Cara Baru Berbagi dengan Google Plus

Cara Baru Berbagi dengan Google Plus

Google Plus adalah sebuah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. sejak Juni 2011. Kehadirannya mampu menarik perhatian seluruh dunia, terlebih dengan adanya beberapa…

Google Plus adalah sebuah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. sejak Juni 2011. Kehadirannya mampu menarik perhatian seluruh dunia, terlebih dengan adanya beberapa fitur baru yang tidak disediakan oleh jejaring sosial lain sebelumnya. Salah satu fitur terkenal dari G+ adalah button +1 yang fungsinya mirip dengan button Like pada Facebook.

Saat ini aplikasi mobile untuk G+ hanya tersedia di platform Android dan iOS yang dapat diunduh dari market app-nya masing-masing. Sedangkan untuk Smartphone lain seperti Nokia/Symbian, Blackberry, ataupun Windows Phone dapat mengakses G+ dari mobile webnya saja. G+ juga menyediakan fitur SMS yang dapat digunakan oleh pengguna ponsel jenis apapun hanya dengan memasukkan nomer ponsel Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan informasi terbaru dari teman-teman di G+, bahkan Anda tetap bisa ikut serta dalam sebuah percakapan di G+ melalui fitur SMS ini.

Tampilan Google-+

Tampilan Google-+

Mengapa Anda perlu memiliki akun di Google Plus?
Dengan G+ Anda bisa mengeksplorasi diri dengan leluasa, seperti mengunggah foto terbaru, menyampaikan informasi menarik yang baru saja terjadi, menemukan teman lama, serta ikut mendapatkan fakta penting dari orang-orang sekitar dengan mudah dan cepat.

Berikut ini beberapa fitur yang disediakan oleh Google Plus :

  1. Explore
    “What’s on Google Plus?” Dengan fitur ini Anda dapat menikmati informasi terhangat yang tengah ramai diperbincangkan oleh pengguna G+ lain. Menariknya, G+ memiliki layanan Trending on Google yang mirip dengan layanan Trending Topics pada Twitter, fungsinya adalah memudahkan Anda dalam menelusuri topik apa saja yang sedang ramai diperbincangkan.
    Explore Google +
  2. Events
    Melalui fitur ini G+ membantu Anda dalam menyebarkan informasi tentang sebuah acara serta memudahkan Anda untuk mengundang teman-teman. Setelahnya Anda dan teman-teman dapat dengan mudah men-upload foto acara tersebut.
    Events Google +
  3. Photo
    Tersedia dua layanan dalam fitur ini, yang pertama adalah Instant Upload, yaitu cara mengupload foto dari perangkat mobile Anda (Android atau iOS), dan yang kedua adalah membuat album lalu meng-upload foto melalui web. Selain itu Anda juga mampu mengatur sistem privasi dari foto-foto tersebut.
    Photo Google +
  4. Circles
    Merupakan fitur unik yang dimiliki G+. Dengan Circles Anda dapat memilih serta memilah kepada siapa sebuah informasi ingin Anda bagikan. Dalam hal ini satu orang teman dapat masuk ke lebih dari satu Circles jika diinginkan.
    Circles Google +
  5. Local
    Fitur ini memiliki kemiripan dengan sebuah Foursquare, dimana pengguna dapat menemukan tempat menarik yang lokasinya dekat dengan keberadaannya saat itu. Selain itu para pengguna juga dapat memberikan rekomendasi suatu tempat yang menarik dengan menyertakan sebuah review.
    Local Google +
  6. Game
    Siapa yang tidak suka bermain game? Nah, Google Plus juga ingin memanjakan penggunanya dengan beragam pilihan permainan, mulai dari Sudoku hingga Pirates Of Carribean. Fitur ini juga memudahkan Anda jika ingin berbagi informasi yang berhubungan dengan game kepada teman-teman dalam satu Circles.
    Game Google + 
  7. Hangouts
    Sekilas fitur ini tampak seperti perpaduan antara Youtube dan Skype. Di sini pengguna dapat melakukan obrolan video dengan lebih dari satu teman, selain itu pengguna juga disuguhkan dengan beberapa video menarik yang tengah mengudara.
    Hangouts Google +

Kesimpulan

Saat ini pengguna G+ sudah sangat beragam, mulai dari pelajar, musisi, bahkan pelaku bisnis. Google Plus sendiri dipandang sebagai jejaring sosial yang mampu mewadahi beragam organisasi, baik itu komunitas maupun bisnis. Di sini Anda dapat dengan mudah membangun jaringan dengan teman sekolah, universitas, komunitas olahraga, musik, dan lain-lain. Begitu pula dengan kebutuhan bisnis, G+ hadir untuk memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan customer tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Sehingga dalam waktu cepat, komunitas atau organisasi bisnis Anda dapat berkembang pesat.

Mengingat bahwa G+ digerakkan oleh Google Inc., maka secara informasi yang ada langsung akan terkoneksi dengan fitur Google lain, seperti Gmail, Google Maps, Google Buzz, bahkan hingga Youtube, dan Facebook. Tinggal sekali klik, Anda telah mampu berbagi dengan teman-teman di seluruh dunia. Sudahkah Anda memiliki akun G+?

Tag: ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.