Cara Dapatkan Traffic dari Google + #1

Cara Dapatkan Traffic dari Google + #1

Sebagian besar pengguna Google + di Indonesia adalah kalangan yang berpendidikan cukup baik atau paling tidak melek internet. Untuk mendapatkan traffic dari google +…

Sebagian besar pengguna Google + di Indonesia adalah kalangan yang berpendidikan cukup baik atau paling tidak melek internet. Untuk mendapatkan traffic dari google + susah-susah gampang, semuanya tergantug dari apa yang kita share dan cara kita mensharingnya. Jika yang disharing adalah sesuatu yang menarik maka bukan tidak mungkin akan banyak yang membukanya dan jika sebaliknya maka jangan berharap terlalu banyak pada circle Anda di google +.

Sebagian besar orang membagi postingannya untuk “publik,” alasan sederhananya mungkin untuk mendapatkan pembaca yang lebih banyak dan jangkauannya lebih luas meliputi orang dari luar circle kita. Padahal, ada cara yang jauh lebih efektif untuk mendapatkan pengunjung ke konten utama Anda, asalkan Anda tidak menyalah gunakannya dan yang di share benar-benar layak untuk dibaca.

Daftar Lingkaran (Circle)

google-circles

Buatlah daftar lingkaran yang memudahkan untuk mengelompokkan akun orang-orang yang ada dalam circle Anda. Contoh : Jika Anda memiliki 50 orang keluarga yang semuanya menggunakan google + maka buatlah circle dengan nama “keluarga” dan masukkan 50 orang keluarga tadi kedalam circle tersebut. Untuk kelompok circle lainnya bisa Anda sesuaikan dengan kategori yang Anda miliki. Kalau saya pribadi membuat banyak circle antara lain adalah Keluarga, Teman, komunitas IT, Pujangga, Dll.

lingkaran

Manfaat pengelompokkan ini akan memudahkan kita mensharing post yang cocok untuk dibaca oleh anggota dalam circle tersebut. Misal jika saya sharing tentang tips dalam bahasa pemrograman Gambas yang nota bene berbicara tentang sesuatu yang sangat teknis mengenai sebuah sistem komputer maka pasti tidak cocok untuk dibaca oleh teman dalam circle “Pujangga”.

Notifikasi Ganda

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghasilkan notifikasi berganda yang sebenarnya adalah fasilitas mengirimkan E-mail ke orang-orang dalam circle kita namun saya menyebutnya sebagai notifikasi berganda:

  1. Paste link yang ingin dibagikan
  2. Tag nama circle yang akan dibagikan link atau status
  3. Cawang tanda untuk mengirimkan email seperti pada gambar dibawah ini
  4. Klik bagikan, selesai

google-+

Pengguna google + yang kurang aktif biasanya akan mengacuhkan notifikasi yang mereka dapat disudut kanan atas tampilan google (Jika kondisi login). Hal ini akan membuat usaha kita membagikan post pada circle tertentu tadi menjadi percuma karena toh tidak dibuka juga.

notifikasi

Jangan berkecil hati, sesuai dengan sub judul yaitu “Notifikasi Ganda” Jika mereka mengacuhkan notifikasi disudut kanan atas maka suatu saat mereka pasti akan memeriksa E-mail. Nah, disanalah letak kekuatan notifikasi berganda ini karena secara otomatis post yang kita sharing akan terkirim ke E-mail mereka dan peluang untuk mendapatkan traffic tentu makin besar.

Kesimpulan

Gunakan fitur mengirim E-mail ke daftar lingkaran kita yang disedikan oleh google dengan bijak. Pengiriman E-mail dibatasi jumlah penerimanya oleh google untuk menghindari aksi spamming.

Dibuka atau tidaknya notifikasi yang terkirim tergantung dari seberapa bagus sesuatu yang Anda bagi dan seberapa baik Anda membuat judul.

Tag: , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. Aisah K says:

    Boleh juga tipsnya tapi kalau sy masih selalu pakai public doang mas, kalau share ke friends malah takut disangka nyepam :)

  2. Nova says:

    Baru tau nih gan, biasanya saya cuma bagikan aja, ga centang bagian kirim email ke lingkaran.:)

  3. Dody Sunpro says:

    terimakasih artikelnya gan… jadi tambah pengetahuan dunia maya… :D

  4. kayaknya ini bisa bantu naikin web… makasih gan.. perlu dicoba…

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.