Cara Bersihkan BackLink Spammer

Cara Bersihkan BackLink Spammer

Dalam beberapa tulisan terdahulu saya memaparkan berkali-kali tentang pentingnya backlink untuk menopang posisi kita di mesin pencari. Namun dilain sisi ada banyak hal yang perlu…

Dalam beberapa tulisan terdahulu saya memaparkan berkali-kali tentang pentingnya backlink untuk menopang posisi kita di mesin pencari. Namun dilain sisi ada banyak hal yang perlu diperhatikan tentang backlink. Salah satunya adalah tentang backlink dari website sampah atau website dengan reputasi jelek dimata google, sehingga reputasi tersebut mempengaruhi ranking kita di google.

Salah satu tulisan minggu lalu yang mengupas tentang backlink terpercaya dengan judul Tips Seo: Backlink Terpercaya, akan saya kutip intisari dari tulisan tersebut untuk memudahkan pembaca memahami lanjutan pembahasan dalam artikel ini

Salah satu cara untuk mendongkrak posisi web/blog di search engine adalah dengan mendapat banyak backlink. Tapi tunggu dulu, tidak semua backlink itu menguntungkan. Backlink dari website spammer, atau web/blog yang yang citranya jelek dimata Google tentu tidak banyak menguntungkan. Hal ini harus Anda hindari agar web/blog Anda tidak terimbas citra jelek tersebut.

Jika Anda sendiri yang menempatkan link Anda di website dengan reputasi jelek mungkin masih bisa Anda kontrol, namun jika link tersebut secara sukarela ditempatkan oleh orang tanpa atau dengan sengaja! maka hal tersebut tentu susah untuk mengontrolnya.

Cara Tradisional Block Backlink

seo tradisional

Salah satu cara yang saya lakukan untuk menghalau backlink yang datang dari blog spammer adalah dengan menghalau dari sisi server, dalam hal ini melalui .htaccess. Namun, saya sadari cara ini butuh kesabaran tingkat tinggi. Bagaimana tidak, jika jumlah backlink sampai ribuan, maka sudah pasti akan sangat capek untuk menulis list domain/ip blog tersebut kedalam baris kode.

Oh ya, cara ini saya tidak tau direkomendasikan google atau tidak. Saya hanya mencoba dengan experimen sendiri berdasarkan pemahaman yang sangat sederhana. Untuk lebih jelas dengan teknik ini, mungkin ada baiknya baca diskusi tentang blocking disini

Google Disavow Links

Sejatinya google telah memahami masalah ini sejak awal. Seiring berkembangnya permasalahan ini dan semakin banyak pengguna yang komplain. Akhirnya google mengeluarkan sebuah fitur yang memudahkan cara tradisional untuk memblokade backlink spammer yang ke web/blog kita dari sisi search engine sehingga tidak membebani server kita.

Untuk mengakses google disavow link Anda harus sudah mendaftarkan web/blog Anda di google webmaster tool.

google-disavow

Klik menolak tautan untuk melanjutkan menggunakan fitur ini, selanjutnya Anda diberikan sebuah menu untuk mengupload list domain yang Anda tidak ingin backlink darinya. Namun sebelumnya Anda harus mengklik menu menyangkal tautan yang diiringi keterangan peringatan dari google

Ini adalah fitur lanjutan dan sebaiknya selalu digunakan dengan hati-hati. Jika digunakan secara tidak semestinya, fitur ini berpotensi membahayakan kinerja situs Anda di hasil penelusuran Google. Sebaiknya Anda hanya menampik tautan balik jika Anda yakin Anda memiliki jumlah tautan spam, palsu, atau berkualitas rendah yang cukup banyak yang menunjuk ke situs Anda, dan jika Anda yakin bahwa tautan tersebut menyebabkan masalah.

Kesimpulan

Saya tidak merekomendasikan cara tradisional yang pernah saya lakukan dan saya jelaskan diatas, karena akan membebani server Anda karena banyaknya baris kode yang harus dibaca jika memang list ip/domain yang Anda masukkan banyak. Sebaliknya, jika memang Anda perlu untuk memblok backlink dari website/blog yang tidak Anda kehendaki sebaiknya gunakan google disavow untuk mengatasi hal tersebut.

Jika Anda punya cara lain yang jauh lebih bagus, maka tidak ada salahnya Anda membaginya dengan ribuan pembaca BisaKomputer setiap hari melalui kolom komentar dibawah.

Tag: , ,

6 Comments

Leave Comment
  1. Ini yang saya cari gan, terimakasih banyak, saya dibuat pusing dengan banyak nya backlink sampah mengarah ke blog saya

  2. wah cara nya seperti itu, cukup melelahkan ternyata…. terima kasih buat tutorialnya

  3. Ilmu baru nih gan.. Sekedar tambahan bisa juga untuk pencegahan spam pake plugin aksimet

  4. ternyata caranya gampang banget ya. terima kasih

  5. Mantap mas…terimakasih.tapi infonya cukup membuat lelah mas… Heheheeeee. Tp Yo harus tetap semangat

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.