Aplikasi Perkantoran Gratis LibreOffice 3.6.4 Telah Hadir

Aplikasi Perkantoran Gratis LibreOffice 3.6.4 Telah Hadir

Salah satu aplikasi perkantoran yang ampuh selain Microsoft Office adalah LibreOffice. Tak hanya menjadi alternatif, LibreOffice bisa menjadi aplikasi yang kian diperhitungkan karena perkembangan…

Salah satu aplikasi perkantoran yang ampuh selain Microsoft Office adalah LibreOffice. Tak hanya menjadi alternatif, LibreOffice bisa menjadi aplikasi yang kian diperhitungkan karena perkembangan dan kompatibilitasnya yang semakin baik. LibreOffice membawa beberapa paket aplikasi perkantoran yang tentu tidak asing lagi bagi pengguna aplikasi Office seperti Writer sebagai pengolah kata, Impress sebagai media presentasi,  Calc yang similiar dengan Ms. Excell, dan beberapa paket lainnya.

libreoffice splashscreen

System Requirement

LibreOffice mendukung multiplatform seperti Windows, Macintosh, dan Linux. Untuk pengguna Windows setidaknya spesifikasi sistem minimal adalah sebagai berikut:

  • Microsoft Windows 2000 (SP 4 ke atas), XP, Vista, Win 7, dan Win 8
  • Pentium III atau Athlon PC
  • 256 MB RAM (512 MB direkomendasikan)
  • 1,5 GB ruang hard disk. Lebih besar lebih baik
  • Resolusi 1024 x 768 dengan 256 colors. Resolusi lebih tinggi lebih direkomendasikan.

Dilihat dari spesifikasi yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi, maka aplikasi ini cocok digunakan untuk kalangan yang memiliki komputer berspesifikasi rendah tapi tetap menginginkan aplikasi Office yang handal. Lebih lengkapnya system requirement pada platform lainnya, kunjungi tautan di sini.

Fitur Unggulan LibreOffice 3.6.4

Libreoffice Start

Ada banyak fitur unggulan yang menjadikan LibreOffice menjadi salah satu aplikasi Office yang cukup handal. Keunggulan tersebut diantaranya:

  • Gratis – Tidak perlu lagi memikirkan biaya lisensi atau biaya rutinannya. Hanya saja LibreOffice memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk bisa memberikan donasi melalui tautan ini.
  • Banyak dukungan bahasa – LibreOffice tidak terbatas dengan dukungan beberapa bahasa saja. Luasnya komunitas menjadikan LibreOffice hadir dengan dukungan banyak bahasa dan selalu bertambah secara bertahap.
  • LGPL Public License – dengan lisensi ini kita bisa melakukan distribusi ulang, modifikasi, dengan dukungan resmi dari developer dan komunitas.
  • Perkembangan cepat karena didukung oleh komunitas yang luas sehingga dapat muncul ide-ide pembaruan dan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk ikut berpartisipasi.
  • User-Friendly – Memiliki tampilan yang mudah dimengerti dan user friendly dengan tampilan yang familiar.
  • Kompatibel dengan banyak format – Bisa digunakan untuk membuka format dari Ms.Office atau menyimpan dokumen dalam format Ms. Office.

Masih banyak lagi keunggulan LibreOffice yang bisa kita coba rasakan sebagai aplikasi Office. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi tautan di sini.

Yang Baru di Versi 3.6.4

Saat ini LibreOffice sudah mencapai versi 3.6.4 yang berarti sudah semakin banyak fitur-fitur menarik dan perbaikan stabilitas sistemnya. Ada beberapa fitur menarik yang ada diantaranya colors scale dan data bars di aplikasi Calc, penambahan Word Count pada status bar di aplikasi Writer, ekspor PDF dengan opsi Watermark, penambahan 10 master pages di aplikasi Impress, import filter untuk dokumen Coreldraw, dukungan Office SmartArt.

New Features

Detail fitur baru pada setiap aplikasi dapat Anda baca di tautan ini.

Download Libre Office

Bagi pengguna Windows terdapat beberapa opsi Download yang disediakan oleh LibreOffice.

Download

Tautan

Ukuran File

Main Installer Klik tautan ini 205 MB
Main Installer (Torrent) Klik tautan ini 205 MB
Portable Apps Klik tautan ini 116 MB
Source Code Klik tautan ini

Untuk kebutuhan sistem platform yang berbeda, dapat dilihat pada tautan ini.

Penutup

LibreOffice bisa menjadi aplikasi Office yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Karena kebebasannya dalam lisensi dan biaya maka aplikasi ini dapat menghindarkan kita dari penggunaan aplikasi bajakan atau ilegal.

Tag: , , , , , , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Hanggar PS says:

    aku pengen nyoba pake aplikasi yang satu ini deh

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.