Bikin Foto Sketsa Lebih Mudah Lewat Adobe Photoshop

Bikin Foto Sketsa Lebih Mudah Lewat Adobe Photoshop

Bagi Anda yang menggeluti bidang seni tentu tidak asing lagi dengan yang namanya sketch ataupun foto arsir. Bagi sebagian orang membuat gambar arsir tentunya…

Bagi Anda yang menggeluti bidang seni tentu tidak asing lagi dengan yang namanya sketch ataupun foto arsir. Bagi sebagian orang membuat gambar arsir tentunya menjadi hal yang mudah dilakukan. Bermodalkan foto dan imajinasi saja sudah cukup bagi segelintir orang untuk membuat gambar arsir di kanvas. Namun ditengah kemajuan Teknologi yang semakin deras,  sebagai orang biasa yang tak menggeluti bidang seni, kita juga dapat membuat gambar arsiran tersebut dengan bantuan software Adobe Photoshop.

Anda bisa memulai tutorial kali ini dengan membuka Program Adobe Photoshop pada di Komputer Anda. Pilih salah satu gambar atau foto untuk dijadikan mode arsiran, usahakan foto tidak blur (jelas) tujuan utamanya tidak lain agar didapat bisa hasil yang baik.

BisaKomputer - Sketch

Karena gambar ditujukan menjadi bentuk sketch maka langkah selnjutnya adalaj  mengubah foto tersebut menjadi hitam putih menggunakan fitur destaturate, caranya dengan memilih Image > Adjustment > Destaturate atau menekan dengan menekan secara bersamaan Shift + Ctrl + U.

BisaKomputer - Desaturate

Setelah itu Duplicate Foto anda dengan menekan Ctrl + J atau dengan memilih Layer > Duplicate Layer,  akan muncul layer 1 di kolom layer Anda. Hal ini ditujukan agar foto background yang asli dapat menjadi acuan Anda dalam melakukan proses editing sehingga gaya yang ditimbulkan tidak berubah.

BisaKomputer - SketchLayer

Kemudian berikan sentuhan invert di foto anda dengan memilih Image > Adjustment > Invert untuk lebih praktisnya kita bisa menekan tombol Ctrl + I  hasilnya akan seperti dibawah ini.

BisaKomputer - BlackWhite

Untuk sentuhan akhir ubah mode foto Anda yang semula Normal menjadi Color Dodge pada jendela layer Adobe Photoshop Anda. Serta ubah pula filter menjadi Gaussian Blur melalui Filter > Blur > Gaussian Blur,  atur intensitas blur sesuai dengan selera anda.

foto 6

Bagaimana? Ternyata mudah bukan untuk membuat foto arsir dengan photoshop, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi anda sekaligus meningkatkan skill photoshop Anda. Sekian dan terimakasih.

Tag: , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. fajar says:

    hayang nga edit lensa mata

  2. oetiss says:

    Gimana cara rubah mode normal menjadi color dodge. Saya pake CS3

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.