbagi Konten

Berbagi Konten Readability melalui Twitter

Tidak sebanyak Pocket, Readability hanya memberikan fasilitas berbagi konten hanya melalui facebook, twitter dan email.

Tampilan Desktop

Tampilan Desktop Readability

Tampilan desktop Readability terlihat lebih nyaman dan indah. Dengan desain antarmuka yang unik, berciri khas dan klasik. Readability untuk desktop menampilkan dua kolom yang mana kolom sebelah kiri berfungsi seperti widget dan menampilkan daftar reading list, favorites dan archives sedangkan kolom sebelah kanan untuk list konten-konten artikel yang sudah anda simpan.

Masuk pada tampilan artikel penuh, Readability memang terlihat lebih fokus dalam memberikan kenyamanan dalam mengkonsumsi tiap artikel yang telah kita simpan. Ada menu pengaturan untuk mengganti warna background, mengatur lebar kolom dan besar huruf serta yang paling keren adalah menu untuk mencetak tampilan artikelnya secara langsung. Dan yang terakhir adalah fasilitas fitur untuk push konten artikel ke perangkat kindle.

Dukungan Antar Platform

Dukungan Platform pada Readability

Readability mendukung platform baik mobile maupun desktop, yaitu :

– iOS (iPhone, iPod Touch dan iPad).

– Android.

– Kindle.

– Browser (Firefox, Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari dan mobile Safari).

Dukungan Aplikasi Pihak Ketiga

Dukungan Aplikasi Pihak Ketiga Readability

Sedikit sekali aplikasi pihak ketiga yang memberikan dukungan dan integrasinya kepada Readability. Hanya beberapa aplikasi, seperti : Reeder (iOS dan Mac), Pulse (iOS dan Android), Longform (iOS), Flipboard (iOS dan Android), iCab Mobile (iOS), The Early Edition 2 (iOS), Tweetbot (iOS), Echofon (iOS, Mac, Windows), Twitterrific (iOS, Mac) Ubersocial (iOS, Android, Blackberry) Tweetlogix (iOS) dan Rowi (Windows Phone).

Kesimpulan

Dari paparan antara kedua aplikasi tersebut diatas, maka Pocket bisa dikatakan yang lebih unggul karena banyaknya dukungan aplikasi pihak ketiga dan cara menambahkan kontennya yang lebih lengkap. Tetapi bila anda ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam menikmati konten artikel-artikel yang telah anda simpan, Readability patut anda coba. Bagaimana dengan Anda? yuk, berbagi pengalamannya dalam menggunakan kedua aplikasi tersebut. Atau ada aplikasi lainnya yang pernah anda coba? mari berdiskusi :)

Tag: , , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. dini says:

    apa benar nonton video di pocket bisa dengan offline alias tanpa jaringan internet?

  2. dini says:

    Apakah benar nonton video di pocket bisa dengan offline alias tanpa jaringan internet?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.