Backup dan Restore Game Steam Anda dengan Mudah

Backup dan Restore Game Steam Anda dengan Mudah

Tutorial Information

ProgramSteam
DifficultyStandar
Estimated Time30 Menit

Steam merupakan game market yang dikembangkan oleh Valve. Pada awalnya, Steam hanya diperuntukan bagi game besutan Valve saja, namun hal ini berubah di tahun…

Steam merupakan game market yang dikembangkan oleh Valve. Pada awalnya, Steam hanya diperuntukan bagi game besutan Valve saja, namun hal ini berubah di tahun 2005 ketika beberapa developer game mulai menjual game mereka di Steam. Setiap orang yang mempunyai akun bisa men-download game, baik berbayar ataupun gratis. Namun yang menjadi masalah adalah game selalu berukuran besar, sehingga proses download tentunya akan menghabiskan waktu bahkan kuota Internet Anda.

Namun, fail moment lain yang terjadi adalah ketika Anda sudah menginstall banyak game di Steam, lalu komputer Anda harus install ulang (yang mungkin karena terkena virus). Tentunya sangat tidak nyaman apabila game yang sangat besar itu ternyata hilang begitu saja bersama dengan virus yang menginfeksi komputer Anda.

Untuk mengatasi kehilangan game di Steam, mungkin Anda perlu memanfaatkan fasilitas backup and restore yang sudah disediakan oleh Steam maupun secara manual, yang akan penulis bahas di tulisan ini.

Menggunakan Fasilitas yang Disediakan oleh Steam

Buka Steam seperti biasanya. Secara default Steam akan melakukan pengecekan update ketika komputer Anda terhubung pada internet. Namun jika Anda ingin melewati bagian ini, tentu saja cukup menjadikan komputer Anda offline (misal: cabut dari WiFi jaringan). Pilih pada menu ‘Steam’ yang terletak pada pojok kiri atas launcher Steam Anda.

Steam-login

  1. Pilih Backup and Restore Games…, sehingga muncul notifikasi what would you like to do?. Akan ada 2 pilihan, jika Anda ingin mem-backup, pilih pada bagian pertama yaitu “backup currently installed programs“. Klik Next untuk melanjutkan.
  2. Pada bagian ini akan ditampilkan kesuluruhan game di Steam Anda. Centang saja game yang akan Anda backup, maka otomatis pula ditampilkan kapasitas kebutuhan media penyimpanan untuk mem-backup game.
  3. Di langkah berikutnya, Anda akan menentukan partisi untuk menyimpan game Anda. Penulis menyarankan untuk menyimpan hasil backup game di direktori berbeda dari tempat Anda menginstall Steam. Sebab jika sewaktu-waktu meng-uninstall Steam, maka secara otomatis direktori dan seluruh file pada folder instalasi Steam akan terhapus.
  4. Terdapat pilihan untuk menyimpan pada external drive seperti CD atau DVD pada langkah selanjutnya, namun jika Anda tidak menginginkan mem-backup-nya pada external drive, Anda tinggal klik ‘Next’ dan proses backup pun akan berjalan.

Langkah di atas pun juga berlaku bila Anda ingin melakukan Restore. Bedanya adalah, pada langkah pertama Anda cukup pilih menu ‘Restore Previous Backup’ lalu memilih direktori tempat penyimpanan backup Anda.

Dengan Cara Manual

Copy folder game Anda, yang secara default biasanya terdapat di Steam\SteamApps\common. Selain itu, Anda juga harus meng-copy app manifest yang berada di Steam\SteamApps. app manifest merupakan tanda pengenal dari aplikasi yang ter-install di Steam. Anda juga dapat melihat secara lengkap list app manifest di wiki valve developers. Ketika proses copy telah selesai, itu berarti proses backup Anda juga sudah selesai.

Untuk melakukan restore, Anda pun juga cukup melng-copy kembali hasil backup Anda ke direktori tempat Anda meng-install Steam. Jangan lupa untuk meng-copy kedua hal penting di atas, yaitu folder game dan app manifest. Berikutnya buka kembali Steam Anda seperti biasa, cari game yang sudah Anda tambahkan(DotA2 misalnya), lalu klik Install. Sebagian update memang tetap harus di-download, namun pada dasarnya kesuluruhan game sudah terinstall, sehingga Steam Anda tidak men-dowload game dari awal.

Penutup

Sangat mudah, bukan? Sebenarnya cara ini tidak hanya untuk mem-backup di komputer Anda saja, namun juga bisa Anda gunakan untuk sharing ke teman Anda. Sharing is caring! Selamat mencoba!

Tag: , , ,

17 Comments

Leave Comment
  1. fakoyaks says:

    ini buat game yang free to play aj apa yang beli juga bisa?

  2. septa says:

    artinya kita bisa membagi dan meng-install game di 2 komputer yang berbeda tapi steam accountnya berbeda gitu ?
    sorry gue gaptek makasih ya infonya.

  3. alex says:

    gini gan gwa ada masalah
    gwa mau back up game gwa (warframe) lewat back up game, nah ternyata pas gwa backup itu failed, karena nunggu update, akirnya ga jadi gwa backup.
    tapi gan, pas gwa maen, gwa harus download ulang game nya, padahal datanya ada di laptop gwa (ada di steam apps bukan backup data)
    tolong dong gan gimana caranya

    • raditya says:

      soalnya backup and restore,,gamenya mesti yang uptodate gan,,jadi kalo game yg mau di back up masih ada update yg belum di install mesti harus update dulu,,setau ane gitu

  4. Andhika31 says:

    gan ane kan download game udh 70% trus ane keluar dari steam trus matiin komputer, pas ane mau lanjutin download malah balik lagi ke 6% itu kenap ya?

  5. Satria says:

    Gan Ini Perlu Pake Flashdisk Ga?

  6. Phe Phe says:

    Bro, w backup l4d2 di FD bukan di CD/DVD, bisa gak? Bisa sih bisa nih, tapi munculnya folder dengan nama Disk_1 dan Disk_2. Dan formatnya ga dikenali, jadi gw bingung gimana harus nginstallnya

    add neh steam w
    steamcommunity.com/id/agapheputra

  7. ridho says:

    tolong gan gw udh selesai download GTA5 PC tapi pas diplay,,malahan failed yg mucul..gmn gan cara nya tolong dibantu,,ni nomor hp ane 089694899667,,klo agan bantu saya kirimin pulsa plisss

  8. Dalendra says:

    Wah… Makasih Bro, artikelnya membantu banget buat pengguna awal Steam kayak saya XD Dan kalau mau backup bukannya musti paling ter-update ya, soalnya game yang bisa dibackup yang sudah ter-update.

  9. vinR says:

    gan, misalnya kita abis beli game GTA 5 nih, terus kita diizinin gitu sama steam buat download kan, dan yg bedain game ori sama bajakan tu gimana ya ? apa di game ori ada dikasih cd key nya pas baru beli ?
    baru download steam soalnya

  10. daffa says:

    Kalau komputer nya mati total gmna gann

  11. IvanPrastio says:

    Gan klo mau kasih keteman gimana?

  12. FTR says:

    Harus di coba, maklum steam newbie hehe
    Thnks

  13. proray11 says:

    JADI KALAU GANTI PC TAPI LOGIN DI AKUN STEAM YANG SAMA GAME2 NYA JUGA AKAN HILANG??

  14. Azhar says:

    Gan itu copy ke restorenya(cara manual) bagaimana ?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.