Berbagi Tempat Menarik dengan Foursquare

Berbagi Tempat Menarik dengan Foursquare

Anda senang bepergian ke tempat unik? Atau Anda sering kebingungan mencari tempat makan saat jam makan siang? Nah, Foursquare atau yang biasa disingkat 4sq…

Anda senang bepergian ke tempat unik? Atau Anda sering kebingungan mencari tempat makan saat jam makan siang? Nah, Foursquare atau yang biasa disingkat 4sq ini dapat membantu Anda dalam berbagi informasi tempat-tempat menarik. Jejaring sosial berbasis lokasi yang lahir pada pertengahan 2009 di New York ini dapat memetakan posisi Anda dengan sekali klik.

Fitur yang disediakan Foursquare

Check ini, adalah fitur yang disediakan 4sq bagi penggunanya untuk memberitahukan dimana posisi mereka saat ini. Anda hanya perlu log in, memilih nama tempat Anda berada sekarang dan klik check-in, hanya dalam beberapa detik semua teman Anda akan mengetahui keberadaan Anda, apa nama tempat tersebut beserta alamat lengkapnya.

Dengan banyaknya pengguna di jejaring sosial ini, otomatis koleksi lokasinya pun beragam. Hal ini juga dapat dimanfaatkan bagi Anda, pengguna yang ingin mencari tempat menarik untuk dikunjungi.

Tampilan Foursquare

Tampilan Home pada Foursquare

Selain check ini, 4sq juga menyediakan fitur poin dan Badge. Setiap kali pengguna melakukan check-in, maka poinnya akan bertambah. Dan ketika ada pengguna yang memasukkan alamat tempat baru di 4sq, ia akan mendapatkan poin yang sangat tinggi. Poin-poin ini kemudian akan ‘mempopulerkan’ tempat tersebut. Semakin banyak yang melakukan check-in di tempat tersebut, maka poinnya semakin banyak, dan otomatis semakin banyak yang penasaran lalu mencoba berkunjung kesana.

Menjelajahi Foursquare

Menjelajahi Tempat di Foursquare

Lalu sebagai pengguna, apa yang bisa Anda dapatkan dengan sistem poin ini? Nah, jika poin Anda sudah tinggi, dalam hal ini Anda berarti sering melakukan check-in di lokasi tersebut, maka Anda bisa saja menjadi Mayor dan mempromosikan tempat menarik ke teman-teman Anda. Akan tetapi jika suatu saat ada pengguna lain yang poinnya lebih tinggi dari Anda, maka otomatis pengguna tersebutlah yang akan menjadi Mayor.

Selain sistem poin, di Foursquare kita juga mengenal yang namanya Badges, sebuah ‘lencana’ yang diberikan kepada pengguna apabila mereka check-in di tempat yang unik. Kebanyakan badges yang disediakan berhubungan dengan tempat menarik tersebut, baik dari sisi nama tempat, event yang diadakan disana, dan tanggal event tersebut.

Lencana

Tampilan Lencana

Beberapa orang ada yang ingin tetap memanfaatkan Foursquare namun tak ingin lokasinya diketahui. Untuk pengguna semacam ini, Foursquare menyediakan fitur Off The Grid Check-In. tertarik mencoba Foursquare?

Tag: , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. titasya titasya says:

    Wah yang suka pergi2 pasti badge nya banyak nih :D

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.