Auto Shutdown dan Set Alarm di Windows 7 Menggunakan Aimp

Auto Shutdown dan Set Alarm di Windows 7 Menggunakan Aimp

Ada beberapa hal yang membuat Anda menginginkan Windows melakukan shutdown sendiri karena aktivitas yang Anda lakukan. Misalkan Anda mendengarkan musik sebagai salah satu pengantar…

Ada beberapa hal yang membuat Anda menginginkan Windows melakukan shutdown sendiri karena aktivitas yang Anda lakukan. Misalkan Anda mendengarkan musik sebagai salah satu pengantar tidur. Tentunya Anda tidak menginginkan komputer terus menyala dan “menyanyi” sepanjang malam saat Anda sudah tertidur karena selain juga tidak ada yang mendengarkan.

Di Windows ada banyak cara untuk bisa mengatur auto shutdown. Baik itu menggunakan command prompt atau aplikasi tertentu. Nah, Kali ini kita akan mencoba melakukan auto shutdown menggunakan Aimp. Aimp merupakan freeware music player untuk Windows yang di dalamnya dilengkapi dengan fitur scheduler untuk melakukan auto shutdown dan alarm. Homepage dan link download ada di alamat http://www.aimp.ru

tampilan aimp

Tampilan Aimp

Set Auto Shutdown Aimp

Kita asumsikan Windows kita sudah terinstall Aimp. Untuk mengaktifkan scheduler, jalankan Aimp lalu klik icon scheduler option(lingkaran kuning) seperti pada gambar di bawah ini.

mengaktifkan scheduler

Mengaktifkan Scheduler

Adakalanya icon scheduler option tidak berbentuk seperti itu tergantung dengan skin Aimp yang kita aktifkan. Tapi untuk skin default, icon memang berbentuk seperti itu. Setelah muncul window scheduler option, aktifkan scheduler lalu set pada jam berapa kita ingin komputer melakukan shutdown. Di scheduler ada beberapa option selain shutdown, diantaranya sleep, close application, dan stop playback. Selain itu pengaturan timer-nya juga ada at the end of playlist, at the end of queue, dan at the end of file. Semua bisa  digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

tampilan scheduler

Tampilan Scheduler

Set Alarm Aimp

Selain shutdown, scheduler option juga memiliki fungsi alarm yang bisa kita gunakan untuk mengingatkan kita akan sesuatu. Kita tinggal mengatur jam berapa alarm berbunyi, lalu kita pilih sebuah file suara atau musik sebagai penanda bunyi alarm. Di sana juga ada pengaturan volume alarm dan juga pengaturan peningkatan volume alarmsecara bertahap sesuai kebutuhan.

tampilan alarm scheduler

Set Alarm Scheduler

Manfaatkan teknologi dengan bijak, dan selamat mencoba.

Tag: , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. Ariel Almachzumi says:

    wah kalo yg ini sih software andalan saya buat dengarin musik…….:)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.