Asana, Aplikasi Keren untuk Manajemen Kerja Tim

Asana, Aplikasi Keren untuk Manajemen Kerja Tim

Asana merupakan sebuah aplikasi web untuk manajemen kerja sebuah tim baik untuk mengatur task list maupun project list. Asana serupa dengan Trello (bisa dibaca…

Asana merupakan sebuah aplikasi web untuk manajemen kerja sebuah tim baik untuk mengatur task list maupun project list. Asana serupa dengan Trello (bisa dibaca review-nya di sini), dan bisa menjadi alternatif pilihan aplikasi untuk bekerja secara kolaborasi atau tim.

Asana diciptakan oleh duo jebolan Facebook, Dustin Moskovitz (co-founder Facebook) dan Justin Rosenstein (tech lead and engineering manager Facebook). Mereka berdua lalu merekrut banyak developer dari Google untuk bersama-sama mengembangkan Asana. Dirilis secara resmi pada November tahun 2011 yang lalu, Asana menjadi sebuah startup teknologi yang menarik banyak minat investor untuk berinvestasi dan mengucurkan dananya demi perkembangan Asana.

Fitur-fitur pada Asana

Fitur pada Asana

Asana memiliki beberapa fitur yang menarik dan mudah untuk anda gunakan, yaitu :

HTML5 Technology

Asana menggunakan teknologi HTML5 dan responsive web design, sehingga ukuran aplikasi web-nya bisa berubah menyesuaikan dengan besar layar sebuah gadget yang mengaksesnya. Jadi Anda bisa menggunakannya dengan nyaman pada browser di gadget kesayangan Anda.

Multiple Workspaces

Fitur ini memberikan Anda kebebasan dalam mengatur ruang kerja proyek Anda. Anda bisa membuat sebanyak-banyaknya ruang kerja dan berkolaborasi dengan tim yang berbeda-beda. Misalnya Anda membuat ruang kerja untuk : Private Project, Family Project, Volunteering, dan lain sebagainya.

People Views

Dengan fitur ini Anda dapat mencari task list dan mengatur prioritas kerja dari rekan satu tim. Anda bisa menandai sebuah task list menjadi prioritas utama dengan mengatur waktunya.

Follow Tasks or Projects

Anda bisa mengikuti perkembangan dari sebuah task list maupun project yang Anda jalankan bersama rekan-rekan tim. Selain itu Anda juga bisa menambahkan rekan kerja lagi dalam task list atau project tersebut.

Real-Time

Anda akan mendapatkan notifikasi perkembangan kerja project Anda secara real-time selama anda terkoneksi dengan jaringan internet.

Activity Feed

Selain notifikasi, Anda juga akan menerima history, komentar maupun diskusi dari setiap task list di dalam sebuah project. Jadi Anda bisa memahami secara utuh perkembangan dari project tersebut.

Fast Flow System and Shortcut

Asana diciptakan dengan sangat memperhitungkan kecepatan pengguna dalam mengaksesnya. Asana menyuguhkan shortcut pada keyboard, mengurangi jumlah load halaman dan sedikit sekali menggunakan klik kiri/kanan pada mouse.

Website Asana

Penutup

Asana memberi layanan gratis untuk jumlah anggota tim hingga 30 orang. Lebih dari itu anda bisa upgrade layanan Asana ke berbagai pilihan opsi jumlah anggota tim, mulai dari 30 – 50 anggota tim dengan biaya sebesar $100 perbulannya, hingga lebih dari 100 anggota tim (lihat pricing plans-nya di sini).

Untuk saat ini Asana hanya menyediakan native app pada iPhone saja, untuk gadget lainnya Anda bisa langsung mengakses Asana via browser. Ingin segera mencoba Asana? langsung saja daftarkan akun Anda dan rekan tim Anda lainnya. Asana juga memberikan kemudahan login dengan menggunakan akun google (gmail). Selamat mencoba!

Tag: , , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Dan says:

    I would recommend checking out Gtdagenda for an online project manager.

    You can use it to manage your goals, projects and tasks, set next actions and contexts, use checklists, and a calendar.
    Syncs with Evernote, and also comes with mobile-web version, and Android and iPhone apps.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.