Beberapa Tindakan Apabila Network pada Linux Anda Mengalami Masalah

Beberapa Tindakan Apabila Network pada Linux Anda Mengalami Masalah

Seiring dengan perkembangan zaman, maka begitu banyak sistem operasi Linux yang Ada dan muncul, beberapa diantaranya merupakan pengembangan dari sistem operasi lain. Misalkan saja…

Seiring dengan perkembangan zaman, maka begitu banyak sistem operasi Linux yang Ada dan muncul, beberapa diantaranya merupakan pengembangan dari sistem operasi lain. Misalkan saja Ubuntu, Kali Linux, Steam OS merupakan pengembangan dari debian, fedora merupakan versi redhat dalam versi free dan masih banyak lagi yang bisa Anda lihat secara lengkap pada Wikipedia. Namun, Beberapa orang masih terlalu enggan untuk melakukan install linux, Hal ini dikarenakan opini yang beredar di masyarakat yang menganggap bahwa linux masih sulit digunakan.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya pengguna Linux kini semakin mudah, Hal ini dikarenakan tampilan yang lebih familiar dan enak karena menggunakan GUI. Selain itu banyaknya forum maupun Artikel penjelas baik tentang troubleshooting ataupun tentang tutorial penggunaan Linux. Termasuk Artikel kali ini, dimana Penulis mencoba menggambarkan secara umum cara untuk menanggulangi salah satu masalah yang kadang muncul. Ketika Anda telah selesai melakukan instalasi sistem operasi dengan basis Linux yaitu error network. Kenapa hanya penggambaran umum? Karena menurut Penulis, hal ini lebih relevan dibandingkan menjelaskan dengan rinci. untuk mengatasi satu masalah saja terkadang Anda akan menemukan berbagai cara berbeda.

Lakukan pengecekan alat

Yang pertama harus Anda lakukan ketika menemukan masalah ini adalah melakukan pengecekan router, modem, ataupun isp. Terkadang kesalahan kecil seperti pengaturan IP pada router masih belum Anda benahi membuat Anda akan sedikit pusing dengan keadaan ini. Selain masalah dari alat, terkadang penyedia layanan internet juga patut Anda cek. Siapa tahu terkadang ada gangguan pada lingkungan Anda dan mereka belum mengetahuinya.

Check Driver

Pengecekan alat baik modem ataupun router telah berjalan dengan baik, namun Anda belum bisa terhubung dengan internet? Jika Anda menggunakan Wi-Fi untuk terhubung ke internet, Ada baiknya Anda melakukan pengecekan driver milik Anda. Apakah terinstall atau belum? Pada perkembangan nya beberapa hardware tidak disupport secara langsung oleh penyedia sistem operasi. Otomatis Anda harus melakukan instalasi software propietary Misalnya saja broadcom wireless dan beberapa lainnya. Jika Anda merupakan salah satu pengguna ubuntu, untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan beberapa pilihan Antara lain adalah :

  • Melakukan pengecekan driver lewat Jockey-gtk atau lebih familiar disebut Additional Hardware. Kemudahan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu terlalu repot untuk mendeteksi menggunakan terminal untuk menemukan driver apa yang Anda butuhkan. Selain itu, Jika permasalahan hanya pada driver Wi-Fi dan Anda terhubung dengan internet menggunakan kabel. Program ini akan langsung melakukan download dan meng-install driver pada sistem operasi milik Anda.
    BisaKomputer - AdditionaHardware
  • Melakukan pengecekan via terminal. dasar ketika akan melakukan instalasi secara manual adalah:
    Anda harus mengetahui tipe dari sistem operasi yang Anda gunakan sekaligus dengan kernel yang saat ini Anda gunakan. Misalnya saja penulis melakukan pengecekan sistem operasi dan kernel yang digunakan.
    BisaKomputer - kernel - checkKetika Anda telah mengetahui kernel dan jenis sistem operasi, selanjutnya Adalah dengan mengetahui jenis dari hardware pada perangkat komputer. Anda bisa menggunakan command lspci atau lshw, Jika sedang ada waktu Anda pun juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika Anda menggunakan command lshw, pembagian akan langsung dikelompokkan. Misalnya saja pada diriver Wi – Fi

    *-network
    description: Wireless interface
    product: BCM43142 802.11b/g/n
    vendor: Broadcom Corporation
    physical id: 0
    bus info: pci@0000:03:00.0
    logical name: wlan0
    version: 01
    serial: b8:76:3f:a3:18:79
    width: 64 bits
    clock: 33MHz
    capabilities: bus_master cap_list ethernet physical wireless
    configuration: broadcast=yes driver=wl0 driverversion=6.30.223.141 (r415941) ip=192.168.2.245 latency=0 multicast=yes wireless=IEEE 802.11abg
    resources: irq:17 memory:eb500000-eb507fff
    

    Sampai disini Anda akan tahu apa Kernel, jenis sistem operasi dan jenis hardware pada perangkat komputer Anda. Sehingga Anda tinggal mencari pada website resmi atau lewat Google. Misalkan saja disini hardware Wi-Fi Penulis menggunakan Broadcom, maka situs developer kernel cukup menjadi referensi yang menarik.

Lalu bagaimana jika bukan Ubuntu? Tentu saja secara dasar proses yang dilakukan akan sama dengan langkah kedua, yaitu mengetahui perangkat milik Anda terlebih dahulu kemudian dilannjutkan dengan instalasi. Terkadang setiap pengguna linux akan memiliki penyelesaian yang berbeda dalam menghadapi sebuah masalah. Misalnya saja dengan menggunakan b43, kmod-wl ataupun lainnya.

Pengaturan Network

Alat yang digunakan dan driver sudah baik, Tapi masih belum terhubung internet? Mungkin Anda bisa mulai melakukan check pada pengaturan network/jaringan. Anda bisa mengaturnya lewat settings > Network. Window baru akan dimunculkan, ketika Anda mengaksesnya. Beberapa menu dapat ditemukan Antara lain

  • Wired, digunakan apabila Anda menggunakan koneksi internet dengan kabel.
  • Wireless, Mengatur segala hubungan koneksi dengan menggunakan Wi-Fi
  • Proxy, untuk pengaturan proxy saat Anda terhubung dengan internet.

BisaKomputer - Network
Kernel

Hal ini terkadang menjadi masalah yang sangat mengganggu, utamanya bagi Anda pengguna linux dengan based bukan debian. Terkadang downgrade harus dilakukan untuk menemukan salah satu driver dari perangkat komputer yang cocok dengan perangkat milik Anda. barunya kernel linux terkadang tidak sejalan dengan proses pengembangan dari kompabilitas driver hardware pada Linux. Sehingga salah satu solusinya Anda terkadang harus melakukan penjelajahan lebih lanjut ketika menemukan masalah seperti ini.

Dan mungkin cara terakhir ketika Anda beruntung, Ketikan saja pada Google jenis driver hardware kebutuhan Anda. Maka beberapa hasil Akan Anda dapatkan baik berupa diskusi Forum ataupun pada website tanya – jawab. Tapi tentu saja, terkadang Anda akan menemukan solusi unik dan berbeda. Menurut Penulis, umumnya kendala utama dalam masalah jaringan ketika menggunakan linux adalah menemukan driver yang cocok. Hal ini tentunya tidak akan menjadi masalahkan bagi Anda yang bereksplorasi? Apakah Anda pernah mengalami hal yang sama? Silahkan berbagi pada kolom komentar.

Tag: , , ,

8 Comments

Leave Comment
  1. info unik says:

    makasih sob trik nya.. ane coba dulu

  2. aditya pratama says:

    laptop saya kan ada vga nya nvidia geforce nah pas di install linux fedora gambarnya cuma setegah aja. apa vga mempengaruhi settingan gambar ya ?

    dan satu lagi saya putuskan untuk pakai virtual linux yaitu vmware tapi paket paket data untuk membuat squirrelmail dan dns server pada ga mau ke install dah, padahal koneksi internet jalan dan bisa di akses. tolong dibantu ya buat mecahin masalahnya . thanks!

  3. urbandistro says:

    kalau server linux sudah error, kadang pusing juga harus troubel kesemua sisi baru dapat akar masalahnya

  4. jemie says:

    mas mohon bantuan nya setelah saya ketik “airmon-ng start wlan0” interface,chipset dan driver ko ga muncul keterangan apa2 ya?

  5. hairo says:

    gan tolong dong pengaturan jaringan ane ga bisa . katanya ada sesuatu yang salah sama ada tulisan”network manager perlu berjalan”

  6. anonym says:

    gan, kan pc saya dual boot kali linux rolling dengan windows 8.1. –> tapi wifi nya kali linux tidak bisa konek,tetapi kalo saya reboot ke windows bisa konek lancar jaya …. mohon pencerahannya ^_^

  7. ardy says:

    masalah sya adalah…sya sdnag melakkn tgs klia untuk konfgurasi ip address pda ubuntu … sblum sya konfigursi wifi trkoneksi dan jga bsa akses internt tpi stlah sya slsai konfgrasi wifi trkoneksi namun tdk bsa akses internet…gan klo ble tau cra mengatasinya gmna…??? mksih

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.