Aris Express Untuk Membuat Peta Proses Bisnis di Linux

Aris Express Untuk Membuat Peta Proses Bisnis di Linux

Pendahuluan Proses bisnis merupakan hal mendasar yang harus dibuat, baik dalam pengembangan suatu perangkat lunak (misalkan perangkat lunak sistem informasi) maupun dalam menjalankan sebuah…

Pendahuluan

Proses bisnis merupakan hal mendasar yang harus dibuat, baik dalam pengembangan suatu perangkat lunak (misalkan perangkat lunak sistem informasi) maupun dalam menjalankan sebuah perusahaan. Di dalamnya termasuk juga elemen – elemen penting penilaian berupa Value Chain, Key Process Indicator (KPI), dan lainnya. Mata kuliah yang khusus membahas tentang proses bisnis antara lain Analisa dan Perancangan Proses Bisnis, yang umumnya ada di kurikulum sarjana maupun pasca sarjana Teknik Informatika.

Berbicara mengenai analisa dan desain proses bisnis, tentu tidak dapat dipisahkan dengan sistem operasi dan aplikasi yang akan digunakan oleh mahasiswa untuk membuat pemetaan proses bisnis, misal seukuran A3. Terdapat banyak perangkat lunak untuk mengerjakannya, baik di platform Windows, Linux, maupun Mac OS. Artikel sederhana ini akan membahas salah satu perangkat lunak open source berbasis Java untuk pembuatan proses bisnis, yaitu Aris Express (http://www.ariscommunity.com/aris-express/download).

Aris Express menyediakan versi komunitas yang bisa diunduh cuma – cuma dan versi komersil dengan tambahan beberapa fitur, yang umumnya diperlukan di tingkat perusahaan/enterprise. Perangkat lunak ini mutli platform, sehingga bisa digunakan di ketiga sistem operasi tadi. Artikel ini akan menyajikan bagaimana menginstalasi perangkat lunak ini pada sistem operasi Linux. Anda dapat menggunakan distro apapun, asalkan tersedia Java di dalamnya. Diperlukan sedikit konfigurasi agar anda dapat dengan nyaman menggunakannya sebagaimana di platform Windows dan Mac OS.

Unduh Aris Express dan Install

Pertama, unduh Aris Express Pertama unduh Aris Epress dari situsnya. Kemudian bukalah dengan Java (klik kanan atau langsung klik saja) atau dengan commmand berikut ini (asumsi lokasi di Unduhan) :

putu-shinoda@my-machine:~/Unduhan$ sudo /usr/lib/jvm/java-6-sun/bin/javaws express.jnlp.

Biasanya akan muncul pesan peringatan apakah sistem dijinkan menjalankan dan melakukan perubahan terhadap file dan proses instalasi nanti. Pilih Run. Lihat gambar di bawah untuk proses verifikasi.

Tampilan Proses Verifikasi

Biarkan proses instalasi berjalan. Siapkan koneksi internet karena akan memerlukan beberapa file untuk disimpan. Nantinya Anda bisa menggunakannya secara offline.

Instalasi ARIS Express

Setelah selesai, lanjutkan dengan klik Next dan mencentang box pada Licency Agree.

Tampilan Licence Agree

Jika Anda belum memiliki akun di situs Aris Express, segera buat di http://www.ariscommunity.com/user/register karena diperlukan saat instalasi. Kemudian masukkan username dan password Anda.

Memasukkan Username Password

Kemudian pilihlah bahasa (Inggris atau Jerman). Penulis menyarankan pilih bahasa Inggris.

Memilih Bahasa

Sampai di sini proses instalasi sudah selesai

Menjalankan Secara Offline

Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat menjalankan Aris Express dengan cara sebagai berikut  :

  1. Buka terminal, ketiklah sudo /usr/lib/jvm/java-6-sun-1.6.0.26/bin/ControlPanel.
  2. Akan terbuka GUI dari Java Control Panel. Pada tab general, Pilih sub tab temporary Internet File > View.

    Tampilan Java Control Panel

     

  3. Klik kanan pada aris express, pilih run offline.

    Menjalankan Secara Offline

     

Berikut tampilan Aris Express di Ubuntu 11.04 milik penulis saat sukses dijalankan dengan petunjuk di atas. Ditampilan juga demo proses awal pengerjaan proyek pemetaan proses bisnis.

Tampilan Aris Express di Ubuntu

Tampilan Demo Memulai Pembuatan Proses Bisnis

Membuat Shortcut Untuk Menjalankan Secara Offline

Pada petunjuk di atas, Anda hanya bisa menjalankan Aris Express sekali saja, karena setelah anda mengklik menu Close, anda tidak akan menjumpai shortcut untuk menjalankannya di Linux. Ribet bukan? Untuk itulah perlu dibuatkan shortcut atau semacam jalan pintas untuk memudahkan memanggil aplikasi Aris Express pada saat diperlukan. Cukup dengan menjalankan file .sh seperti panduan di bawah ini :

  1. Buka terminal, ketik command (perintah) ini :
    putu-shinoda@my-machine:~$ touch /home/putu-shinoda/Destop/java-control-panel.sh
  2. Edit file tersebut:

    putu-shinoda@my-machine:~$ nano /home/putu-shinoda/Destop/java-control-panel.sh

  3. Masukkan script berikut

    #!/bin/sh 
    sudo /usr/lib/jvm/java-6-sun-1.6.0.26/jre/bin/ControlPanel
  4. Simpan dengan menekan Ctrl + X.
  5. Ketikkan ini (masukkan password)

    putu-shinoda@my-machine:~$ sudo chmod +x /home/putu-shinoda/Destop/java-control-panel.sh
    [sudo] password for putu-shinoda:
  6. Kini silahkan klik di desktop, pilih opsi jalankan di terminal dan masukkan password jika diminta.

Penutup

            Dunia Linux dan FOSS dengan kemerdekaan perangkat lunak di dalamnya memberikan banyak nilai positif dibandingkan sekedar gratis saja. Dengan open source, Anda tidak terikat pada suatu vendor sehingga bebas menentukan pilihan, menggunakan dan memodifikasi sesuai keperluan.

            Demikian juga untuk dunia bisnis dan pendidikan (sekolah, kuliah), Linuz dan FOSS dapat digunakan dengan baik oleh siapapun juga. Tidak harus menjadi seorang expert user untuk bisa menggunakan Linux dan FOSS. Seringlah menggunakannya, maka Anda akan terbiasa.

Tag: ,

2 Comments

Leave Comment
  1. didik says:

    waah, mantap ini ada yang open source untuk yang beginian. ^^b

  2. Putu Shinoda says:

    Yoi, Linux dan open source memang mantap gan :)

    (y)

    Bukan karena gratis (klo gratis freeware namanya), tp banyak kelebihan lainnya yg ditawarkan. Kuliah s1 dan s2 ane, keduanya Informatika, diselesaikan dengan baik menggunakan full linux dan open source (no ms windows).

    Yg aris express ini disarankan jika agan membuat model proses bisnis. Aryikle ini awalnya ane ketik di blog ane setelah ane coba install aris express. Dia mendukung format standar BPMS 2.0, klo dia diagram bisa namun msh standar. Dia diagram lebih disarankan untuk membuat bagan UML dalam perancangan perangkat lunak :)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.