Beberapa Fitur Menarik di Formspring

Beberapa Fitur Menarik di Formspring

Memiliki akun Formspring dapat memudahkan Anda dalam melempar pertanyaan serta memberikan respon singkat mengenai sebuah topik yang Anda ketahui bahkan Anda sukai. Kalau biasanya…

Memiliki akun Formspring dapat memudahkan Anda dalam melempar pertanyaan serta memberikan respon singkat mengenai sebuah topik yang Anda ketahui bahkan Anda sukai. Kalau biasanya di jejaring sosial kita harus berteman dulu baru dapat bersosialisasi, dengan Formspring kita dapat bersosialisasi terlebih dulu baru berkenalan. Di Formspring, topik adalah hal utama. Biasanya Formspring akan memilih topik-topik tertentu tiap harinya, misalnya athletic. Maka di hari itu sebagian besar pengguna akan membahas athletic, baik itu melempar pertanyaan tentang kiat khusus membentuk tubuh atletis atau merespon pertanyaan tentang olahraga apa yang paling mereka sukai. Selain itu akan muncul juga beragam gambar dan video yang berhubungan dengan athletic. Nah, dengan mengikuti alur topik ini nantinya para pengguna akan diantarkan menuju pengguna lain yang memilik ketertarikan topik yang sama. Misalnya para atlit, binaragawan, atau sejumlah perempuan yang ingin diet selanjutnya akan berkomunikasi lewat Formspring ini.

Question of the day

Contoh Question of the day Atheltic

Ada tiga pilihan yang disediakan Formspring bagi penggunanya untuk ask and response, yaitu menjawab bebas semua pertanyaan yang muncul di Home, menjawab pertanyaan personal yang hanya ditujukan untuk dirinya, dan menjawab pertanyaan di Inbox secara private.

Di Formspring sendiri respon yang disediakan bukan hanya dalam bentuk teks ataupun gambar, tapi juga dalam bentuk Smiles. Smiles sendiri fungsinya seperti Like pada Facebook. Pengguna dpat memberikan Smiles pada suatu pertanyaan dan jawaban ataupun pada komentar yang mengikuti post tersebut. Misalnya seperti akun Formspring vokalis band NOAH berikut ini.

Ariel Personal

Contoh Respon Pengguna Formspring

Disini dapat kita lihat kalau penanyanya adalah yulianarahayu dan direspon oleh arielpersonal. Bisa dilihat bahwa ternyata post tersebut mendapat 51 Smiles dan 65 Smiles serta 35 komentar yang beragam. Itu berarti ada 51 pengguna yang menyukai pertanyaan yulianarahayu dan 65 pengguna yang menyukai respon jawaban dari arielpersonal. Nah, Smiles ini sendiri juga dapat diberikan ke tiap komentar yang dapat kita lihat di respon komentar yulianarahayu dan Arispersonal di atas.

Selain itu Formspring juga menyediakan menu Activity yang mencatat setiap hal yang kita lakukan, baik itu mengirim pertanyaan maupun merespon. Nah nantinya kolom Activity ini akan muncul di profil akun Anda. Karena tepat di bawah foto pada profil akun akan Anda temukan tiga menu, yaitu Responses, Questions, dan Smiles. Sehingga teman-teman di Formspring dapat mengetahui berapa banyak respon yang sudah Anda lakukan, berapa pertanyaan yang Anda buat, dan berapa Smiles yang Anda berikan.

Personal

Kolom Activity

Sistem pertemanan di Formspring adalah follow dan unfollow. Anda dapat dengan leluasa memilih teman untuk di-follow lalu di-follow oleh beberapa akun yang barangkali tidak Anda kenal. Dan jika nantinya Anda cukup terganggu dengan beberapa pengguna yang sering menanyakan hal tidak enak, Anda dapat mem-blocknya, sehingga akun tersebut tidak dapat membaca segala aktivitas Anda di Formspring lagi.

Meskipun Formspring sendiri adalah jejaring sosial sederhana, Anda tetap harus menggunakannya dengan bijak. Karena pernah ditemukan kasus bullying di Formspring sebelumnya. Seperti yang kita tahu kalau Formspring mempersilahkan kita untuk menanyakan serta merespon topik apa saja, nah hal ini lah yang sempat digunakan beberapa orang untuk melakukan bullying dengan mengirimkan beberapa pertanyaan dan respon yang kurang baik ke seorang pengguna yang masih di bawah umur. Sehingga diharapkan kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi.

Tag: , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.