Beberapa Daftar Protokol untuk Mengakses Email melalui Pihak Ketiga

Beberapa Daftar Protokol untuk Mengakses Email melalui Pihak Ketiga

Anda sedang membutuhkan pada layanan email untuk berbalas pesan namun koneksi Anda tidak stabil? Bisa jadi menggunakan email client adalah salah satu solusi untuk…

Anda sedang membutuhkan pada layanan email untuk berbalas pesan namun koneksi Anda tidak stabil? Bisa jadi menggunakan email client adalah salah satu solusi untuk melakukannya. Dengan menggunakan email client Anda dapat mengatur email agar bisa digunakan secara offline yaitu dengan menggunakan protocol IMAP. Kenapa harus menggunakan IMAP? Adakah protocol yang lain?
Jika Anda memiliki pertanyaan lain yang berkenaan dengan server protocol yang digunakan pada email, ada baiknya ada membaca Artikel kali ini. Beberapa jenis server telah kami rangkum seperti IMAP, POP maupun SMTP, dari seluruh server protokol email 3 tersebut paling sering digunakan.

POP (Post Office Protocol)

Merupakan alternatif yang dibuat oleh pengembang layanan email untuk menjadikan email secara offline. Pengembangan protocol POP sebenarnya merupakan langkah untuk menghemat penggunaan data. Dimana pengguna yang menggunakan protocol ini dimungkinkan untuk melakukan download semua email yang ada pada server dan menyimpannya pada komputer. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang memiliki masalah utama dengan koneksi internet.
Aktifitas Download ini akan terjadi, saat anda sedang terhubung dengan koneksi internet. Seluruh email yang ada pada server Anda akan terdownload pada perangkat komputer. Data yang ada pada server pun otomatis juga akan terhapus, terkadang beberapa layanan akan menyediakan file backup dari seluruh email Anda tersebut. Sedangkan proses pembalasan email juga dapat Anda lakukan secara offline, karena otomatis surat balasan tersebut akan tersimpan sementara pada email client. Ketika terhubung pada internet, baru pesan Anda diteruskan pada server hingga kepada subject tujuan email Anda tersebut.

BisaKomputer - network-icons

IMAP (Internet Message Access Protocol)

Meskipun sama-sama protokol email, POP dan IMAP sangat berbeda.Dengan menggunakan IMAP, maka otomatis protokol yang Anda gunakan akan lebih membutuhkan pada koneksi internet. Hal ini dikarenakan segala email akan tersimpan pada server layanan email tersebut. Dan email client hanya berguna sebagai pengatur aktifitas layanan email tersebut, misalnya saja berbalas email, menghapus ataupun membuat email baru.
Penggunaan aplikasi ini lebih cocok jika Anda selalu memiliki bandwidth yang tersedia. Hal ini berkaitan erat dengan alasan utama tadi, yaitu Anda harus selalu terhubung dengan internet. Namun hal ini akan sangat memudahkan Anda jika Anda melakukan akses dari berbagai perangkat yang berbeda, karena Anda tidak akan perlu repot melakukan backup berulang-ulang pada semua perangkat milik Anda. Selain itu, resiko kehilangan data dari email milik Anda juga akan lebih kecil mengingat segala data Anda di handle oleh penyedia layanan email tersebut.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

Protocol ini dapat juga didefinisikan sebagai pengatur hubungan antara email client dengan tujuan nya. Baik pada protocol POP3 ataupun IMAP menggunakannya sebagai pengatur email yang datang dan keluar. SMTP biasanya dapat Anda temui ketika Anda menggunakan email lient dimana Anda harus menuliskan secara manual tempat server yang akan dijadian tempat penyimpanan email tersebut. Misalkan saja jika Anda akan menggunakan sebuah email client dengan menggunakan akun gmail, maka berikut pengaturannya :

SMTP server : smtp.gmail.com
smtp username : menggunakan nama email milik Anda, contohnya namaemail@gmail.com
smtp password : menggunakan password akun tersebut

Jika Anda mengeksplor lebih jauh sebenarnya banyak sekali varian protocol yang bisa digunakan dalam aktifitas ber-email. Misalkan saja MAPI, dimana konsep dasarnya menggunakan IMAP namun dengan pengembangan pada bagian koneksi dan jangkauan. Menurut pengamatan Penulis, IMAP kini juga lebih sering digunakan oleh penyedia layanan email karena semakin mudahnya mendapatkan koneksi internet. Ditandai dengan Adanya wifi terbuka ataupun warung internet di sekitar lingkungan Anda. Jadi apakah Anda memiliki Pendapat lain untuk melakukan aktifitas ber-email? Jika iya, jangan ragu untuk berbagi pada kolom komentar.

 

Referensi :

http://www.ehow.com/list_5955603_types-email-protocol.html
http://www.emailaddressmanager.com/tips/protocol.html
https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-use-google-s-smtp-server

Tag: , , , , , , , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.