Beberapa Tindakan Aman ketika Anda Menggunakan Wifi Publik

Beberapa Tindakan Aman ketika Anda Menggunakan Wifi Publik

Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia terkadang membuat Kita sulit untuk terlepas dari internet. Melihat peluang ini, para provider internet maupun penyedia layanan lain yang…

Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia terkadang membuat Kita sulit untuk terlepas dari internet. Melihat peluang ini, para provider internet maupun penyedia layanan lain yang ada mulai berlomba lomba memberikan layanan Wi – Fi  di ruang publik, Anggap saja seperti Wi – Fi corner, Wi – Fi cafe ataupun tempat Anda biasa menghabiskan waktu luang. Pernahkah Anda merasakan Anda akan mendapati koneksi Anda sangat pelan, sedang teman yang berada di sebelah Anda mampu mengakses situs penyedia layanan video tanpa buffer? Hal ini tidak jarang Anda dapati pada layanan Wi – Fi publik yang Ada.

Dari berbagai tools yang Ada pada internet Anda dapat menemukan alat untuk melakukan kecurangan di Wi – Fi publik, baik sekedar melakukan pemotongan jaringan ataupun mengakses komputer orang lain dalam satu jaringan. Hal tersebut sebenarnya dapat di cegah dengan langkah yang mudah, Beberapa diantaranya :

Terhubung Otomatis

Pengaturan pada perangkat mobile atau Laptop Anda harus Anda atur kembali, jika ternyata Anda mengaktifkan fitur ini. Beberapa masalah terkadang tanpa Anda sadari muncul dari otomatisasi terhubung, Misalnya saja mendapatkan password dari akun milik Anda ataupun kegiatan lainnya yang tidak Anda inginkan. Selain itu, Tetap jaga kewaspadaan Anda ketika menemukan Wi – Fi terbuka tanpa pengaman (gratis). Kemudahan Anda melakukan akses internet sebanding dengan kemudahan orang lain melacak segala aktifitas Anda pada jaringan tersebut. Sebagai salah satu solusi Anda dapat menonaktifkan fitur terhubung otomatis pada perangkat milik Anda. Atau Anda dapat melakukan forget network, jika Anda sudah pernah terhubung sebelumnya dengan Wi – Fi tersebut.

Turn Off Sharing

Fitur sharing merupakan fitur yang memudahkan Anda melakukan berbagi file, baik berupa dokumen, musik ataupun gambar pada satu jaringan network. Ketika Anda sedang menggunakan jaringan Wi – Fi Ada baiknya Anda menonaktifkan sementara fitur ini, karena hal ini akan membuat orang lain dapat melakukan akses pada file yang telah Anda sharing. Tiap sistem operasi memiliki cara yang berbeda untuk melakukan sharing pada file yang dimilikinya.

Properties

Misalnya saja pada Ubuntu dan Windows. Untuk melakukan pengecekan sebuah folder Anda share atau tidak pada ubuntu lakukan klik kanan pada Folder tersebut, pilih “Local network share..“. Jika pilihan “Share this folder” tercentang maka folder tersebut dapat diakses orang lain pada satu jaringan. Hilangkan centang tersebut untuk menonaktifkannya. Sedangkan jika Anda menggunakan Windows, Klik kanan pilih Properties > Tab Security. Klik tombol edit untuk melakukan pengubahan. Cukup mudah bukan?

Lakukan Hal Penting di Jaringan Terpercaya

Anda menggunakan internet banking? Apakah juga sering belanja online? Jika iya, Ada baiknya Anda melakukan aktifitas tersebut dirumah atau pada jaringan terpercaya misalnya kantor. Hal ini juga didasari atas alasan keamanan, siapa tahu ada orang lain yang juga sedang memantau Anda tanpa Anda ketahui.

SSL-Certificate

Selain itu, ada baiknya Anda melakukan pembelanjaan pada situs yang menggunakan teknologi SSL encryption. SSL merupakan sebuah protokol yang dikembangkan dengan tujuan utama mengamankan data yang dikirimkan melalui layer aplikasi HTTP, LDAP ataupun POP3. Biasanya ditandai dengan adanya HTTPS. Sebagai tambahan, Anda dapat menggunakan fitur private browsing. Dimana orang lain tidak akan dapat melakukan tracking terhadap segala situs yang telah Anda kunjungi. Jika Anda pengguna opera, Anda dapat menemukan bagaimana cara mengoptimalisasinya lewat tips tips yang sudah kami tuliskan dalam Artikel sebelumnya

Memasang Software Keamanan

Hal ini juga bisa menjadi pilihan Anda ketika Anda merasa tidak aman saat surfing di internet. Kini Anda dapat dengan mudah mendapatkan macam macam dari Anti virus yang Ada, baik pada perangkat mobile maupun komputer pribadi Anda. Secara dasar fungsi antivirus yang Anda gunakan Adalah tindakan pencegahan dari segala hal yang merugikan Anda. Tidak jarang, sebuah virus dirupakan sebagai aplikasi kebutuhan Anda. Dan tanpa Anda sadari Perlahan tapi pasti virus itu mengganggu Anda, baik hanya hidden, replikasi file sampai penghapusan. Yang perlu Anda garis bawahi sebenarnya adalah pencegahan, bukan untuk menanggulangi. Karena semakin hari virus komputer pun berkembang lebih cepat dari Anti virus nya sendiri.

Menggunakan VPN

Selain bisa digunakan sebagai bypass proxy, VPN pun juga bisa menjadikan surfing internet Anda tidak dikenali. Hal ini dikarenakan Proxy asli Anda akan tertutupi dengan proxy dari VPN yang Anda gunakan. Misalkan saja Anda dari indonesia, namun menggunakan proxy korea pada VPN yang Anda gunakan. Otomatis, mesin akan mengenali Anda dari korea  bukan dari indonesia. Pengaturan proxy dapat Anda lakukan dengan mudah baik langsung menggunakan VPN ataupun dengan menggunakan APlikasi pihak ketiga

Pemanfaatan ruang publik sebagai tempat Anda berinternet memang baik, namun ketika hal itu menjadi Ancaman kenapa tidak mencegah hal tersebut? Bagaimana bila data Anda sudah terlanjur di akses orang lain? Tentu saja hal ini akan sulit ditemukan solusinya mengingat proses perpindahan data yang begitu cepat dari satu orang ke orang yang lain. Anda menemukan langkah yang lebih efektif, Berbagilah pada kami lewat kolom komentar.

 
Gambar diambil dari : businesscomputingworld.co.uk
Tag: , , , , , ,

7 Comments

Leave Comment
  1. Saya memakai jasa WiFi, namun dari Provider yang menjaga kredibilitas, bersyukur belum menemui kendala berarti. kalau WiFi gratisan saya ga pernah make, resiko kedepannya.

  2. Fariz says:

    Selama ini make wifi di rumah belum pernah ada masalah. Yah, tapi siapa tahu nanti yang ngganggu, gak ada salahnya berjaga-jaga :)

  3. dedy says:

    Thanks gan infonya..
    Klo linux rekomendasinya apa gan?

  4. Alifa says:

    Kalau saya sih saat makai wifi publik cuma buat browsing-browsing cari info di ggoogle aja, kalau untuk log in di sosial media atau log in lainnya saya gak berani. Maklum lebih baik jaga privasi cyber

  5. Rhazbalah says:

    Thanks Gan Sangat Membantu ….

    Mohon Gan Izin Copas yaa

  6. Kalo aku pake WiFi sekolah ni yah,Kira Kira disananya Ada riwayat yg aku buka ga yah?

    Kalo iya,gimana Cara supaya ga ketauannya Gan? Tolong bantu

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.